KH Miftachul Achyar Terpilih Jadi Ketua Umum MUI, Gantikan Ma’ruf Amin Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut

Wagub Hadi: Jadi Pengusaha Sukses Itu Tantangan

- Apahabar.com Selasa, 25 Desember 2018 - 22:04 WIB

Wagub Hadi: Jadi Pengusaha Sukses Itu Tantangan

Wakil Gubernur Kaltim, H. Hadi Mulyadi. Foto-rri.co.id

apahabar.com, SAMARINDA – Kaltim tengah gencar mengembangkan sektor kewirausahaan sebagai upaya mencetak pengusaha baru.

Sisi lain, hal itu juga mendorong pergerakan perekonomian rakyat, khususnya pembangunan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan, pihaknya akan terus memberikan dukungan dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat khususnya Kaltim yang ingin menjadi wirausahawan baru.

Hadi mengatakan, menjadi wirausahawan sukses tentu suatu tantangan dan para pemuda harus dapat bangkit untuk mewujudkannya. Tidak terkecuali itu, juga mampu memenangkan persaingan di era global.

“Peluang terbesar untuk menjadi wirausaha baru adalah di sektor UMKM. Karena sangat banyak peluang usaha yang dapat dimanfaatkan oleh wirausaha baru. Selain itu, peran aktif pihak perbankan sangat penting, dalam bersinergi mendukung kemajuan dan perkembangan UMKM,” kata Hadi dalam keterangan persnya Selasa (25/11).

Sosialisasi untuk menyadarkan masyarakat, lanjut Hadi, tidak lain agar semakin terbuka pemikiran dan menjadi sumber inspirasi untuk menjadi wirausahawan muda yang berani mandiri dan turut menciptakan lapangan pekerjaan dengan karya-karya produktif serta berperan aktif dalam membangun dan memajukan kehidupan bangsa dan negara.

“Kita perlu mengubah pola pikir masyarakat dan khususnya pemuda agar tertarik menjadi entrepreneur, mandiri dan menciptakan lapangan pekerjaan. Sektor UMKM menjadi potensial karena ada beragam jenis usaha yang dapat dikembangkan.

Tinggal bagaimana calon-calon wirausaha baru mampu membaca peluang pasar. Di sinilah perlu wirausahawan dengan sikap mental kreatif, inovatif, profesional dan bertanggung jawab” paparnya.

Tidak hanya itu, kata Hadi, dengan mengembangkan UMKM, maka secara otomatis akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Hal ini tentu saja dapat membantu pemerintah dalam program menurunkan angka pengangguran di Kaltim.

“Dengan begitu para pelaku UMKM dapat ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah, khususnya menumbuhkan perekonomian,” ujarnya.

Untuk kelanjutan pengembangan kewirausahaan maupun UMKM di Kaltim, pemprov melalui instansi terkait melaksanakan beberapa program, di antaranya bantuan sosial dan perkuatan modal, bantuan kredit/dana bergulir, Kredit Usaha Rakyat (KUR), program kemitraan dan bina lingkungan, serta program melalui CSR (corporate social responsibility) dari pihak perbankan.

Editor: Fariz F

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Bertambah 1, Postif Covid-19 di Kaltim Jadi 154 Kasus
apahabar.com

Kaltim

Menteri Keuangan Siap Bantu UMKM Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Canangkan Program TK Negeri Sampai Desa
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Jadi Ibu Kota, Wagub Hadi Berguru ke Canberra
apahabar.com

Kaltim

Uji Kompetensi, Redpel apahabar.com Terbaik di Madya
apahabar.com

Kaltim

Didemo, Wagub Bakal Kaji Rencana Pabrik Semen Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Gubernur Tak Bergeming, Aliansi Peduli Karst Serukan Tolak Pabrik Semen Jilid II
apahabar.com

Kaltim

Maloy Batuta Trans Kalimantan Ditarget Akhir Januari
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com