Sekolah Tatap Muka di Kalsel, Banyak Laporan Kekhawatiran Ortu Rontok Lagi! Bawaslu RI Tolak Laporan Keberatan Denny Indrayana Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Belum Tentu Dibekap Sang Ibu, Biang Kematian 2 Bocah Benawa HST Jadi Misteri 16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin

Film Animasi Pendek Google Masuk 10 Besar Oscar, ini Curhatan Animatornya

- Apahabar.com Jumat, 4 Januari 2019 - 11:45 WIB

Film Animasi Pendek Google Masuk 10 Besar Oscar, ini Curhatan Animatornya

Ilustrasi animasi. Foto-uzone.id

apahabar.com, BANJARMASIN – Siapa bilang perusahaan teknologi nggak bisa berkarya di bidang lain seperti film? Melalui platform mobile Google Spotlight Stories, ada karya film animasi pendek yang disutradarai oleh animator John Kahrs. Film ini telah tercatat masuk 10 besar kandidat nominasi Oscar.

Judulnya ‘Age of Sail’. Film animasi pendek ini durasinya hanya 12 menit. Berhasil lolos ke 10 besar kandidat penghargaan Academy Awards dari 81 film dari seluruh dunia, ‘Age of Sail’ memiliki cerita unik dan tentunya teknik pembuatan yang hi-tech.

Gimana nggak, dilansir dari technology.uzone.id, film ini dikembangkan agar bisa dinikmati melalui perangkat Virtual Reality (VR). Kebayang ‘kan, penonton bisa tenggelam seperti apa?

Dengan latar tahun 1990, film ini secara singkat bercerita tentang seorang pelaut tua (suara Ian McShane) yang menyelamatkan seorang perempuan yang jatuh dari kapal pesiar. Sudah pasti animasi yang dibikin penuh dengan gerakan air laut, gelombang, suara di laut lepas, dan lain sebagainya.

Mengutip berbagai sumber, Kahrs membeberkan beberapa hal tentang pembuatan film ini.

“Penggambaran latar cerita di laut lepas benar-benar bisa membawa drama tersendiri. Jadi menurut saya, film ini akan keren jika bisa disaksikan melalui perangkat VR, di mana ombak dan suasana laut bisa terasa nyata,” ucap Kahrs.

apahabar.com

John Kahrs saat memenangkan Oscar tahun 2012. Foto-net

Dari situ, Kahrs memelajari hasil karya berbasis VR di Google Spotlight terdahulu seperti ‘Pearl’ dan ‘Duet’. Ngomong-ngomong, Google Spotlight Stories ini adalah salah satu proyek unggulan dari tim Advanced Technology and Projects (ATAP) Google.

Kahrs yang sebelumnya sudah pernah memboyong pulang piala Oscar berkat karya animasi pendek berjudul ‘Paperman’ pada 2012 ini kemudian belajar kreativitas animasi low polygon dan membangun gambar secara real-time. Tak lupa juga tentang sifat dasar cerita khas VR yang bernuansa claustrophobic. Ia mengaku sangat sulit menciptakan gerakan ombak laut agar tampak nyata.

Baca Juga: Marion Jola Jadi Tamu Mnet Asian Music Awards 2018

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Film

Hari Ini Dilan 1991 Serentak Tayang di Bioskop, Cek Jadwal Nobar di Kota Anda!
apahabar.com

Film

Aktor Senior Torro Margens Meninggal Dunia
apahabar.com

Film

Wow, Ada Biaya Hingga Rp 14 M di Kostum ‘Shazam!’
apahabar.com

Film

Jika Sudah Meninggal, Chow Yun Fat Sumbang Seluruh Hartanya Senilai Rp10,36 T
apahabar.com

Film

Daftar Pemenang Piala Citra FFI 2018
apahabar.com

Film

Poster Anyar  ‘Captain Marvel’ Disebut Mirip Kisah ‘Dragon Ball’
apahabar.com

Film

Lima Rekomendasi Film di Akhir Pekan
apahabar.com

Film

“Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212” Meraih Nominasi Terbanyak di Piala Maya 2019
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com