MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik Angin Puting Beliung Ngamuk, Puluhan Rumah di Banjar Poran Poranda Pak Jokowi, Kawasan Industri Jorong Tanah Laut Butuh Investor Baru! Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem

Cuaca Buruk, DLH Pangkas Pohon Rawan Tumbang

- Apahabar.com Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:00 WIB

Cuaca Buruk, DLH Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Pohon yang mencuat tinggi di Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin potensi rawan roboh apabila ditiup angin kencang. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin harus kerja ekstra untuk menghindari kemungkinan buruk yang akan terjadi, mengingat musim hujan dan angin kencang kerap melanda kota seribu sungai.

“Pemangkasan pohon di Kota Banjarmasin sangat perlu. Sebelum hal yang tak diinginkan menimpa warga dan pengguna jalan,” kata Kabid Pertamanan DLH Banjarmasin, Tarianto, Sabtu (19/1/2019).

Ia menyebutkan, pihaknya sudah seharusnya melakukan monitor sesering mungkin. Kemudian segera memangkas ranting dan pohon yang sudah mengganggu pengguna jalan.

“Kita bisa melihat tiga bulan terakhir, ada angin puting beliung ada angin kencang, tapi pohon roboh itu hampir boleh dikatakan sudah tidak ada lagi, karena kami setiap hari melakukan pemangkasan kalau tidak mengganggu lalu lintas,” ucap Tarianto.

Pemangkasan yang dimaksudkan Tarianto berupa pengurangan beban, dalam artian kalau ada beberapa pohon yang sudut kemiringannya dengan cabangnya melebihi empat puluh lima derajat dan juga dilihat lagi melalui tekstur cabang pohon tersebut lapuk atau tidak.

Baca Juga: Petinggi TNI/Polri Olahraga Bersama

“Kalau kemiringannya lebih dari 45 derajat bebannya akan kita kurangi agar pohon itu tumbuh ke atas, atau juga kalau cabang dari pohon itu lapuk juga kita kurangi,” jelasnya.

Jadi bisa dikatakan, Banjarmasin sudah tidak ada lagi pohon tumbang yang disebabkan angin kencang, karena semua yang bisa mengakibatkan pohon tersebut roboh sudah ditangani DLH.

Selain itu, Ia juga mengungkapkan, DLH terus melakukan pemangkasan rutin bekerjasama dengan forum lalu lintas apabila ada pohon, ranting atau tumbuhan yang menutupi rambu-rambu lalu lintas serta menutup lampu PJU akan segera dilaporkan ke DLH.

“Kalau ada rambu-rambu lalu lintas atau lampu PJU yang terlindung oleh dahan pohon atau tumbuhan lainnya, mereka langsung memberitahu kami dan langsung kita pangkas,” pungkasnya.

Baca Juga: Srikandi Banjar Bungas Diterjunkan ke Lapangan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hujan Deras Iringi Pembukaan Pekan Raya Tabalong 2018
apahabar.com

Kalsel

Waspadai Hujan Disertai Petir di Kalsel Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

HPN 2020, Menkominfo: Produksi Hoaks Menguras Energi!
apahabar.com

Kalsel

Update Corona di Kalsel: ODP Meningkat Jadi 416 Orang, Banjarbaru Tertinggi
apahabar.com

Kalsel

Pipa Besar Bocor, Warga Banjarmasin Tengah dan Barat Diminta Siap-Siap
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Banjar Berencana Asuransikan Anggota BPK
apahabar.com

Kalsel

Imbau Warga Pelaihari, Polisi Bentangkan Spanduk Larangan Bakar Lahan
apahabar.com

Kalsel

Pajero Sport Pacu Kinerja Anggota DPRD Kalsel? 
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com