Tepat di Hari Anti Korupsi Sedunia, Kades Dadahup Kapuas Ditahan KPK Telisik Keperluan Pribadi Bupati HSU, Jamela Beri Klarifikasi Lantik Sekdakot Banjarmasin, Ibnu Sina Beri Ikhsan Budiman Sederet PR Bukan Pepesan Kosong, Kades Se-Amuntai Sweeping Truk Conch! Terkesan Plin-plan, PPKM Level 3 Nataru Batal, Kalsel Perlu Lakukan Ini

Gubernur: Komplain Jaringan Internet di Kaltara Turun Signifikan

- Apahabar.com     Senin, 28 Januari 2019 - 07:00 WITA

Gubernur: Komplain Jaringan Internet di Kaltara Turun Signifikan

Ilustrasi internet masuk desa. Foto-Istimewa

apahabar.com, TARAKAN – Gubernur Kaltara Irianto Lambrie memastikan, komplain masalah jaringan internet oleh masyarakat mengalami penurunan signifikan.

Gubernur mengatakan, pengembangan dan pembangunan infrastruktur di wilayah Provinsi Kalimantan Utara, terus mengalami peningkatan yang signifikan.

“Tak hanya infrastruktur fisik, infrastruktur telekomunikasi pun maju pesat,” ujarnya dikutip dalam laman resmi Pemprov Kaltara, Minggu (27/1).

Baca Juga: Korsel Bakal Hibahkan Rp 8,5 Miliar, China Lirik Investasi di Kaltara

Menurutnya, untuk urusan jaringan internet kini masyarakat Kaltara sudah mulai menikmati akses dengan kecepatan yang tinggi juga relatif stabil.

“Dari laporan PT Telkom, 3 jaringan backbone IGG (Indonesia Global Gateway) bawah laut sudah beroperasi,” ungkapnya.

Ketiga jaringan backbone dimaksud, yakni LIGG Tarakan-Balikpapan dengan jenis backbone bawah laut dengan panjang kabel sekitar 750 kilometer berkapasitas 10 x 10 Gbps, IGG Nunukan-Tarakan (kabel laut), dengan panjang kabel sekitar 80 kilometer berkapasitas 10 x 10 Gbps dan IGG Tanjung Selor (Bulungan)-Tarakan berjenis kabel laut dan kabel darat sepanjang sekitar 185 kilometer berkapasitas 5 x 10 Gbps.

“Menurut informasi pihak Telkom komplain masyarakat, khususnya pengguna internet di wilayah Kaltara mengalami penurunan yang signifikan.

Bahkan, apabila terjadi trouble pada IGG submarine itu, masih bisa di-backup dengan sistem gelombang radio,” jelas Gubernur.

Gubernur melanjutkan, Telkom juga tengah melakukan pembangunan jaringan backbone untuk jalur Tanjung Selor (Bulungan)-Tana Tidung-Malinau melalui jalur darat. Panjang kabel yang dibutuhkan sekitar 185 kilometer.

“Ditargetkan minimal Maret tahun ini sudah dapat selesai dibangun. Nah, kapasitasnya sekitar 10 x 10 Gbps. Diharapkan dengan terbangunnya jaringan backbone tersebut, maka pelayanan akses internet untuk wilayah Bulungan, Tana Tidung dan Malinau akan menjadi lebih andal,” jelasnya.

Dengan kata lain, kemudahan pelayanan informasi yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara akan semakin mudah diakses masyarakat di Kaltara.

Dengan begitu, maka beragam informasi yang menyentuh langsung kepada pelayanan publik akan semakin cepat diperoleh, dan semakin cepat pula ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

“Dengan program yang dilakukan Telkom ini, saya sangat mendukung upaya tersebut. Tentunya, dengan harapan kemajuan teknologi informasi yang tersedia ini akan semakin mencerdaskan masyarakat Kaltara, juga mempercepat pembangunan di Kaltara,” ujarnya mengakhiri.

Baca Juga: Dekranas Jadikan UMKM Perbatasan Prioritas Pengembangan

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

Korsel Bakal Hibahkan Rp 8,5 Miliar, China Lirik Investasi di Kaltara
apahabar.com

Kaltara

Rp30 M untuk Lanjutan Pengembangan Pelabuhan Tengkayu I
apahabar.com

Kaltara

Nakes Banyak Tertular Covid-19, Pembatasan RSUD Tarakan Diperpanjang
Tarakan

Kaltara

Tak Perlu Uang Kembalian, BI Dorong Transaksi QRIS di Perbatasan Malaysia
apahabar.com

Kaltara

Ekspor Non Migas Kaltara ke India Naik 157,87 Persen
apahabar.com

Kaltara

Ditargetkan 3 Bulan, Politeknik Nunukan jadi PTN
apahabar.com

Kaltara

Terbaik I Nasional, Kaltara Berpeluang Terima Dana Insentif Pusat
apahabar.com

Kaltara

Dekranas Jadikan UMKM Perbatasan Prioritas Pengembangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com