Lampu Hijau Buka Masker, Pakar Covid-19 ULM: Hati-Hati Blunder Tabrakan Maut BPK Terulang Lagi, Apa Kabar Perda Damkar Banjarmasin? Perkuat Keandalan Listrik Kalseltengtim dengan Sistem Looping Jaringan Tersangka! Sopir BPK Penabrak 2 Pemotor di Banjarmasin Selatan Tuntut Pemerataan, Besok Buruh SIS ADMO Tabalong Juga Minta Pembagian Windfall

Upayakan Peningkatan Kualitas Ternak, Kabupaten Siak Gelar Kontes Sapi

- Apahabar.com     Kamis, 6 Desember 2018 - 12:10 WITA

Upayakan Peningkatan Kualitas Ternak, Kabupaten Siak Gelar Kontes Sapi

Foto-klikpostif.com

apahabar.com, SIAK – Pemerintah Kabupaten Siak, Riau, menggelar kontes sapi di pasar hewan Seminai Jaya, Kecamatan Kerinci Kanan, sebagai upaya meningkatkan kualitas bibit ternak dan produksi peternakan di daerah setempat.

“Gelaran kontes ternak sapi tingkat kabupaten Siak ini diikuti 46 sapi dari 12 kecamatan. Dinilai oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian serta Dinas Peternakan dan Perikanan Provinsi Riau baik secara kuantitatif maupun kualitatif,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak Susilawati di Siak, Kamis.

Susi menyebutkan, penilaian terhadap ternak terus dilakukan Dinas Peternakan dan Perikanan Siak setiap tahun, namun langsung ke kandang-kandang peternak di setiap kecamatan. Kali ini dibuat berbeda untuk memancing antusias dan semangat peternak untuk meningkatkan kualitas ternak sapi dalam menyukseskan program upaya khusus sapi atau kerbau induk wajib bunting (Upsus Siwab).

“Dengan harapan munculnya antusiasme dan semangat dari peternak agar tahun berikutnya seluruh kecamatan bisa ikut andil, hingga pada akhirnya mampu melahirkan bibit-bibit sapi unggulan di Kabupaten Siak,” harap Susi.

Baca Juga : Panglima TNI Tegaskan Pembangunan Jembatan Kali Yigi

Kriteria penilaian dalam kontestan ini ada beberapa kategori, diantaranya sapi jantan maupun sapi betina hasil Inseminisasi Buatan (IB), sapi IB non Bali dan penilaian anak sapi (pedet) dari hasil embrio transfer (bayi tabung).

Bupati Siak Syamsuar menyebutkan kegiatan tersebut akan menjadi cermin keberhasilan program Upsus Siwab di Kabupaten Siak yang pelaksanaannya sudah memasuki tahun kedua di wilayah setempat.

“Ini merupakan wadah keberhasilan bidang peternakan di Kabupaten Siak guna meningkatkan produktivitas ternak dengan penerapan sistem manajemen pemeliharaan, pengelolaan ternak dan produksi yang baik,” terang Syamsuar.

Kabupaten Siak kini sudah memiliki 311 kelompok ternak yang terdiri dari 2.661 rumah tangga dan tersebar di 14 Kecamatan.

Sumber Antara
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Pesangon Rp318 Miliar Tak Kunjung Cair, Pilot Merpati Surati Jokowi
apahabar.com

Nasional

Biaya Makan Napi Tembus Rp1,79 Triliun
apahabar.com

Nasional

Pernah Gagal, Pemerintah Pusat Mau Bangun Pabrik Gula di Kalsel
Gunung Merapi

Nasional

Status Siaga, Sepekan Ini Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas-190 Guguran Lava
Vaksin COVID-19

Nasional

Indonesia Capai 100 Juta Dosis Vaksin COVID-19 per 31 Agustus
apahabar.com

Nasional

Jokowi Evaluasi Penerapan PSBB
Munas Alim Ulama

Nasional

Munas Alim Ulama PPP, Alasan Mengapa Empat Gubernur Diundang
apahabar.com

Nasional

Jokowi Resmikan Tol Pertama di Kalimantan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com