Waspada, Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Ancam 9 Wilayah Kalsel Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans

Waspada, Debit air Di Sungai Kemuning Meninggi

- Apahabar.com     Rabu, 5 Desember 2018 - 18:24 WITA

Waspada, Debit air Di Sungai Kemuning Meninggi

MENINGGI - Debit air di Sungai Kemuning Kota Banjarbaru Rabu (5/12) sore mulai meninggi. Foto: apahabar.com/Zepi Al Ayubi

apahabar.com,BANJARBARU – Masyarakat disekitaran Sungai Kemuning Banjarbaru diharapkan waspada. Sebab usai hujan deras yang melanda Kota Banjarbaru Rabu (5/12) sore tadi mengakibatkan debit air meninggi.

Bahkan air Sungai Kemuning ini sempat meluber ke Jalan Sumber Adi, Kelurahan Guntung Paikat, Kota Banjarbaru.

Warga khawatir, jika hujan deras bahkan dengan intensitas yang lama bisa menyebabkan air sungai tersebut meluber.”Debit air mulai meninggi dari sekitar jam 15.00 WITA tadi, bahkan sempat meluber ke jalan,” ungkap Supriadi kepada apahabar.com Rabu (5/12) sore tadi.

Dia menjelaskan, jika normal.debit air sungai Kemuning antara 70 sentimeter sampai 1 meter. Saat ini kondisinya, debit air sudah mencapai ketinggian 2,5 meter.”Kalau hujan mulai reda bisanya dua jam debut air sudah turun. Tapi jika ada hujan lebat lagi, diperkirakan akan kembali meninggi,” jelasnya.

Baca Juga: Pohon Beringin Tua Tumbang

Sementara itu Plt Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Banjarbaru Ahmad Syarief Nizami mengaku sudah menurunkan personilnya untuk memantau. Serta menggali informasi terkait titik-titik yang menjadi rawan bencana banjir di Kota Banjarbaru.

“Terkait hal ini BPBD Kota Banjarbaru sudah bersiaga di beberapa titik rawan banjir. Mulai dari Kelurahan Kemuning, Kalurahan Guntung Paikat, Loktabat Selatan dan Guntung Payung,” ujarnya. Dia menegaskan, untuk saat ini timnya dilapangan sudah melakukan pemantauan. Serta selalu melaporkan perkembangan situasi dilapangan.

Diketahui, sungai Kemuning ini mengalir dari Kelurahan Sungai Besar, Kelurahan Guntung Paikat, Kelurahan Kemuning dan Kelurahan Loktabat Kota Banjarbaru.

Titik yang paling rendah dan rawan banjir di Kota Banjarbaru adalah Kelurahan Guntung Paikat dan Paikat. Dimana setiap tahun menjadi langganan Banjir, jika puncak musim penghujan tiba.

Penulis : Zepi Al Ayubi
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hari Pertama Masa Tenang, Bawaslu Tapin Sapu Bersih Atribut Kampanye
apahabar.com

Kalsel

Meski Berpeluang Tipis, Ovie- Iwan Tetap Lamar Gerindra

Kalsel

Kolaborasi Mahasiswa dan Polda Kalsel, 3.000 Dosis Vaksin Disalurkan ke Masyarakat
apahabar.com

Kalsel

Pastikan Data Cocok, Petugas PLN Kembali Lakukan Catat Meter ke Rumah Pelanggan
apahabar.com

Kalsel

Di Batola, Polantas Juga Jago Tangkap Pengedar Sabu
apahabar.com

Kalsel

Anwar Rela Uang Pensiunnya Dipotong Demi Kartu Hijau
apahabar.com

Kalsel

Respon Polda Kalsel Lelucon Bom Pesawat di Syamsudin Noor
apahabar.com

Kalsel

Kado HUT RI ke-75 di HST, Ratusan WBP Dapat Remisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com