Keren! Al-Mazaya Islamic School Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi Covid-19 POPULER SEPEKAN: Polisi Tewas Tenggelam di Sungai Martapura, hingga 2 Kasus Kriminalitas di Hulu Sungai Wakil Ketua DPRD HST Kecelakaan di Angkinang, Mobil Ringsek Parah! LSM Laporkan Denny Indrayana ke Bawaslu, Terindikasi Kampanye Jelang PSU Si Jago Merah Ngamuk di Cempaka 7 Banjarmasin, Jemaah Salat Tarawih Berhamburan

2.500 Unit Rumah Bakal Direhab di Kaltara

- Apahabar.com Senin, 7 Januari 2019 - 13:41 WIB

2.500 Unit Rumah Bakal Direhab di Kaltara

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat meninjau salah satu rumah warga yang menerima bantuan rehab rumah dari pemerintah, belum lama ini. Foto-Dok Pemprov Kaltara

apahabar.com, TANJUNG SELOR – Program rehabilitasi rumah bagi masyarakat kurang mampu terus berlanjut di Kalimantan Utara. Tahun ini, direncanakan akan direbah sebanyak 2.500 rumah milik warga.

Rinciannya, 2 ribu unit dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan 500 unit dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltara 2019.

“Untuk yang bersumber dari APBN, yaitu melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Prosesnya tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) lokasi desa dari pusat. Sedangkan yang bersumber dari APBD, untuk lokasinya akan menyesuaikan,” kata Gubernur Kaltara Irianto Lambrie dalam siaran persnya, Senin (7/1).

Baca Juga: Overload, Dua Jembatan Timbang di Jalan Trans Kalimantan Diusulkan

Dengan 2.500 unit rumah yang akan direhab pada 2019, menurut Irianto, secara total sudah ada 9.500-an rumah warga kurang mampu yang mendapat bantuan rehab. Sehingga target 10.000 unit rumah direhab pada 2020 dapat tercapai.

Sementara itu, untuk realisasi program rehab rumah masyarakat yang telah dilakukan dari 2016 hingga 2018, dikatakan Gubernur, telah menuntaskan 6.923 unit rumah. Baik yang bersumber dari APBN maupun APBD.

Baca Juga: Jalan Putus di Sebatik Ditarget Selesai Sepekan Lagi

Berdasarkan laporan dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) 2018, realisasi bantuan rehab rumah yang bersumber APBN, program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) telah mencapai 100 persen atau sebanyak 2.000 dari kuota yang diberikan sebanyak 2.000 unit.

Sedangkan, yang bersumber dari APBD mencapai 98,18 persen atau sebanyak 536 dari kuota sebanyak 550 unit.

Baca Juga: Perencanaan Matang dan Percepatan Realisasi APBD Jadi Kunci

Sumber: Humas Pemprov Kaltara
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

Simdali, Siasat Kaltara Atasi 4 Persoalan Distribusi BBM dan LPG
apahabar.com

Kaltara

Ketua Dekranas Berkunjung, Drone pun Dilarang Terbang
apahabar.com

Kaltara

Pilpres dan Hari Besar Keagamaan Beri Angin Sejuk Sisi Timur Indonesia
apahabar.com

Kaltara

Perdagangan Ilegal Penghambat Ekonomi Kaltara Melajut Pesat
apahabar.com

Kaltara

2 Sektor Penopang Perekonomian Kalimantan Utara
apahabar.com

Kaltara

Wali Kota Tarakan Terbitkan Edaran Pembatasan Pembelian BBM
apahabar.com

Kaltara

Kalimantan Utara Usulkan Tambah Kuota Produksi Batu Bara
apahabar.com

Kaltara

Kapolri: Polda Kaltara Terbentuk karena ‘Desakan’ Gubernur
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com