Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

2.500 Unit Rumah Bakal Direhab di Kaltara

- Apahabar.com Senin, 7 Januari 2019 - 13:41 WIB

2.500 Unit Rumah Bakal Direhab di Kaltara

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat meninjau salah satu rumah warga yang menerima bantuan rehab rumah dari pemerintah, belum lama ini. Foto-Dok Pemprov Kaltara

apahabar.com, TANJUNG SELOR – Program rehabilitasi rumah bagi masyarakat kurang mampu terus berlanjut di Kalimantan Utara. Tahun ini, direncanakan akan direbah sebanyak 2.500 rumah milik warga.

Rinciannya, 2 ribu unit dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan 500 unit dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltara 2019.

“Untuk yang bersumber dari APBN, yaitu melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Prosesnya tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) lokasi desa dari pusat. Sedangkan yang bersumber dari APBD, untuk lokasinya akan menyesuaikan,” kata Gubernur Kaltara Irianto Lambrie dalam siaran persnya, Senin (7/1).

Baca Juga: Overload, Dua Jembatan Timbang di Jalan Trans Kalimantan Diusulkan

Dengan 2.500 unit rumah yang akan direhab pada 2019, menurut Irianto, secara total sudah ada 9.500-an rumah warga kurang mampu yang mendapat bantuan rehab. Sehingga target 10.000 unit rumah direhab pada 2020 dapat tercapai.

Sementara itu, untuk realisasi program rehab rumah masyarakat yang telah dilakukan dari 2016 hingga 2018, dikatakan Gubernur, telah menuntaskan 6.923 unit rumah. Baik yang bersumber dari APBN maupun APBD.

Baca Juga: Jalan Putus di Sebatik Ditarget Selesai Sepekan Lagi

Berdasarkan laporan dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) 2018, realisasi bantuan rehab rumah yang bersumber APBN, program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) telah mencapai 100 persen atau sebanyak 2.000 dari kuota yang diberikan sebanyak 2.000 unit.

Sedangkan, yang bersumber dari APBD mencapai 98,18 persen atau sebanyak 536 dari kuota sebanyak 550 unit.

Baca Juga: Perencanaan Matang dan Percepatan Realisasi APBD Jadi Kunci

Sumber: Humas Pemprov Kaltara
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

Keluarga Mahasiswa asal Kaltara: Terima Kasih Pak Jokowi
apahabar.com

Kaltara

Jokowi Naik Motor Chopper Cek Jalan di Kalimantan
apahabar.com

Kaltara

Nunukan, Satu-satunya Wakil Kaltara Raih Adipura
apahabar.com

Kaltara

Penumpang Mudik di Kaltara Diprediksi Naik tapi Tak Signifikan
apahabar.com

Kaltara

Ekspor Non Migas Kaltara ke India Naik 157,87 Persen
apahabar.com

Kaltara

Siap Gelar UNBK, Gubernur Kaltara Imbau Siswa
apahabar.com

Kaltara

Kaltara Beri Atensi Khusus pada Warga Kurang Mampu dan Lansia
apahabar.com

Kaltara

Tahun 2025 Penduduk Kaltara Capai 773 Jiwa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com