Di Tengah Kondisi Banjir, Pemprov Kalsel Tak Tunda Vaksinasi Tahap 2 Ungkap Pelanggaran Pilgub Kalteng, Ben-Ujang Minta Buka Kotak Suara Kadinkes Positif, Wali Kota Banjarmasin Kembali Divaksin Covid-19 Esok Wow, Kalteng Targetkan Groundbreaking Kereta Api Tahun Ini Gugatan 2BHD Diterima, Ketua MK Pimpin Langsung Sengketa Pilbup Kotabaru

36.148 Pelanggan PDAM Intan Banjar Bakal Kekurangan Suplai Air

- Apahabar.com Kamis, 31 Januari 2019 - 16:09 WIB

36.148 Pelanggan PDAM Intan Banjar Bakal Kekurangan Suplai Air

PPK Operasional Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Heri Ade Permana memberikan keterangan kepada awak media, di Aula PDAM Intan Banjar Kamis (31/1) siang. Tampak mendampingi Direktur Teknik PDAM Intan Banjar Said Umar dan Kepala Balai PAM Banjar Bakula, Nazarudin Al Haidar. Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

apahabar.com BANJARBARU – Jaringan air Saluran Daerah Irigasi Riam Kanan, awal bulan Februari ini akan segera dikeringkan. Akibatnya 36.148 pelanggan PDAM Intan Banjar di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru akan kekurangan suplai air.

Direktur Teknik PDAM Intan Banjar Said Umar mengatakan, biasanya menyediakan air baku sekitar 300 liter perdetik untuk pelanggannya itu. Namun dengan pemeliharaan ini, penyediaan air baku otomatis berkurang, jadi 150 sampai 200 liter perdetik saja.

“Secara kuantitas pelayanan air baku bagi pelanggan akan sedikit berkurang,” ucapnya kepada apahabar.com, Kamis (31/1) siang.

PDAM Intan Banjar sendiri saat ini masih mengandalkan pengambilan air baku dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pinus II, yang air bakunya berasal dari Saluran Daerah Irigasi Riam Kanan.

“Semoga saja kita bisa memaksimalkan Air baku dari PAM Banjar Bakula. Dari 200 liter perdetik, bisa kita maksimalkan menjadi 300 liter perdetik. Sehingga tidak mengganggu pelayanan bagi puluhan ribu pelanggan PDAM di Kabupaten Banjar dan Banjarbaru,” tegasnya.

PPK Operasional Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Heri Ade Permana mengungkapkan, total pengeringan dan pemeliharaan saluran akan dilakukan sepanjang 24,5 Kilometer. Mulai dari daerah irigasi premier hingga aliran sekunder di Cindai Alus Martapura.

“Pengeringan dan pemeliharaan ke elevasi dasar jaringan irigasi secara menyeluruh ini baru dilakukan setelah 14 tahun terakhir. Selain membersihkan gulma, sekaligus perbaikan infrastruktur yang telah rusak menggunakan alat berat untuk pembersihannya,” jelasnya.

Dia membeberkan, perbaikan infrastruktur ini juga nantinya meliputi perbaikan saluran irigasi yang rusak. Selain itu perbaikan lubang tanggul dan beberapa dinding tanggul di saluran irigasi ini.

“Sejatinya memang dilakukan setiap tahun sekali, tapi kedepan akan dilaksanakan selama berkala. Untuk memperbaiki kualitas air, pembersihan gulma di saluran Irigasi Riam Kanan. Sampai dengan menghindari jebolnya tanggul, disaluran sekunder dan tersier,” jelasnya.

Hal ini juga nantinya akan berdampak bagi ketersediaan air di lahan pertanian. Pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada para masyarakat terdampak seperti petani dan pengguna air lainnya di Daerah Irigasi Riam kanan yang akan dilakukan pengeringan dan pemeliharaan ini.

Pengeringan ini sengaja dilakukan, untuk keperluan perawatan, pembersihan gulma dan sekaligus perbaikan infrastruktur yang rusak.

Berdasarkan keputusan dari Balai Wilayah Sungai dan Dinas PUPR Kalsel, rencananya akan berlangsung selama tiga pekan. Mulai dari tanggal 7 sampai 28 Februari 2019.

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Banjir

Kalsel

Banjir ROB di Setarap Tanbu Memantik Perhatian Wakil Rakyat
apahabar.com

Kalsel

Jalan Sehat dan Karnaval di International Nurses Day 2019 Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

DPRD Harapkan Pertambangan di Kalsel Lebih Tertata
apahabar.com

Kalsel

Bagikan 1000 Masker, KNPI Kalsel Desak Ketegasan Pemerintah dan Penegak Hukum
apahabar.com

Kalsel

Gaet Ulama dan Mahasiswa, Gaung Save Meratus Makin Kencang
apahabar.com

Kalsel

Diduga Dipicu Korsleting Listrik, Dua Rumah di Paringin Tinggal Arang
apahabar.com

Kalsel

Pasca Pemilu 2019, Tingkat Penghunian Kamar Hotel di Kalsel Meningkat
apahabar.com

Kalsel

Terkuak! Ini Identitas Mayat di Belakang Kejaksaan Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com