UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

Gunung Agung Bali Siaga III

- Apahabar.com Sabtu, 19 Januari 2019 - 09:00 WIB

Gunung Agung Bali Siaga III

Ilustrasi Gunung Agung Erupsi. Foto-Dok. REUTERS

apahabar.com, JAKARTA – Gunung Agung di Bali kembali erupsi hari ini, Sabtu (19/1) pukul 02.45 WITA. Warga sekitar diminta menjauh dengan radius 4 km dan tidak melakukan aktivitas di area gunung.

“Telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada tanggal 19 Januari 2019 pukul 02.45 WITA, namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi ± 2 menit 8 detik,” demikian bunyi keterangan resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) seperti dikutif detikcom, Sabtu (19/1/2019).

Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Agung menyatakan status Gunung Agung masuk ke level Siaga III. Masyarakat diimbau tidak beraktivitas di zona bahaya. PVMBG menjelaskan erupsi terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dengan durasi 4 menit 26 detik.

Baca Juga: Gempa M 5,0 Guncang Tapanuli Utara, Warga Panik

“Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 Km dari Kawah Puncak Gunung Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru,” tulis PVMBG.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung juga diminta waspada. Sebab, ada potensi ancaman bahaya berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi, terutama pada musim hujan. Area landaan aliran lahar hujan akan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Editor: Syarif

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Hari Kedua PSBB, Jakarta Lengang

Nasional

Hari Kedua PSBB, Jakarta Lengang
apahabar.com

Nasional

BNPB Gunakan “Drone” Pantau Dampak Tsunami Selat Sunda
apahabar.com

Nasional

Kemen PPPA Terus Kawal Kasus Penyebaran Video Porno di Tasikmalaya
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi: Meski Vaksin Sudah Ada Tetap Harus Disiplin Prokes 3M
apahabar.com

Nasional

Catatan Akhir Tahun 2019 PWI: Tegakkan Independensi dan Profesionalisme Pers
apahabar.com

Nasional

Jokowi Kecam Keras Penembakan di Masjid Selandia Baru
apahabar.com

Nasional

Gempa Magnitudo 6,1 di Pulau Alor
apahabar.com

Nasional

Gempa M 5,0 Guncang Tapanuli Utara, Warga Panik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com