Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Jadi Penyebab Istri Ustaz Maulana Meninggal, Ini 4 Fakta Kanker Usus

- Apahabar.com Senin, 21 Januari 2019 - 14:10 WIB

Jadi Penyebab Istri Ustaz Maulana Meninggal, Ini 4 Fakta Kanker Usus

Ustaz Maulana dan istri. Foto/Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Ustaz Maulana akhirnya mengungkap penyebab meninggalnya sang istri, Nuraliyah M. Nur Maulana atau Ummi Naorah. Nuraliyah rupanya mengidap kanker usus. Dikutip dari detikHot, kanker yang menyerang istri pendakwah ini berlokasi di dekat anus. Kanker yang diderita istrinya bahkan sudah menjalar hingga paru-paru.

“Terus terang luar biasa istri saya, sosoknya sabar, sosoknya dermawan, baik dan perhatian. Dia taati semua keinginan saya di penuhi, aturan saya dia iyakan, saat mau dibikin ini dibantu dia tidak pernah berkata tidak, itulah isteri saya,” kata Ustaz Maulana mengenang sang istri.

Selain istri Ustaz Maulana, kanker usus juga menggerogoti kesehatan artis senior Titi Qadarsih. Mantan model ini meninggal dalam usia 73 tahun pada Senin (22/10/2018).

Menurut dokter ahli pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, kanker usus sebetulnya bisa dicegah bila diketahui sejak dini. Berikut beberapa hal yang harus diketahui seputar kanker usus dikutip dari berbagai sumber.

1.Diawali gangguan Buang Air Besar (BAB)

Dr Ari menjelaskan, serangan kanker usus menyebabkan pola BAB berubah dari kebiasaan sehari-hari. Frekuensi BAB bisa meningkat jadi diare, atau turun hingga mengalami kesulitan yang terjadi secara bergantian. Risiko terkena kanker usus pada pasien yang mengalami kesulitan BAB mencapai 2 kali lebih besar, namun sayangnya gejala ini kerap dianggap sebagai ambeien,

Pasien juga mengalami sakit perut berulang dan BAB yang kadang disertai pendarahan. Dikutip dari Web MD, darah pada BAB kadang tidak terdeteksi mata telanjang. BAB berdarah sebetulnya tak lantas mengindikasikan kanker. Namun masyarakat wajib waspada bila darah yang keluar cenderung makin banyak, yang disertai gejala kanker lainnya.

2.Dipengaruhi gaya hidup

Kanker usus memang lebih umum ditemukan pada pasien yang berusia lebih dari 50 tahun. Namun seiring waktu, usia pasien yang mengalami kanker usus semakin muda. Dikutip dari Cancer Treatment Centers of America, salah satu penyebabnya adalah penerapan gaya hidup yang tidak ramah kesehatan.

Salah satu faktor risiko kanker usus adalah konsumsi daging merah utuh atau siap saji, yang tidak diseimbangkan dengan konsumsi buah dan sayur. Faktor risiko lain adalah perokok aktif dan pasif, konsumsi alkohol, obesitas, serta mengalami diabetes.

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Komunitas Driver Mahligai Sehati Taati Aturan Main
apahabar.com

Gaya

Sasar Mahasiswa dan Perusahaan, Rumah Sambal Acan Raja Banjar Hadir Kemasan Kotak
apahabar.com

Gaya

Anda Harus Tahu, Batas Toleransi Tubuh pada Makanan Bersantan
apahabar.com

Gaya

Tetap Tampil Cantik saat Puasa, Berikut Tips Ala Beauty Advisor 
apahabar.com

Gaya

Selain Mesin, Kabel Motor Wajib Dirawat Saat Musim Hujan
apahabar.com

Gaya

Radja Pempek, Menyicipi Lezatnya Pempek Asli Palembang di Batulicin
apahabar.com

Gaya

Jangan Panik, Ini Tips Turunkan Demam Si Kecil
apahabar.com

Gaya

3 Mobil Pusaka Awal Kemerdekaan RI, Intip Sejarahnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com