Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung

Alasan Kualitas Kejahatan di Tabalong Meningkat

- Apahabar.com Kamis, 3 Januari 2019 - 23:25 WIB

Alasan Kualitas Kejahatan di Tabalong Meningkat

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono.Foto- Polres Tabalong for apahabar.com

apahabar.com, TANJUNG – Kualitas kejahatan di Kabupaten Tabalong meningkat, meski secara jumlah diklaim menurun. Hal ini bisa dilihat dari indeks kejahatan yang dilansir polisi sepanjang 2018 lalu.

Disebutkan total tindak kriminalitas yang terjadi selama 2018 menurun. Dari 345 kasus pada 2017 menjadi 226 kasus pada 2018. Penurunannya sebanyak 83 kasus atau lebih kurang 34 %.

Terdapat empat jenis kasus kasus menonjol yang menjadi perhatian masyarakat ikut mengalami penurunan pada 2018. Empat kasus itu tak lain, pencurian dengan pemberatan (curat) 34 kasus (-21 %), pencurian biasa (curbis) 6 kasus (-77 %), pencurian kendaraan bermotor roda dua (curanmor) 18 kasus (-33 %) dan perjudian 7 kasus (-7%).

Baca Juga: 5 Pelaku Pembunuhan Khashoggi Dituntut Hukuman Mati

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono melalui Kasubbag Humas Iptu Ibnu Subroto mengatakan, meski menurun secara kuantitas, secara kualitas kriminalitas di Tabalong justru meningkat.

“Karena alat atau sarana kejahatan dan modus operandi yang semakin beragam,” ujarnya kepada apahabar.com, Kamis (3/1).

Pasalnya kejahatan yang tergolong berat ikut naik hampir dua kali lipat. Sepanjang 2018 lalu, sebanyak 3 kasus pembunuhan (+100 %), narkoba 60 kasus (+82 %), korupsi 4 kasus (+300 %), illegal logging 5 kasus (+67 %) dan bbm illegal 5 kasus (+67 %) terjadi di Tabalong. Selain itu, masih ada tindak penganiayaan berat (anirat) 9 kasus (-36 %), pelanggaran UU kesehatan 17 kasus (-80 %) dan pencurian dengan tindak kekesarasan (curas) 6 kasus.

Sementara, jika dilihat dari penyelesaian tindak pidana atau crime clearance terjadi penurunan dari 75 % pada 2017 menjadi 69 % pada 2018 atau turun sebesar 6%. Data Polres Tabalong menunjukan penyelesaian tindak pidana pada 2017 adalah 192 kasus dari 257 kasus sedangkan penyelesaian tindak pidana pada 2018 adalah 121 kasus dari 174 kasus.

Baca Juga: EKSKLUSIF: Nyawa di Ujung Tanduk di Sungai Tabuk

Repoter: Arif Nur Budiman
Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Simpan Sabu Dalam Speaker dan Sandal Jepit, ‘Kodok’ Dibekuk Aparat
apahabar.com

Hukum

Simpan Dua Paket, Polisi Tangkap Terduga Pengedar di Tapin
apahabar.com

Hukum

Tak Kapok, Residivis Narkoba Kini Bertekuk Lutut
apahabar.com

Hukum

John Lee CS Libas 2 Budak Sabu di HST, 1 Tersangka IRT
apahabar.com

Hukum

Setelah Pelaku Kehilangan Target di Batu 13, Jaksa Dicky Selamat dari Upaya Pembunuhan
apahabar.com

Hukum

KPK Panggil Sekjen DPR Terkait Kasus Rommy
apahabar.com

Hukum

Oknum KPPS Terjerat Politik Uang di Tapin Bukan Pemain Tunggal
apahabar.com

Hukum

Polisi Ringkus Mani yang Hendak Edarkan 11 Paket Sabu di Tala
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com