Tensi Politik Memanas, Bawaslu RI Turun Gunung ke Kalimantan Selatan Buntut Video Guru Wildan, Bawaslu Klarifikasi PWNU Kalsel Resmi! PPKM Mikro di Banjarbaru Kembali Diperpanjang hingga 19 April Hore! Tanah Laut Segera Miliki Stadion Berkapasitas 10.000 Penonton Perhatian! Bandara Syamsudin Noor Tetap Beroperasi Selama Larangan Mudik

Upayakan Peningkatan Kualitas Ternak, Kabupaten Siak Gelar Kontes Sapi

- Apahabar.com Kamis, 6 Desember 2018 - 12:10 WIB

Upayakan Peningkatan Kualitas Ternak, Kabupaten Siak Gelar Kontes Sapi

Foto-klikpostif.com

apahabar.com, SIAK – Pemerintah Kabupaten Siak, Riau, menggelar kontes sapi di pasar hewan Seminai Jaya, Kecamatan Kerinci Kanan, sebagai upaya meningkatkan kualitas bibit ternak dan produksi peternakan di daerah setempat.

“Gelaran kontes ternak sapi tingkat kabupaten Siak ini diikuti 46 sapi dari 12 kecamatan. Dinilai oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian serta Dinas Peternakan dan Perikanan Provinsi Riau baik secara kuantitatif maupun kualitatif,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak Susilawati di Siak, Kamis.

Susi menyebutkan, penilaian terhadap ternak terus dilakukan Dinas Peternakan dan Perikanan Siak setiap tahun, namun langsung ke kandang-kandang peternak di setiap kecamatan. Kali ini dibuat berbeda untuk memancing antusias dan semangat peternak untuk meningkatkan kualitas ternak sapi dalam menyukseskan program upaya khusus sapi atau kerbau induk wajib bunting (Upsus Siwab).

“Dengan harapan munculnya antusiasme dan semangat dari peternak agar tahun berikutnya seluruh kecamatan bisa ikut andil, hingga pada akhirnya mampu melahirkan bibit-bibit sapi unggulan di Kabupaten Siak,” harap Susi.

Baca Juga : Panglima TNI Tegaskan Pembangunan Jembatan Kali Yigi

Kriteria penilaian dalam kontestan ini ada beberapa kategori, diantaranya sapi jantan maupun sapi betina hasil Inseminisasi Buatan (IB), sapi IB non Bali dan penilaian anak sapi (pedet) dari hasil embrio transfer (bayi tabung).

Bupati Siak Syamsuar menyebutkan kegiatan tersebut akan menjadi cermin keberhasilan program Upsus Siwab di Kabupaten Siak yang pelaksanaannya sudah memasuki tahun kedua di wilayah setempat.

“Ini merupakan wadah keberhasilan bidang peternakan di Kabupaten Siak guna meningkatkan produktivitas ternak dengan penerapan sistem manajemen pemeliharaan, pengelolaan ternak dan produksi yang baik,” terang Syamsuar.

Kabupaten Siak kini sudah memiliki 311 kelompok ternak yang terdiri dari 2.661 rumah tangga dan tersebar di 14 Kecamatan.

Sumber Antara
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Waspadai Fenomena La Nina, Simak Imbauan BNPB
apahabar.com

Nasional

Pilkada 2020 di Tengah Pandemi, KPU Tambah Logistik Prokes di TPS
Terpapar Covid-19

Nasional

Terpapar Covid-19, Wagub DKI Riza Patria Jalani Isolasi Mandiri
apahabar.com

Nasional

Keluarga Pinta Jenazah Bomber Polrestabes Medan, Kapolda: Dikembalikan Sesuai Mekanisme Teroris
apahabar.com

Nasional

Diduga karena Covid-19, Seorang Dokter asal Barito Utara Meninggal di Surabaya

Nasional

Diduga Ditembak KKB, Siswa SMA di Puncak Papua Tewas
apahabar.com

Nasional

Hadiri Pelantikan Presiden, Ini Kata Sandiaga
Banjir Kalsel

Nasional

LIPI Buka Suara Soal ‘Bola Liar’ Musabab Banjir Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com