Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup!

China Temukan Cara Ubah Tembaga Menjadi Emas Murni

- Apahabar.com Selasa, 1 Januari 2019 - 18:45 WIB

China Temukan Cara Ubah Tembaga Menjadi Emas Murni

Ilustrasi emas. Foto - Istimewa

apahabar.com, BEIJING – Demi mengurangi penggunaan logam langka, ilmuan China bisa mengubah tembaga menjadi emas murni. Melalui alkimia dengan mengubah tembaga menjadi bahan baru yang “hampir identik” dengan emas.

Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Science Advances pada hari Sabtu lalu, dilakukan oleh tim peneliti dari Dalian Institute of Chemical Physics, Chinese Academy of Sciences, di Dalian, Provinsi Liaoning, Tiongkok.

Seperti dilansir dari Nextshark, menurut tim peneliti, temuan mereka akan secara signifikan membantu mengurangi penggunaan logam langka dan mahal di indusri elektrnik, lapor South China Morning Post.

Baca Juga: Mobil Tabrak Kerumunan Pesta Tahun Baru di Harajuku Jepang, 8 Orang Terluka

Profesor DICP, Sun Jian dan rekan-rekannya dilaporkan dapat meniru beberapa sifat seperti emas dengan menembakkan jet gas argon yang panas dan bermuatan listrik ke sasaran tembaga.

Proses ini dilaporkan memungkinkan partikel terionisasi yang bergerak cepat untuk melepaskan atom tembaga dari target. Ketika atom-atom mendingin dan mengembun di permukaan alat pengumpul, lapisan tipis pasir dihasilkan.

Sifat-sifat partikel tembaga yang baru terbentuk diuji dalam proses industri, biasanya disisakan untuk logam yang jauh lebih berharga, seperti emas. Tembaga yang diubah secara kimia terbukti mampu bertindak sebagai katalis dengan cara yang sama seperti emas atau perak. Ini merupakan terobosan besar dalam proses terbentuknya emas yang dapat mengubah cara logam mulia digunakan dalam suatu industri.

“Nano partikel tembaga mencapai kinerja katalitik yang sangat mirip dengan emas atau perak. Hasilnya membuktikan bahwa setelah diproses, tembaga dapat berubah dari ‘ayam’ menjadi ‘burung phoenix’,” kata pemimpin peneliti.

Baca Juga: Penuh Batu Permata, Bumi Super Baru Ditemukan Ilmuwan Eropa

Emas sangat populer di berbagai industri karena sifatnya yang unik. Kelangkaan emas dan banyak kegunaannya merupakan faktor yang paling bertanggung jawab atas biaya tinggi dan nilainya. Jika para ilmuwan dapat dengan mudah menghasilkan logam tersebut, tentu saja dapat menghasilkan penghematan sangat besar.

Meski metode yang digunakan di sini tidak mengubah tembaga menjadi emas secara keseluruhan, fakta bahwa para peneliti telah memberikan partikel tembaga kemampuan untuk berlaku seperti emas dalam kondisi tertentu memang sangat mengesankan, dan tentu saja akan sangat menggembirakan untuk melihat bagaimana pekerjaan para ilmuwan tersebut lebih berkembang di masa mendatang.

Baca Juga: Kim Jong-un Peringatkan AS, Korut Bisa ‘Berubah Arah’

Sumber: Sindonews.com
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

KJRI Marseille Gelar Pertemuan Bisnis
apahabar.com

Global

Pemeran Hope di Ant-Man and The Wasp, Tampil Berhijab
apahabar.com

Global

PP 49/2018 Memungkinkan Angkat Honorer Melampaui Batas Usia
apahabar.com

Global

China Mulai Menggarap Proyek Menciptakan Hujan
apahabar.com

Global

Mahasiswa AS Tewas Usai Kerja Paksa, Korut Divonis Bayar Rp7,2 Triliun
apahabar.com

Global

Pembicaraan Perdamaian Suriah Dimulai di Astana
apahabar.com

Global

Masker Wajah Kim Jong Un Picu Kontroversi di Korea Selatan
apahabar.com

Global

Gaet Pasar Eropa, Garuda Buka Kembali Rute Penerbangan Jakarta-London
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com