Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

UMKM Harus Melek Digital

- Apahabar.com     Senin, 3 Desember 2018 - 07:00 WITA

UMKM Harus Melek Digital

Foto : bprdbl.co.id

apahabar.com, SAMARINDA- Di era digital sekarang ini, semua pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Kaltim mesti melek digital. Mereka harus peka dan sadar untuk memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis digital dalam pengembangan usaha.

Pj Sekprov Kaltim Meiliana mengatakan, pembangunan dan pengembangan bidang UMKM menjadi salah satu prioritas dalam Visi dan Misi Kaltim 2018-2023.

Pada poin kedua, yaitu berdaulat dalam pemberdayaan ekonomi wilayah dan ekonomi kerakyatan yang berdaulat.

“Artinya, pengembangan UMKM akan mendapat perhatian yang lebih serius, dan pelaksanaan Talkshow ekonomi kerakyatan berbasis digital tentu dapat memberikan masukan-masukan bagi para pelaku UMKM dalam pengembangan usaha yang digeluti,” kata Meiliana saat membuka talkshow ekonomi kerakyatan berbasis digital di Samarinda, kemarin.

Baca Juga : Pembukaan Porprov Kaltim VI Di Sangatta, Isran: Ini Yang Terbesar

Meiliana mengharapkan agar pengembangan UMKM dapat didukung oleh berbagai pihak, termasuk Bank Indonesia maupun perbankan lainnya dalam mendukung bukan hanya permodalan, tetapi juga bidang lainnya seperti promosi dan pemasaran.

“Dengan kerjasama tersebut dapat membantu para pelaku UMKM dalan peningkatan produk yang dihasilkan, sehinga berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Meiliana juga memberikan apresiasi kepeda perbankan yang ada di Kaltim yang banyak memiliki program untuk pertumbuhan dan perkembngan UMKM, seperti kegiatan mini university dan survey pengembangan UMKM.

Kepala kantor perwakilan BI Kaltim Muhammad Nur mengatakan, BI melalui program pengendalian inflasi “Sinergi Hulu Hilir Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital” mendukung Program Ekonomi Kerakyatan yang diluncurkan Pemerintah.

Program Sinergi Hulu Hilir Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital khususnya kepada UMKM

“Selain itu, kami juga mempunyai program mini university dan survey pengembangan UMKM, salah satunya fashion ulap doyo, program tersebut sangat baik untuk melatih para calon wirausahawan dan para wirausahawan pemula agar ke depan mampu menjelma manjadi pengusaha-pengusaha yang sukses diberbagai bidang,” ujar Nur.

Baca Juga : APBD Kaltim 2019 Disetujui Rp10,75 Triliun

Editor: Fariz F

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Terpapar Covid-19, WNA Selandia Baru di Lapas Balikpapan Meninggal

Kaltim

Masih Dalam Pencarian, Seorang Pemuda Terjun Dari Jembatan Mahkota Dua Samarinda
Xenia

Kaltim

Brakkk! Seorang Remaja Tewas Tabrak Xenia di Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Keterbukaan Informasi, Diskominfo Kaltim Diganjar Penghargaan
apahabar.com

Kaltim

Ternak Sapi, Kaltim Gagas Seribu Kandang Penggembalaan Mini
Cabul

Kaltim

Korban Kakek Cabul di Balikpapan Bertambah, Terungkap Payudara Empat Anak Lain Juga Diremas
apahabar.com

Kaltim

Di Samarinda, Siti Badriah Ajak Masyarakat Pakai Pertamax

Kaltim

Pembatalan Pencalonan Bupati Kukar, KPU Siap Panggil Edi Damansyah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com