91 Persen Pasien Covid-19 di Kalsel Sembuh Jadwal Liga Inggris Sheffield United vs Man City Malam Ini, Live Streaming Mola TV, Guardiola Tanpa Aguero! Video Viral Pria Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor di Atas Bronjong, Sang Perekam pun Ketakutan! Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya

Cuma Rp10 Ribu, Nikmatnya Katupat Batumis Khas Banjar

- Apahabar.com Minggu, 13 Januari 2019 - 11:05 WIB

Cuma Rp10 Ribu, Nikmatnya Katupat Batumis Khas Banjar

Yeyen, pengunjung sentra Kuliner Wamarung Baimbai antri untuk mendapatkan seporsi katupat batumis.foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto

apahabar.com, BANJARMASIN – Membahas kuliner Kalimantan Selatan (Kalsel) memang tidak ada habisnya. Kota satu ini memang dikenal sebagai surganya para wisatawan yang hobi makan.

Kalsel menyimpan kekayaan kuliner yang beragam. Bukan cuma soal rasa, kuliner di banua juga selalu dibalut dengan identitas khas dari makanan atau minuman itu sendiri.

Dari sekian banyaknya kuliner khas banua, Katupat Batumis tak boleh dilewatkan jika anda berkunjung ke Kalsel.

Baca Juga:  Tongkrongan Akhir Pekan, Wisata Kuliner Wasaka dan ‘Mawarung Baimbai’

Kalangan milenial bisa saja tidak tau kalau ada makanan yang namanya Katupat Batumis. Mereka taunya cuma Soto Banjar, Ketupat Kandangan, dan Nasi Kuning.

Berdasarkan penelusuran Wartawan Apahabar.com, Katupat Batumis lebih sering dimasak untuk moment-moment tertentu, misalnya hari raya Idul Fitri. Jarang sekali warung atau rumah makan yang menyajikan menu bahari ini.

Ketupat Betumis atau Katupat Batumis dalam lidah orang Banjar, memang adalah menu yang terbuat dari ketupat, pakai kuah santan dan pakai tumisan. Bisa disantap pakai lauk tambahan bila mau.

Baca Juga:  5 Fakta Menarik yang Tak Banyak Orang Tahu tentang Kopi

Bagaimana dengan rasa? rasa Katupat Batumis memang cenderung agak terasa manisnya. Walau demikian, rasa manisnya tidak terlalu dan tidak mengganggu.

Lidah akan semakin dimanjakan jika Katupat Batumis di sandingkan dengan ikan haruan (gabus) masak habang (merah) atau hintalu (telur) masak habang.

Pelengkap katupat batumis ini tentu saja dengan taburan bawang merah goreng dan sambal padas (pedas).

Bagi yang mau mencoba kelezatan katupat batumis, penyuka kuliner bisa mendatangi sentra Wisata Kuliner Wasaka dan Mawarung Baimbai, tempat nongkrong baru dengan konsep menyerupai ‘pasar tungging’ yang terletak di kawasan Museum Wasaka Perjuangan, atau tepatnya di Bawah Jembatan Sungai Jingah (Jembatan Banua Anyar,red).

Soal harga, jajanan di sini tak akan bikin kantong jebol. Seporsi Katupat Batumis hanya dibanderol Rp10.000, itu jika katupatnya dicampur. Tapi, kalau Katupatnya dipisah, dihargai Rp8000.

Baca Juga: Resep Membuat Beef Teriyaki ala HokBen

Sedangkan untuk sate hanya Rp1000 per tusuknya. Sate telur puyuh Rp2000 dan tempe goreng cuma dihargai Rp500 per potong, murah meriah kan?

Bukan hanya harga murah dan rasa istimewa, menikmati seporsi katupat batumis dan beberapa masakan khas bahari lainnya di Wamarung Baimbai tersebut juga menjanjikan suasana berbeda bagi para pengunjung.

Terletak di bawah Jembatan Sungai Jingah Jalan Pahlawan Banjarmasin Utara. Lokasinya juga sangat dekat dar0i situs bersejarah yang melegenda di Banjarmasin, Museum Wasaka.

Dengan konsep ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan semilirnya angin dan gemericik suara riak air Sungai Martapura.

Bagi Anda yang mau berkunjung, Wisata Kuliner Wasaka dan Mawarung Baimbai hanya buka pada Sabtu saja loh. Mulai pukul 15.00 hingga pukul 20.00 wita.

Baca Juga:  Mengapa Food Court Selalu Menempati Lantai Paling Atas Mal?

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Cara Maksimalkan Perlindungan Akun di Media Sosial
apahabar.com

Gaya

Obat Favipiravir Tunjukkan Hasil Memuaskan untuk Covid-19
apahabar.com

Gaya

Obati Pasien Covid-19, China Tak Pakai Hydroxychloroquine
apahabar.com

Gaya

Garangnya Penampilan Jimny dengan Konsep Black Bison Edition

Gaya

Banyak Penderita Diabetes Tidak Sadar
apahabar.com

Gaya

Arloji Pintar OPPO Segera Masuk Indonesia

Gaya

Toyota Mah Bebas, Apapun Ubahan Avanza #PastiLaku
apahabar.com

Gaya

Tempe Geletot atau Tempe Isi Sambal, Renyah Pedas Menggoda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com