BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Bupati HSS Serahkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Puting Beliung

- Apahabar.com Rabu, 30 Januari 2019 - 17:15 WIB

Bupati HSS Serahkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Puting Beliung

Bupati Hulu Sungai Selatan serahkan bantuan kepada warga kecamatan Daha Selatan. Foto-istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Akhmad Fikry meninjau lokasi permukiman warga yang terdampak puting beliung di Desa Bayanan Kecamatan Daha Selatan, Selasa (29/1/2019) kemarin.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati H Akhmad Fikry yang didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) HSS menyerahkan bantuan logistik bagi para korban puting beliung, sekaligus menjalankan program kegiatan lainnya yang menjadi agenda jadwal bupati hari itu.

Pejabat Pelaksana Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos HSS, Rakhmani S Sos mengatakan, mereka prihatin atas musibah yang terjadi malam kemarin, yang memporak porandakan 35 unit rumah di Kecamatan Daha Selatan dan Daha Utara.

“Pemerintah Daerah Hulu Sungai Selatan mempunyai kewajiban untuk memfasilitasi bantuan terhadap warga yang terdampak musibah itu,” katanya kepada apahabar.com.

Lebih lanjut dikatakan Rakhmani,  bantuan sudah diserahkan oleh bupati dan kadinsos kepada para korban puting beliung. Untuk Dinas Sosial, membatu logistik, namun diberikan sifatnya hanya darurat seperti selimut, terpal dan sembako.

“Itulah yang bisa kami beri. Sementara untuk perbaikan rumah untuk para korban itu kewenangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah,” katanya.

Menurutnya, pihaknya memiliki Taruna Siaga Bencana yang selalu siap 1 x 24 jam menanggulangi bencana seperti puting beliung kemarin.

Sementara itu, terpisah, Drs Efran Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah HSS, mengatakan bahwa hari ini sudah diserahkan logistik bantuan dari BPBD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Bantuan itu diserahkan melalui pihaknya kemarin. “Sudah kita serahkan kepada korban puting beliung,” katanya.

Saat ini, pihaknya masih melakukan kroscek ke lapangan terkait 35 unit rumah penduduk yang terkena dampak puting beliung, dengan melihat terkait kerusakannya, dari yang ringan, sedang, dan berat.

“Karena mereka inilah yang akan mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah, berupa bantuan dana untuk rehab atau rekonstruksi bangunan sesuai dengan tingkat kerusakannya.,” pungkasnya.

Reporter: Nasrullah
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kepala BNPT Kunjungi Istri Korban Penyerangan Mapolsek Daha
apahabar.com

Kalsel

Resapan Anggaran APBD 2019 Jauh Dari Target, Hermansyah: Kepala SKPD Jangan Diberi Cuti!
WTP

Kalsel

Raih WTP, Rudy Resnawan Serahkan Penghargaan Pusat untuk Pemkot Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Banjir Cempaka, PUPR Kalsel: Bukan Kiriman Kawasan Setdaprov
apahabar.com

Kalsel

Karyawan Salon Tewas Tabrak Pagar Musala
apahabar.com

Kalsel

PPDB Sistem Zonasi, Ribuan Siswa Tak Kebagian Kursi di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Jalan Licin, Kasat Lantas Ingatkan Pengguna Jalan di Tanbu Hati-hati Berkendara
apahabar.com

Kalsel

Sunat Masal di Polsek Tamban, Momentum Perpisahan Kapolres Batola
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com