Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

Waspada, Cuaca Ekstrem dan Ombak Tinggi Ancam Perairan Kalsel

- Apahabar.com     Senin, 31 Desember 2018 - 06:30 WITA

Waspada, Cuaca Ekstrem dan Ombak Tinggi Ancam Perairan Kalsel

Prakiraan cuaca Kalsel 31 Desember 2018. Foto-apahabar.com/infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan dua peringatan dini sekaligus untuk wilayah Kalimantan Selatan. Tak hanya cuaca ekstrem, namun juga adanya aktivitas gelombang tinggi yang mengancam perairan Kalsel.

Tinggi gelombang diperkirakan mencapai tiga meter lebih.  “Waspada untuk potensi gelombang mencapai 2,5-3,5 M untuk aktivitas kelautan di perairan Kalimantan Selatan (Laut Jawa Bagian Timur) dan perairan Kotabaru,” demikian tulis BMKG lewat laman resminya di www.bmkg.go.id, Senin (31/12).

Sementara itu, cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang masih besar kemungkinannya terjadi di seluruh Kalsel. Terdapat 10 wilayah Kalsel yang berpeluang mengalami hal tersebut. BMKG memprediksi intensitas hujan antara sedang dan lebat.

Daerah tersebut masing-masing Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Batola, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Kotabaru. Meski demikian, khusus Marabahan (Kabupaten Batola) pada siang hari berpotensi hujan berpetir. Dengan suhu cuaca pada 26 derajat celcius dan tingkat kelembaban 85 persen.

Nah, khusus ibu kota Banjarmasin, meski pagi hari diyakini cerah berawan dengan suhu 25 derajat celcius dan tingkat kelembaban 85 persen, namun adanya pergerakan angin 19 km/jam pada siang hari berpeluang terjadinya hujan. Kemungkinan hujan lokal terjadi dengan tingkat suhu cuaca 32 persen dan tingkat kelembaban berada pada 75 persen.

Namun angin yang bergerak lamban, sehinga masih membuat Banjarmasin berpotensi hujan pada malam harinya. Hujan ringan kemungkinan terjadi dengan suhu udara 26 derajat celcius dan tingkat kelembaban 85 persen.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Pembelajaran Tatap Muka di Banjarbaru Ditarget Akhir Tahun
apahabar.com

Kalsel

Tulisan Siring Laut Kotabaru Ambyar Diterjang Angin!
apahabar.com

Kalsel

Bendera Pataka Kesetiakawanan Sosial Nasional Disambut Kabupaten Banjar
apahabar.com

Kalsel

Susun Pengurus Baru, BPC Hipmi Barito Kuala Langsung Dapat Tantangan
Kemerdekaan

Kalsel

Peringatan HUT RI ke-76, Wabup HSS Ikuti Dzikir dan Doa Kebangsaan Indonesia Merdeka
apahabar.com

Kalsel

Temuan di Lapas Banjarbaru, Uang Belasan Juta hingga Obat-obatan
apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS..!! Si Jago Merah Luluh Lantakkan Rumah di Jalan Veteran Banjarmasin
DPRD Kalsel

Kalsel

Anggota DPRD Kalsel Bantu Budidaya Belut Komunitas Anak Muda di Palapi Tabalong
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com