Digeledah KPK, Rumah Bupati HSU Abdul Wahid Jadi Tontonan Warga BREAKING! KPK Geledah Rumah Bupati HSU, Spanduk Panjang Membentang Rumahnya Digeledah KPK, Bupati HSU Abdul Wahid Menghilang Jumlah Kesembuhan Covid-19 di Tanbu Capai 5.593 Pasien KPK Obok-Obok Rumah Bupati HSU, Kapolres Angkat Suara

Waspadai ISPA Saat Musim Penghujan

- Apahabar.com     Sabtu, 22 Desember 2018 - 18:53 WITA

Waspadai ISPA Saat Musim Penghujan

Ilustrasi penyakit musim penghujan. Foto-okezone.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Saat musim penghujan, banyak penyakit yang bisa menyerang. Diantaranya diare, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Dari 10 penyakit yang biasa muncul dimusim penghujan, penderita ISPA terbanyak, kemudian DBD,” ujar Dr Dwi Atmi Susilastuti, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin kepada apahabar.com.

Dikemukakannya, ISPA merupakan infeksi yang menyerang saluran pernafasan manusia disebabkan virus atau bakteri. “Infeksi ini bisa menyebabkan pada penyakit pilek, peradangan pada sinus, peradangan pada amandel, gangguan pita suara serta penyakit influenza,” terangnya.

Dr Dwi Atmi Susilastuti mengimbau kepada warga dimusim penghujan seperti sekarang ini, masyarakat dapat menjaga kesehatan.

Baca Juga: 271 Pasien DBD, Dinkes Banjar Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Tips mencegah penyakit saat musim penghujan, pertama jangan malas cuci tangan. Kebanyakan orang hanya mencuci tangan kalau tangan terlihat kotor. Padahal tangan yang ‘tampak’ bersih bukan berarti bebas kuman.

Tangan bisa menularkan penyakit dari aktivitasnya yang selalu bersentuhan dengan banyak hal. Karena itu, hilangkan kebiasaan malas mencuci tangan kalau nggak mau bakteri dan virus hinggap di tubuhmu.

Dengan rajin mencuci tangan, berbagai jenis penyakit akibat virus, termasuk batuk dan pilek, dapat dihindari.

Trik kedua mengurangi jajan sembarangan. Kadang setiap keluar rumah banyak orang yang tergoda jajan makanan manis yang kadar gulanya tinggi sebagai penyebab gigi berlubang.

Padahal jajanan pangan di sekitar banyak yang tidak aman akibat pencemaran mikroba, bahan-bahan kimia, hingga penyalahgunaan bahan berbahaya seperti formalin dan boraks.

Nah, saat terjadi perubahan cuaca, virus dan bakteri lebih banyak berkembang biak, termasuk pada jajanan pinggir jalan. Karena itu, kurangi jajan sembarangan untuk terhindar dari berbagai penyakit, termasuk batuk dan pilek.

Baca Juga: Taruna Akpol Sambangi Penghuni Panti Sosial

Penulis: Marlianti Tandang
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Paramasan

Kalsel

Sebulan, Sudah Tiga Bocah di Kalsel Terlibat Pembunuhan, Lihat 5 Pemicunya
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa ULM Demo Tuntut Penurunan Uang Kuliah
apahabar.com

Kalsel

Demi Situasi Kondusif, Bhabinkamtibmas Pulau Laut Utara Tetap ‘Berjaga’ di Hari Libur
Lakalantas di Angkinang

HSS

Lakalantas di Angkinang HSS, Warga Haruyan HST Tewas di Tempat
apahabar.com

Kalsel

Sasar THM, Tim Gabungan di Banjarmasin Minta Pengunjung Jaga Jarak
apahabar.com

Kalsel

Kapolsek Martapura Kota Masuk Rutan, Ceramah Hingga Shalat Bersama Napi
apahabar.com

Kalsel

KPU Kalsel Tetapkan DPT Perbaikan Sebanyak 2.869.166
apahabar.com

Kalsel

Per Hari Ini, Salat Jumat di Tanbu Ikut Diliburkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com