Alasan Mengapa Api di Patmaraga Kotabaru 5 Jam Baru Padam Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian

Upayakan Peningkatan Kualitas Ternak, Kabupaten Siak Gelar Kontes Sapi

- Apahabar.com Kamis, 6 Desember 2018 - 12:10 WIB

Upayakan Peningkatan Kualitas Ternak, Kabupaten Siak Gelar Kontes Sapi

Foto-klikpostif.com

apahabar.com, SIAK – Pemerintah Kabupaten Siak, Riau, menggelar kontes sapi di pasar hewan Seminai Jaya, Kecamatan Kerinci Kanan, sebagai upaya meningkatkan kualitas bibit ternak dan produksi peternakan di daerah setempat.

“Gelaran kontes ternak sapi tingkat kabupaten Siak ini diikuti 46 sapi dari 12 kecamatan. Dinilai oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian serta Dinas Peternakan dan Perikanan Provinsi Riau baik secara kuantitatif maupun kualitatif,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak Susilawati di Siak, Kamis.

Susi menyebutkan, penilaian terhadap ternak terus dilakukan Dinas Peternakan dan Perikanan Siak setiap tahun, namun langsung ke kandang-kandang peternak di setiap kecamatan. Kali ini dibuat berbeda untuk memancing antusias dan semangat peternak untuk meningkatkan kualitas ternak sapi dalam menyukseskan program upaya khusus sapi atau kerbau induk wajib bunting (Upsus Siwab).

“Dengan harapan munculnya antusiasme dan semangat dari peternak agar tahun berikutnya seluruh kecamatan bisa ikut andil, hingga pada akhirnya mampu melahirkan bibit-bibit sapi unggulan di Kabupaten Siak,” harap Susi.

Baca Juga : Panglima TNI Tegaskan Pembangunan Jembatan Kali Yigi

Kriteria penilaian dalam kontestan ini ada beberapa kategori, diantaranya sapi jantan maupun sapi betina hasil Inseminisasi Buatan (IB), sapi IB non Bali dan penilaian anak sapi (pedet) dari hasil embrio transfer (bayi tabung).

Bupati Siak Syamsuar menyebutkan kegiatan tersebut akan menjadi cermin keberhasilan program Upsus Siwab di Kabupaten Siak yang pelaksanaannya sudah memasuki tahun kedua di wilayah setempat.

“Ini merupakan wadah keberhasilan bidang peternakan di Kabupaten Siak guna meningkatkan produktivitas ternak dengan penerapan sistem manajemen pemeliharaan, pengelolaan ternak dan produksi yang baik,” terang Syamsuar.

Kabupaten Siak kini sudah memiliki 311 kelompok ternak yang terdiri dari 2.661 rumah tangga dan tersebar di 14 Kecamatan.

Sumber Antara
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi Minta Transportasi Bahan Pokok Tidak Terganggu PSBB
apahabar.com

Nasional

Gempa Tektonik Dapat Picu Peningkatan Aktivitas Vulkanisme
apahabar.com

Nasional

Prabowo Subianto Disebut Tidak akan Hadir di Reuni 212

Nasional

Ketua Apkasi Mardani Maming: Isu Jokowi Antek Asing dan PKI, Itu Tidak Benar
apahabar.com

Nasional

Survei FSGI: Masih Banyak Guru Tidak Kenal Aplikasi Bantuan Kuota Belajar dari Kemendikbud
apahabar.com

Nasional

Guru di Sukabumi Dituduh Perekam Video Ancaman, Ini Faktanya
apahabar.com

Nasional

Kompak Kenakan Kemeja Putih, Wishnutama dan Erick Thohir Tiba di Istana Merdeka
apahabar.com

Nasional

Tiga Faktor Penyebab Longsor Sukabumi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com