Live Streaming SCTV & Link Siaran Langsung Liga Champions Ajax vs Liverpool, Prediksi Pemain! Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas

Wisatawan Mancanegara Turut Kunjungi Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018

- Apahabar.com Minggu, 2 Desember 2018 - 11:00 WIB

Wisatawan Mancanegara Turut Kunjungi Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018

Suasana Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018. Foto – apahabar.com/M Robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Gelaran Festival Pasar Terapung Lok Baintan 2018 garapan Pemerintah Kabupaten Banjar, dikunjungi banyak wisatawan lokal hingga manca negara, Minggu (2/12) pagi.

Pada acara tersebut, kurang lebih 500 pedagang turut meramaikan acara. Bahkan ribuan wisatawan pun tertarik melihat festival tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Haris Rifani menyatakan bahwa jumlah pengunjung festival Lok Baintan 2018 mengalami peningkatan.

“Bahkan wisatawan yang hadir dari berbagai negara seperti Malaysia, Singapura dan Vietnam,” ucapnya disela kegiatan yang bertempat di Desa Sungai Pinang Baru, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (2/12/2018) pagi.

Kedepan pihaknya, berencana akan melaksanakan kegiatan Festival Pasar Terapung Lok Baintan setiap tahun, karena Kementerian Pariwisata menilai pasar terapung memiliki nilai sejarah di Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Banjar, KH Khalilurrahman berharap semua masyarakat mendukung gelaran ini dalam upaya melestarikan pasar terapung, agar terus eksis walau tergerus perubahan zaman.

Mengingat, festival pasar merupakan satu-satunya yang ada di desa Lokbaintan, Kecamatan Singai Tabuk Kabupaten Banjar, seakan menceritakan kehidupan masyarakat pada tempo dulu yang hanya menggunakan akses sungai sebagai moda transportasi, termasuk dalam kegiatan jual beli barang.

“Ini sangat langka sekali, oleh karena itu dulunya di jual melalui jukung,” ungkapnya.
Ia pun membandingkan pasar terapung Lok Baintan dengan pasar terapung yang ada di Thailand yang berada di depan Istana Raja.

Kegiatan bertemakan Eksotisme Wisata Budaya Pasar Lok Baintan ini mempertandingkan lomba foto. Bagi para peserta lomba, pemerintah setempat sudah menyiapkan total hadiah Rp15 juta.

Reporter : M.Robby
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Menunggu dari Pagi, Ratusan Pelajar Kecewa Tak Sempat Disalami Jokowi
apahabar.com

Kalsel

Siap-Siap, Pemprov Kalsel Bakal Salurkan Dana Desa Tahap Terakhir
apahabar.com

Kalsel

Di Tengah Pandemi Covid-19, ASN Dilarang Mudik dan Cuti Lebaran
apahabar.com

Kalsel

Sejarah Masjid Sabilal Muhtadin (3), Diberi Nama Karya Ulama Besar Banjar
apahabar.com

Kalsel

Ponpes Al-Falah Banjarbaru Berlakukan Sosial Distancing Cegah Corona
apahabar.com

Kalsel

Sore Ini, TKD Jokowi-Ma’ruf Kalsel Dibubarkan
apahabar.com

Kalsel

Puting Beliung di Binuang, 5 Rumah Porak Poranda
apahabar.com

Kalsel

BNN Kota Banjarmasin Gelar Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com