Naik, Harga Elpiji Kalsel Diklaim Termurah Se-Kalimantan Megaproyek Gedung Baru DPRD Banjarmasin, Ibnu Sina Buka Suara Lagi, Danau Eks Tambang di Banjar Renggut Korban Jiwa Ironi Gedung Baru DPRD: Orang Miskin di Banjarmasin Makin Banyak Blak-blakan Ibnu Sina Bicara Konsep IKN Nusantara: Jangan Oligarkis & Ngutang

Wah! DKI Raih Tiga Penghargaan Hari Antikorupsi Sedunia

- Apahabar.com     Rabu, 5 Desember 2018 - 23:00 WITA

Wah! DKI Raih Tiga Penghargaan Hari Antikorupsi Sedunia

Ilustrasi harianti korupsi sedunia. Foto/inilahsultra.com

apakabar.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih tiga penghargaan dalam Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2018 dari lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (5/12).

Tiga kategori penghargaan tersebut antara lain penerapan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN) terbaik 2018, Pemerintah Daerah dengan nilai gratifikasi terbesar yang ditetapkan menjadi milik negara 2018 dan Pemerintah Daerah dengan sistem pengendalian gratifikasi terbaik 2018.

“Ini adalah kerja kolektif Pemprov DKI karena begitu sampai di LHKPN ini dikerjakan semuanya dan alhamdulillah kita dapatkan yang terbaik di level provinsi seluruh Indonesia,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai menerima penghargaan.

Anies pun membagikan alasan Pemprov DKI Jakarta dapat memenangkan ketiga penghargaan itu, di antaranya ada unit pro aktif yang menyosialisasikan mengenai gratifikasi dan pelaporan keuangan.

“Di inspektorat ada unit khusus yang mengelola gratifikasi dan unit ini secara pro aktif menyosialisasikam kepada semua jajaran SKPD apa-apa yg menjadi perhatian dalam gratifikasi,” ucapnya.

Anies menyebut hal tersebut merupakan bukti bahwa Pemprov DKI Jakarta berhasil menumbuhkan kesadaran jajarannya untuk terbebas dari jerat korupsi, terlebih laporan yang masuk sebesar Rp23 miliar dari 300 laporan.

“Ini menunjukkan di jajaran Pemprov DKI ada kesadaran yang tinggi untuk melaporkan dan membebaskan diri dari praktek korupsi,” tuturnya.

Selain itu, Anies juga menjelaskan ada keterlibatan warga dalam hal pengendalian korupsi di antaranya terkait dengan hadirnya aplikasi Sistem Pengaduan Terpadu (SIPADU).

“Ada komponen penting, kita punya aplikasi Sipadu, bila masyarakat menemukan praktik korupsi yang dilakukan jajaran pemprov, mereka bisa lapor,” ucap Anies.

Sumber : Antara

Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar Dicopot Gara-gara Lalai Prokes, Ini Penggantinya

Nasional

Cegah Rivalitas di Kawasan Indo-Pasifik, Presiden Jokowi Dorong Kemitraan ASEAN-Rusia
apahabar.com

Nasional

Dua Nama Jadi Kandidat Kuat MPR, Siapa Mereka?
Abu Janda

Nasional

Dugaan Rasisme, Abu Janda Datangi Bareskrim
apahabar.com

Nasional

Anies Baswedan Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya, Terkait Kerumunan Massa di Markas FPI
JMSI

Nasional

JMSI Keberatan Maklumat Kapolri Terkait Larangan Penyebaran Konten FPI
Kapolri

Nasional

Komisi III DPR Setujui Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri Ke-25
PPKM Jawa-Bali

Nasional

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang hingga 13 Desember
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com