Paman Birin Doktor Kehormatan, Mahasiswa Bergerak ‘Kuningkan’ ULM Bali-Singapura Buka Penerbangan, Kadinkes Banjarmasin Waswas Kata Para Pelaku Usaha di Banjarbaru Soal Wajib PCR Penumpang Pesawat Diadili, Pemenggal Kepala Ibu Muda di Belda Banjarmasin Polemik Gelar Doktor Kehormatan untuk Paman Birin, Alumnus Tantang Uji Publik!

Jumlah Rumah Tangga dan Usaha Pertanian Kaltara Meningkat

- Apahabar.com     Jumat, 11 Januari 2019 - 12:00 WITA

Jumlah Rumah Tangga dan Usaha Pertanian Kaltara Meningkat

Ilustrasi pertanian di Kaltara. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Jumlah Rumah Tangga Usaha Pertanian (RTUP) pengguna lahan dan Rumah Tangga Petani (RTP) gurem di Kalimantan Utara naik.

Itu berdasarkan data Hasil Survei Pertanian Antar Sensus (SUTAS) yang dirilis Badan Pusat Statistik Provinsi Kaltara per Desember 2018, jumlah RTUP pengguna lahan mengalami pertumbuhan absolut sebesar 3.405 hektare di 2018.

Ini mengacu pada jumlah RTUP pengguna lahan 2013 yang mencapai 39.369 hektare. Sementara, di 2018 mencapai 42.774 hektare. Atau, sama dengan mengalami pertumbuhan sebesar 8,65 persen.

Baca Juga: 13. 940 Jiwa di Kaltara Akan Tercover JKN

Begitupula dengan jumlah RTP gurem yang mengalami pertumbuhan absolut, sebesar 3.042 hektare atau sekitar 47,96 persen di 2018, bila dibandingkan dengan 2013.

“Pada 2013, jumlah RTP gurem hanya 6.343 hektare. Sementara di 2018 mencapai 9.385 hektare,” kata Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengutip rilis BPS Provinsi Kaltara, Jumat (11/2).

Adapun jumlah RTUP sendiri, sebanyak 51.399 rumah tangga. Di mana, jenis usaha utama yang dominan diusahakan adalah tanaman padi sebanyak 14.179 rumah tangga, disusul usaha tanaman perkebunan (7.613 rumah tangga), penangkapan ikan (7.185 rumah tangga) dan lainnya.

“Usaha yang paling minim, adalah jasa penunjang pertanian. Ini akan diusahakan untuk dapat dipicu pertumbuhannya, karena keberadaannya cukup penting untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Kaltara,” kata Irianto.

Baca Juga: Ditargetkan 3 Bulan, Politeknik Nunukan jadi PTN

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

Rp30 M untuk Lanjutan Pengembangan Pelabuhan Tengkayu I
apahabar.com

Kaltara

Waspada, ASN Kaltara Rentan Penyakit Tak Menular
apahabar.com

Kaltara

Siap Gelar UNBK, Gubernur Kaltara Imbau Siswa
apahabar.com

Kaltara

Pemprov Kaltara Panggil PLN dan PT SAS Hari Ini
apahabar.com

Kaltara

Kaltara Salurkan Bankeu Khusus Triwulan IV Rp 2,3 M
apahabar.com

Kaltara

Siap-Siap, Kaltara Buka Pemagangan Ratusan Calon Naker
apahabar.com

Kaltara

Siap Lelang, Kaltara Segera Bangun RSUD Tipe B

Kaltara

Sumur Minyak Pertamina di Tarakan Semburkan Lumpur dan Aroma Menyengat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com