Kobaran Api Kembali Gegerkan Warga Patmaraga Kotabaru Cara Cek Pengumuman CPNS 2019 Hari Ini, Login sscn.bkn.go.id, Berikut Website & Panduan Lengkapnya 150 Rumah Hangus Terbakar, Simak Kronologi Lengkap Kebakaran di Kotabaru Alasan Mengapa Api di Patmaraga Kotabaru 5 Jam Baru Padam Si Jago Merah Mengamuk di Kotabaru: Berkobar Berjam-jam, Ratusan Rumah Ludes Terbakar!

Jumlah Korban Akibat Pesawat Jatuh ‘Meningkat Drastis’ pada 2018

- Apahabar.com Rabu, 2 Januari 2019 - 10:58 WIB

Jumlah Korban Akibat Pesawat Jatuh ‘Meningkat Drastis’ pada 2018

Ilustrasi pesawat terbang.Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Jumlah korban meninggal dunia akibat pesawat jatuh meningkat drastis pada 2018 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Laporan Jaringan Keselamatan Penerbangan (Aviation Safety Network/ASN) menunjukkan insiden pesawat jatuh menewaskan sebanyak 556 orang tahun lalu.

Insiden terparah pada 2018 terjadi ketika pesawat maskapai Lion Air jatuh di Indonesia, mengakibatkan 89 orang tutup usia.

Adapun pada 2017 jumlah korban mencapai 44 orang. Tahun itu juga tercatat sebagai ‘tahun teraman bagi pesawat komersial sepanjang sejarah’ lantaran tidak ada pesawat penumpang yang dilaporkan jatuh.

Bagaimanapun, lepas dari rangkaian insiden tersebut, secara keseluruhan keamanan transportasi udara telah berkembang selama 20 tahun terakhir.

“Jika tingkat insidennya tetap sama seperti 10 tahun lalu maka akan ada 39 kecelakaan fatal tahun lalu,” kata Direktur ASN, Harro Ranter.

“Merujuk tingkat kecelakaan pada 2000, akan ada 64 kecelakaan fatal. Ini menunjukkan adanya kemajuan luar biasa dalam konteks keamanan selama dua dekade belakangan,” tambahnya.

ASN menyatakan kecelakaan akibat hilang kendali (loss-of-control/LOC) menjadi sorotan utama di bidang keselamatan transportasi udara mengingat hal ini menjadi penyebab sedikitnya 10 dari 25 insiden terparah selama lima tahun terakhir.

LOC merupakan penyimpangan dari rute penerbangan seharusnya dan kondisi ini bisa diakibatkan faktor teknis pesawat, kesalahan manusia, atau lingkungan. Sebagian besar penumpang dalam kecelakaan LOC tidak bisa selamat, menurut ASN.

Sumber: Detiknews
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Malam Pergantian Tahun, Jokowi Sapa Warga di Yogyakarta
apahabar.com

Nasional

Serikat Penyelenggara Haji dan Umrah Surati Jokowi
apahabar.com

Nasional

Bawaslu Temukan Puluhan Surat Suara Tercoblos di Barabai..!!
apahabar.com

Nasional

Buka Raker Kemenag, Jokowi: Fokus Mitigasi Dampak Korona dan Pelemahan Ekonomi Global
apahabar.com

Nasional

Mahasiswa Asal Bogor Wafat Saat Jadi Imam Shalat
apahabar.com

Nasional

Setahun Jokowi-Ma’ruf, Pemerintah Terus Berupaya Tekan Biaya Logistik
apahabar.com

Nasional

Ikut Aksi Mahasiswa, Pelajar Banjarmasin Diamankan Polisi
apahabar.com

Nasional

Prabowo Hadir, Jokowi Batal ke Acara Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com