VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Ini Kata Ustaz Abu Bakar Ba’asyir Setelah Bebas

- Apahabar.com Jumat, 18 Januari 2019 - 19:02 WIB

Ini Kata Ustaz Abu Bakar Ba’asyir Setelah Bebas

Yusril Ihza Mahendra menjenguk Abubakar Baasyir di LP Gunung Sindur. Foto/cnnindonesia.com

apahabar.com, BOGOR – Setelah menunggu sekian lama, akhirnya Ustaz Abu Bakar Ba’asyir hari ini bebas dari Lapas Gunung Sindur, Bogor. Baasyir mengucapkan rasa syukur ke hadirat Allah atas pembebasannya dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengambil inisiatif pembebasan dirinya.

Kepada juru rawat yang memeriksa kakinya yang sakit, Baasyir mengatakan “Pak Yusril ini saya kenal sejak lama. Beliau ini orang berani, sehingga banyak yang memusuhinya. Tetapi saya tahu, beliau menempuh jalan yang benar,” kata Ba’asyir, di Lapas Gunung Sindur, seperti dikutip dari Republika.com, Jumat (18/1).

Ustaz Baasyir sendiri meminta waktu setidaknya tiga hari untuk membereskan barang-barangnya yang ada di sel penjara. Setelah bebas, Ba’asyir akan pulang ke Solo dan akan tinggal di rumah anaknya, Abdul Rahim.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang yang juga penasihat hukum pasangan Jokowi-Ma’ruf mengklaim, berhasil meyakinkan Presiden Joko Widodo untuk membebaskan Ustaz Abu Bakar Ba’asyir dari LP Teroris Gunung Sindur, Bogor. Abu Bakar Baasyir sudah mendekam dalam LP selama sembilan tahun dari pidana lima belas tahun yang dijatuhkan kepadanya.

Menurut Yusril, Ustaz Abu Bakar Ba’asyir sudah saatnya menjalani pembebasan tanpa syarat-syarat yang memberatkan. Jokowi berpendapat bahwa Baasyir harus dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan.

Semua pembicaraan dengan Ustaz Abu Bakar Ba’asyir dilaporkan Yusril ke Presiden Joko Widodo, sehingga yakin bahwa cukup alasan untuk membebaskan Baasyir dari penjara. Karena itu Presiden Jokowi segera memerintahkan jajarannya untuk membebaskan napi teroris tersebut.

“Saya sangat menghormati para ulama. Saya tidak ingin ada ulama yang berlama-lama berada dalam lembaga pemasyarakatan,” jelas Yusril, saat ditemui di LP Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jumat (18/1).

Baca Juga: Yusril: Jokowi Segera Bebaskan Abu Bakar Ba’asyir

Sementara itu, dilansir dari cnnindonesia.com, Anak Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rohim mengatakan ayahnya bakal kembali berceramah setelah bebas. Kendati begitu, aktivitas ceramah Ba’asyir tidak akan seintensif dulu.

“Insyaallah, cuma karena kondisi kesehatan beliau ini kan sudah tidak seperti dahulu mungkin kegiatan tablig akan terbatas karena kesehatan atau fisiknya yang tidak memungkinkan seperti dahulu,” ujar Rohim.

Rohim mengatakan aktivitas ceramah yang tidak intensif itu bukan merupakan syarat kebebasan Ba’asyir. Ia menegaskan Ba’asyir sudah bebas murni dan tidak akan dikawal atau dijaga oleh aparat dalam setiap aktivitasnya.

“Tidak ada pembatasan karena ini sudah bebas murni artinya beliau sudah kembali sebagaimana warga biasa,” ujar Rohim.

Lebih lanjut, Rohim mengatakan, Ba’asyir akan tinggal bersama keluarganya di Pondok Pesantren Al Mukmin di Ngruki Sukoharjo, Jawa Tengah. Ba’asyir juga akan dijemput oleh keluarganya di hari kebebasannya nanti.

“Insyaallah beliau kalau sudah bebas tinggalnya di rumah kami insyaallah nanti,” ucap Rohim.

Seperti diketahui, Ustaz Abu Bakar Ba’asyir divonis bersalah dengan pidana 15 tahun penjara oleh Majelis Hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 2011.

Baasyir dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan menggerakkan orang lain dalam penggunaan dana untuk melakukan tindak pidana terorisme di Indonesia.

Baca Juga: Analis: Visi dan Misi Pasangan Calon Belum Sentuh Akar Persoalan

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi: Bila Data Tak Mendukung, Jangan Paksakan Terapkan Normal Baru
apahabar.com

Kalsel

Jejak Pejuang Banjar Ratu Zaleha Melawan Belanda, Sempat Terasing di Bogor
apahabar.com

Nasional

Jubir Pemerintah: Selama Belum Ada Vaksin, Kita Adaptasi Norma Baru
apahabar.com

Nasional

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Kunjungan dan Transit WNA ke Indonesia Dihentikan Sementara
apahabar.com

Nasional

Saksi Benarkan Adanya Money Politics dari Caleg di Banjarmasin
apahabar.com

Nasional

Nahas, Ibu Rumah Tangga Tewas Diterkam Buaya
apahabar.com

Nasional

Personel Brimob Sempatkan Salat Tarawih di Sela Tugas Pengamanan
apahabar.com

Nasional

Ada Wartawan Terpapar Corona, PWI Ingatkan Protap Peliputan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com