Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Ini 5 Destinasi Wisata di Papua yang Menarik Untuk Dikunjungi

- Apahabar.com Kamis, 31 Januari 2019 - 08:19 WIB

Ini 5 Destinasi Wisata di Papua yang Menarik Untuk Dikunjungi

Raja Ampat. Foto-explorewisata.com

apahabar.com, PAPUA – Jika Anda berpikir Indonesia tak lebih menarik dari negara-negara di Eropa sana, cobalah berkunjung ke tanah Papua. Pulau di paling timur Indonesia itu memiliki segala keindahan alam yang tak habis Anda jelajahi.

Tak hanya alamnya yang kaya, Papua juga menyimpan kearifan budaya lokal yang masih bertahan di zaman serba modern ini. Menjelajahi Papua tentunya akan menjadi sebuah pengalaman menarik yang bisa Anda ceritakan ke keluarga dan teman.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Seru di Malaysia yang ‘Wajib’ Dikunjungi

Dikutip dari shopback Indonesia, Papua menyimpan ragam keindahan yang memesona, baik itu yang terletak di darat maupun di laut. Karena sedikitnya akses, beberapa tempat wisata di Papua sampai saat ini masih sangat alami dan terjaga. Sehingga worth it banget untuk kamu kunjungi dan nikmati keindahan alamnya. Penasaran? Yuk, dicek 5 tempat wisata di Papua berikut ini.

1. Lembah Baliem

apahabar.com

Lembah Baliem. Foto-travel.detik.com

Berlokasi di sekitar pegunungan Jayawijaya, Lembah Baliem ditinggali oleh tiga suku asli Papua yaitu suku Lani, Dani, dan Yali. Sehingga nanti ketika kamu bertandang ke sini, kamu akan mendapati bahwa warga Lembah Baliem masih menggunakan pakaian tradisional Papua, yaitu koteka dan rumbai.

Setiap tahunnya, Lembah Baliem bakal ramai dikunjungi wisatawan saat festival adat yang diadakan setiap bulan Agustus.

Festival adat ini dilangsungkan selama 3 hari dan diselenggarakan atas inisiatif pemerintah setempat. Oleh karenanya, jika kamu hendak mengunjungi Lembah Baliem, datanglah pada saat lagi ramainya, yakni di bulan Agustus.

Jangan lupa untuk menyiapkan pakaian yang hangat sebelum kamu pergi ke Lembah Baliem. Pasalnya, pada malam hari suhu di sekitar lembah ini bisa mencapai 10 – 15 derajat celsius. Oh ya, gambar di atas itu adalah Sungai Baliem, lho! Mirip Sungai Amazon, ya?

2. Raja Ampat, tempat wisata terpopuler di Papua belakangan ini

apahabar.com

Raja Ampat. Foto-tripgabungan.com

Pesona keindahan Raja Ampat memang sudah cukup populer di kalangan wisatawan, baik dari Indonesia maupun mancanegara. Raja ampat merupakan daerah yang terdiri dari gugus-gugus pulau kecil dan besar yang terbentang memperelok keindahannya.

Selain gugusan pulaunya yang indah, Raja Ampat juga memiliki ragam kekayaan biota laut yang bisa kamu nikmati saat menyelam. Oh ya, sebelum kamu pulang, jangan lupa untuk membawa souvenir maupun oleh-oleh yang bisa kamu beli disekitar kawasan Raja Ampat, ya!

3. Teluk Cendrawasih

apahabar.com

Teluk Cendrawasih. Foto-mongabay.co.id

Teluk Cendrawasih merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang diresmikan pada tahun 1993. Teluk ini memiliki luas yang mencapai lebih dari 1,4 juta hektar dengan 90% wilayahnya berupa air. Karena luasnya inilah yang menyebabkan Teluk Cendrawasih sempat dinobatkan sebagai kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia.

Teluk Cendrawasih sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai tempat diving. Pasalnya, disini terdapat ragam flora dan fauna bawah laut yang menarik untuk kamu lihat. Bahkan, tak jarang lho teluk ini disinggahi oleh hewan laut berukuran besar yaitu whale shark atau hiu paus. Selain sebagai tempat wisata, teluk ini rupanya berfungsi juga sebagai pusat penelitian hiu paus di Papua.

4. Desa Sauwandarek

apahabar.com

Desa Sauwandarek. Foto-detikinfo.com

Kamu yang tengah berkunjung ke Raja Ampat, jangan lupa untuk ikut bertandang juga ke Desa Sauwandarek. Pasalnya, ada objek wisata Desa Sauwandarek yang masih ditempati oleh suku asli pesisir Papua yang bisa kamu kunjungi. Di desa ini kamu bisa meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan penduduk setempat atau membeli kerajinan asli penduduk yang berupa tas dan topi dari daun pandan laut.

5. Danau Sentani

apahabar.com

Danau Sentani. Foto-indonesiaituindah.com

Danau sentani merupakan danau terbesar di Papua dengan luas mencapai 9.000 hektar. Danau ini memiliki keindahan yang memesona dan menarik untuk kamu lihat, terutama pemandangan pulau berwarna hijau muda yang berdiri kokoh mengelilingi Danau Sentani.

Jika kamu ingin menikmati pesona danau ini secara maksimal, maka sangat disarankan untuk menyewa perahu yang ada di sekitar danau. Nah, kalau sudah merasa capek dan lapar, kamu bisa mengisi perutmu dengan ragam sajian kuliner yang bisa dibeli di pesisir danau.

Tak hanya Pulau Jawa yang menyimpan berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Faktanya, di kawasan timur Indonesia, tepatnya di papua, juga memiliki beberapa tempat wisata yang indah dan menarik. Beberapa di antaranya adalah 5 tempat wisata di papua tadi yang cocok kamu tandangi saat liburan nanti.

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Alam Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi Tahun Ini

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Xiaomi Bakal Rilis Redmi Note 9 Akhir Bulan Ini
apahabar.com

Gaya

Pakasam atau Iwak Samu Khas Urang Banjar, Gurih dan Segar
apahabar.com

Gaya

Besok, Festival Kuliner Banjar Digelar
apahabar.com

Gaya

Memilih Makanan Sahur agar Tetap Bugar selama Berpuasa, Berikut Tipsnya
apahabar.com

Gaya

5 Kunci Menjaga Keamanan Makanan
apahabar.com

Gaya

WhatsApp Gulirkan Pembaruan Via Google Play Beta Program, Silakan Coba
apahabar.com

Gaya

Fantastis, Kerangka Kursi Berusia 300 Tahun Laku Rp20 M
apahabar.com

Gaya

Kawasaki Ninja ZX-25R Segera Hadir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com