Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Update Daftar Zona Sebaran Covid-19 di Banjarmasin Pengembalian Tengkorak Demang Lehman dan Dugaan Penghapusan Sejarah oleh Belanda Tenang, Gempa 5,5 R di Pangandaran Tak Berpotensi Tsunami 2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel

Bupati HSS Serahkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Puting Beliung

- Apahabar.com Rabu, 30 Januari 2019 - 17:15 WIB

Bupati HSS Serahkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Puting Beliung

Bupati Hulu Sungai Selatan serahkan bantuan kepada warga kecamatan Daha Selatan. Foto-istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Akhmad Fikry meninjau lokasi permukiman warga yang terdampak puting beliung di Desa Bayanan Kecamatan Daha Selatan, Selasa (29/1/2019) kemarin.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati H Akhmad Fikry yang didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) HSS menyerahkan bantuan logistik bagi para korban puting beliung, sekaligus menjalankan program kegiatan lainnya yang menjadi agenda jadwal bupati hari itu.

Pejabat Pelaksana Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos HSS, Rakhmani S Sos mengatakan, mereka prihatin atas musibah yang terjadi malam kemarin, yang memporak porandakan 35 unit rumah di Kecamatan Daha Selatan dan Daha Utara.

“Pemerintah Daerah Hulu Sungai Selatan mempunyai kewajiban untuk memfasilitasi bantuan terhadap warga yang terdampak musibah itu,” katanya kepada apahabar.com.

Lebih lanjut dikatakan Rakhmani,  bantuan sudah diserahkan oleh bupati dan kadinsos kepada para korban puting beliung. Untuk Dinas Sosial, membatu logistik, namun diberikan sifatnya hanya darurat seperti selimut, terpal dan sembako.

“Itulah yang bisa kami beri. Sementara untuk perbaikan rumah untuk para korban itu kewenangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” katanya.

Menurutnya, pihaknya memiliki Taruna Siaga Bencana yang selalu siap 1 x 24 jam menanggulangi bencana seperti puting beliung kemarin.

Sementara itu, terpisah, Drs Efran Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah HSS, mengatakan bahwa hari ini sudah diserahkan logistik bantuan dari BPBD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Bantuan itu diserahkan melalui pihaknya kemarin. “Sudah kita serahkan kepada korban puting beliung,” katanya.

Saat ini, pihaknya masih melakukan kroscek ke lapangan terkait 35 unit rumah penduduk yang terkena dampak puting beliung, dengan melihat terkait kerusakannya, dari yang ringan, sedang, dan berat.

“Karena mereka inilah yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah, berupa bantuan dana untuk rehab atau rekonstruksi bangunan sesuai dengan tingkat kerusakannya.,” pungkasnya.

Reporter: Nasrullah
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Maraknya Permintaan, Dermaster pun Buka Klinik di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Dandim 1007/Banjarmasin Bolehkan XXI Duta Mall Buka, Asal…
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem di Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Kabar Duka, Edo TS Gamer Satu Tangan Banua Tutup Usia
apahabar.com

Kalsel

Ingin Jadi Nanang Galuh Balangan, Minimal Punya Bekal Ini
apahabar.com

Kalsel

Banjarbaru Marak Hotspot, 1 Heli Absen Berpengaruh
apahabar.com

Kalsel

Usai Uji Kompetensi, 25 Calon Pejabat di Pemkab Tabalong Ikuti Seleksi Tahap Akhir
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Berada di Posisi ke 6 Penyalahgunaan Narkoba se-Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com