CEK FAKTA: Covid-19 Jadi Ladang Bisnis RS di Banjarmasin? Duh, Zona Hitam Covid-19 di Banjarmasin Bertambah! Selama Pandemi, Biaya Operasional Bekantan Kalsel Kian Melonjak Belasan Warga Kalsel Terimbas Penyusutan Karyawan Lion Air KPK OTT Bupati Kutai Timur dan Istrinya di Jakarta




Home Kaltara

Senin, 28 Januari 2019 - 07:00 WIB

Gubernur: Komplain Jaringan Internet di Kaltara Turun Signifikan

Redaksi - Apahabar.com

Ilustrasi internet masuk desa. Foto-Istimewa

Ilustrasi internet masuk desa. Foto-Istimewa

apahabar.com, TARAKAN – Gubernur Kaltara Irianto Lambrie memastikan, komplain masalah jaringan internet oleh masyarakat mengalami penurunan signifikan.

Gubernur mengatakan, pengembangan dan pembangunan infrastruktur di wilayah Provinsi Kalimantan Utara, terus mengalami peningkatan yang signifikan.

“Tak hanya infrastruktur fisik, infrastruktur telekomunikasi pun maju pesat,” ujarnya dikutip dalam laman resmi Pemprov Kaltara, Minggu (27/1).

Baca Juga: Korsel Bakal Hibahkan Rp 8,5 Miliar, China Lirik Investasi di Kaltara

Menurutnya, untuk urusan jaringan internet kini masyarakat Kaltara sudah mulai menikmati akses dengan kecepatan yang tinggi juga relatif stabil.

“Dari laporan PT Telkom, 3 jaringan backbone IGG (Indonesia Global Gateway) bawah laut sudah beroperasi,” ungkapnya.

Ketiga jaringan backbone dimaksud, yakni LIGG Tarakan-Balikpapan dengan jenis backbone bawah laut dengan panjang kabel sekitar 750 kilometer berkapasitas 10 x 10 Gbps, IGG Nunukan-Tarakan (kabel laut), dengan panjang kabel sekitar 80 kilometer berkapasitas 10 x 10 Gbps dan IGG Tanjung Selor (Bulungan)-Tarakan berjenis kabel laut dan kabel darat sepanjang sekitar 185 kilometer berkapasitas 5 x 10 Gbps.

“Menurut informasi pihak Telkom komplain masyarakat, khususnya pengguna internet di wilayah Kaltara mengalami penurunan yang signifikan.

Bahkan, apabila terjadi trouble pada IGG submarine itu, masih bisa di-backup dengan sistem gelombang radio,” jelas Gubernur.

Gubernur melanjutkan, Telkom juga tengah melakukan pembangunan jaringan backbone untuk jalur Tanjung Selor (Bulungan)-Tana Tidung-Malinau melalui jalur darat. Panjang kabel yang dibutuhkan sekitar 185 kilometer.

“Ditargetkan minimal Maret tahun ini sudah dapat selesai dibangun. Nah, kapasitasnya sekitar 10 x 10 Gbps. Diharapkan dengan terbangunnya jaringan backbone tersebut, maka pelayanan akses internet untuk wilayah Bulungan, Tana Tidung dan Malinau akan menjadi lebih andal,” jelasnya.

Dengan kata lain, kemudahan pelayanan informasi yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara akan semakin mudah diakses masyarakat di Kaltara.

Dengan begitu, maka beragam informasi yang menyentuh langsung kepada pelayanan publik akan semakin cepat diperoleh, dan semakin cepat pula ditindaklanjuti oleh pihak terkait.

“Dengan program yang dilakukan Telkom ini, saya sangat mendukung upaya tersebut. Tentunya, dengan harapan kemajuan teknologi informasi yang tersedia ini akan semakin mencerdaskan masyarakat Kaltara, juga mempercepat pembangunan di Kaltara,” ujarnya mengakhiri.

Baca Juga: Dekranas Jadikan UMKM Perbatasan Prioritas Pengembangan

Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

Hore, Insentif Guru dan Penyuluh di Kaltara Cair
apahabar.com

Kaltara

Realisasi Dana Hibah 2018 Kaltara Capai 94,83 Persen
apahabar.com

Kaltara

Siap-Siap, Kaltara Buka Pemagangan Ratusan Calon Naker
apahabar.com

Kaltara

Hilang Saat Bersihkan Ikan, Pemuda di Kaltara Tewas Tenggelam
apahabar.com

Kaltara

Mei, Inflasi Kaltara Tembus 0,77 Persen

Kaltara

Ribuan Rumah Warga Tak Mampu di Kaltara Bakal Direhab
apahabar.com

Kaltara

Ratusan Warga Miskin di Kaltara Dikucur Rp 2,3 M
apahabar.com

Kaltara

Pilpres dan Hari Besar Keagamaan Beri Angin Sejuk Sisi Timur Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com