ga('send', 'pageview');
Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan Covid-19 di Bappeda Kalsel: Puluhan Positif, Satu Meninggal Dunia Tragedi Ledakan Berantai di Beirut: Puluhan Tewas, Ribuan Luka-Luka, Satu WNI Isu Save Meratus Mencuat, Konsesi PT MCM Masih Ada di HST




Home Ekbis

Selasa, 22 Januari 2019 - 13:57 WIB

Ingat! Terhitung Hari Ini Bagasi Lion Tak Lagi Gratis

Redaksi - apahabar.com

Seiring capaian positif itu, di akhir 2018 ini, AP 1 menarget pembangunan Gedung Terminal mencapai 31 persen. Sementara, untuk infrastruktur ditarget mencapai 65 persen. Foto-RRI

Seiring capaian positif itu, di akhir 2018 ini, AP 1 menarget pembangunan Gedung Terminal mencapai 31 persen. Sementara, untuk infrastruktur ditarget mencapai 65 persen. Foto-RRI

apahabar.com, JAKARTA – Terhitung hari ini, bagasi milik maskapai Lion Air tak lagi digratiskan. Lion Air Group mulai menerapkan tarif bagasi mulai, Selasa (22/1/2019). Dengan demikian, kelebihan barang bawaan penumpang di atas 7 kg dikenakan biaya.

“Iya hari ini (berlaku) tanggal 22, sesuai dengan ini Pak Menteri kemarin, ditunda sampai tanggal 22,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hengki Angkasawan dikutip dari Detik.com.

Menurutnya, baru Lion Air yang menerapkan bagasi berbayar ini. Sementara, maskapai berbiaya murah lain seperti Citilink belum menerapkan tarif bagasi tersebut. Citilink sendiri sebelumnya juga mewacanakan tarif bagasi mengikuti jejak Lion Air.

Baca juga :  Menkeu: Indonesia Belum Alami Resesi

“Baru Lion yang SOP-nya sudah di-approve oleh Bu Dirjen. Citilink belum,” paparnya.

“Di atas 7 kg dikenakan bagasi. Lion aja yang LCC (low cost carrier) aja, yang medium service sama full service nggak masuk, hanya LCC aja,” ujarnya.

Baca Juga: Kebijakan Lion Air Group Bak Bumerang

Pemerintah tak bisa melarang maskapai berlogo singa itu untuk menerapkan tarif bagasi. Dia bilang, maskapai memang boleh menarik tarif bagasi.

“Kalau dari kita LCC memang diperbolehkan menarik bagasi yang dia free 7 kg. Bagi pemerintah apapun keputusan maskapai untuk mengedukasi juga masyarakat. Jadi kalau berpergian cuma 2 hari masa bawanya sampai 20 kg, itu saja yang kita inginkan untuk masyarakat memahami bagaimana perjalanan kita juga efektif,” ujarnya.

Baca juga :  Ada Sentimen Global, Rupiah Berpeluang Menguat

Sebelumnya dipastikan kebijakan bagasi berbayar tersebut tidak bertentangan dengan regulasi yang ada. Maskapai Lion Air dan Wings Air telah melakukan sosialisasi selama dua minggu.

“Karena, memang sesuai regulasi dan sudah dilakukan sosialisasi selama dua minggu, ya memang mesti berlaku,” kata Budi dikutip dari Viva.

Dikatakan salah satu tujuan sosialisasi bagasi berbayar itu agar antrean saat check in tak terjadi dan masyarakat sudah memahaminya. Budi pun menilai, maskapai sudah memiliki persiapan yang matang.

Baca Juga: Tak Lagi Gratis, Ini Tarif Bagasi Lion

Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Tiket Garuda Turun Jadi Rp 999.999
apahabar.com

Ekbis

Lenovo Rilis Ponsel Pertama Snapdragon 855 dan RAM 12GB Januari Mendatang
apahabar.com

Ekbis

Anjlok, Harga Batu Bara Terendah dalam 3 Tahun Terakhir
apahabar.com

Ekbis

Nilai Tukar Petani Kalsel Turun, Harga Produsen Gabah Naik
apahabar.com

Ekbis

Samsung Indonesia Jamin Semua IMEI Sudah Terdaftar

Ekbis

Sepanjang Januari, Pertamina Sudah Skorsing Dua Agen ‘Nakal’ di Kalimantan Selatan
apahabar.com

Ekbis

Akibat Corona, Pertumbuhan Global Kuartal I 2020 Bakal Terpukul
apahabar.com

Ekbis

Deputi BI Berharap Darul Hijrah Jadi Pondok Mentor di Kalimantan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com