Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Korban Jiwa, Warga HST Tewas Cara Nonton Live Streaming Liga Champions Chelsea vs Sevilla di SCTV & Vidio.com Malam Ini 7 Pemuda Diamankan Saat Demo di Banjarmasin, Polisi: Mereka Mabuk Gaduk Sudah Minta Maaf, Sekda Tala Tetap Dipolisikan

Ingat! Terhitung Hari Ini Bagasi Lion Tak Lagi Gratis

- Apahabar.com Selasa, 22 Januari 2019 - 13:57 WIB

Ingat! Terhitung Hari Ini Bagasi Lion Tak Lagi Gratis

Seiring capaian positif itu, di akhir 2018 ini, AP 1 menarget pembangunan Gedung Terminal mencapai 31 persen. Sementara, untuk infrastruktur ditarget mencapai 65 persen. Foto-RRI

apahabar.com, JAKARTA – Terhitung hari ini, bagasi milik maskapai Lion Air tak lagi digratiskan. Lion Air Group mulai menerapkan tarif bagasi mulai, Selasa (22/1/2019). Dengan demikian, kelebihan barang bawaan penumpang di atas 7 kg dikenakan biaya.

“Iya hari ini (berlaku) tanggal 22, sesuai dengan ini Pak Menteri kemarin, ditunda sampai tanggal 22,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hengki Angkasawan dikutip dari Detik.com.

Menurutnya, baru Lion Air yang menerapkan bagasi berbayar ini. Sementara, maskapai berbiaya murah lain seperti Citilink belum menerapkan tarif bagasi tersebut. Citilink sendiri sebelumnya juga mewacanakan tarif bagasi mengikuti jejak Lion Air.

“Baru Lion yang SOP-nya sudah di-approve oleh Bu Dirjen. Citilink belum,” paparnya.

“Di atas 7 kg dikenakan bagasi. Lion aja yang LCC (low cost carrier) aja, yang medium service sama full service nggak masuk, hanya LCC aja,” ujarnya.

Baca Juga: Kebijakan Lion Air Group Bak Bumerang

Pemerintah tak bisa melarang maskapai berlogo singa itu untuk menerapkan tarif bagasi. Dia bilang, maskapai memang boleh menarik tarif bagasi.

“Kalau dari kita LCC memang diperbolehkan menarik bagasi yang dia free 7 kg. Bagi pemerintah apapun keputusan maskapai untuk mengedukasi juga masyarakat. Jadi kalau berpergian cuma 2 hari masa bawanya sampai 20 kg, itu saja yang kita inginkan untuk masyarakat memahami bagaimana perjalanan kita juga efektif,” ujarnya.

Sebelumnya dipastikan kebijakan bagasi berbayar tersebut tidak bertentangan dengan regulasi yang ada. Maskapai Lion Air dan Wings Air telah melakukan sosialisasi selama dua minggu.

“Karena, memang sesuai regulasi dan sudah dilakukan sosialisasi selama dua minggu, ya memang mesti berlaku,” kata Budi dikutip dari Viva.

Dikatakan salah satu tujuan sosialisasi bagasi berbayar itu agar antrean saat check in tak terjadi dan masyarakat sudah memahaminya. Budi pun menilai, maskapai sudah memiliki persiapan yang matang.

Baca Juga: Tak Lagi Gratis, Ini Tarif Bagasi Lion

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Ekonom Kalsel: Bagasi Pesawat Berbayar Berpotensi Matikan Usaha Kecil

Ekbis

Luffy Siap Beraksi di Game Terbaru One Piece
apahabar.com

Ekbis

Bulog Luncurkan Toko Online PangananDotcom
apahabar.com

Ekbis

Ketum Hipmi: UU Cipta Kerja Tumbuhkan UMKM dan Buka Lapangan Kerja
apahabar.com

Ekbis

Perlahan, Rupiah Mulai Menguat
apahabar.com

Ekbis

Rupiah Berpotensi Tertekan Hari Ini, Dipicu Tinggi Kasus Covid-19
apahabar.com

Ekbis

Dolar Berubah Tipis di Perdagangan Jelang Libur Natal
apahabar.com

Ekbis

Ekspor Sawit Indonesia Turun 77 Persen, Apakah Imbas Korona?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com