Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Dianggap Bocorkan Rahasia Militer, Surat Kabar Nigeria Digerebek Tentara

- Apahabar.com Senin, 7 Januari 2019 - 16:58 WIB

Dianggap Bocorkan Rahasia Militer, Surat Kabar Nigeria Digerebek Tentara

Tentara Nigeria. Foto-Reuters

apahabar.com, ABUJA – Tentara Nigeria menggerebek kantor-kantor surat kabar Daily Trust dan menahan dua jurnalisnya menyusul dipublikasikannya sebuah artikel mengenai pertempuran antara militer Nigeria dengan kelompok ekstremi Islam di timur laut negara itu. Daily Trust dituding telah membocorkan rahasia militer Nigeria dalam laporan tersebut.

Diwartakan Reuters, Senin (7/1/2019) Daily Trust menerbitkan foto-foto di laman jejaringnya tentang tentara bersenjata yang menyerbu kantor pusatnya di ibukota, Abuja. Surat kabar itu juga mengatakan militer telah menutup kantornya di kota timur laut Maiduguri setelah menangkap seorang editor regional dan seorang wartawan.

Baca Juga: Tambang Emas di Afghanistan Runtuh, 30 Orang Tewas Tertimbun

Dalam pernyataan yang disampaikan melalui surel, tentara Nigeria mengatakan bahwa Daily Trust telah memublikasikan sebuah artikel pada Minggu yang “Membocorkan informasi militer rahasia, sehingga membahayakan keamanan nasional”.

Dikatakan bahwa para wartawan itu ditangkap agar mereka menyadari pentingnya keamanan nasional dan bukan karena militer bermaksud membungkam pers. Pernyataan itu dikeluarkan beberapa jam setelah presiden mengomentari penggerebekan itu.

“Pemerintah Federal telah mengarahkan militer untuk mengosongkan bangunan @daily_trust dan perintah telah dipatuhi,” demikian disampaikan Juru Bicara Kepresidenan Nigeria, Garba Shehu melalui Twitter.

“Masalah antara militer dan surat kabar karena mereka mempengaruhi liputan perang di Timur Laut akan diselesaikan melalui dialog,” tambahnya.

Nigeria terlibat pertempuran dengan kelompok teror ekstremis Boko Haram sejak 2009. Kelompok teror yang telah bersumpah setia kepada ISIS tersebut telah menewaskan lebih dari 30.000 orang sejak pertempuran dimulai.

Baca Juga: Akhiri Perang Dagang, AS dan China Gelar Pertemuan di Beijing

Sumber: Okenews.com
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Penumpang Ini Lahirkan Bayinya dalam Penerbangan ke Istanbul
apahabar.com

Global

Makam Pendeta Agung Berusia 4.400 Tahun Ditemukan, Begini Penampakannya
apahabar.com

Global

Robot Penjelajah China Bersiap Mendarat di Titik Terjauh Bulan
apahabar.com

Global

PBB: Dua Peluncur Rudal Ditemukan di Yaman, Diduga Dari Iran
apahabar.com

Global

35 Jam Tertimbun Reruntuhan Bangunan, Bayi 11 Bulan Ditemukan Hidup
apahabar.com

Global

Pemeran Hope di Ant-Man and The Wasp, Tampil Berhijab
apahabar.com

Global

Pemerintah Cina Bayar Pelapor Konten Illegal Hingga Rp 1,2 Miliar
apahabar.com

Global

Hindari Ancaman Taliban, ‘Messi Kecil’ dari Afganistan Terpaksa Mengungsi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com