Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup!

Kaltim Dirundung Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diimbau Waspada

- Apahabar.com Jumat, 11 Januari 2019 - 11:45 WIB

Kaltim Dirundung Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diimbau Waspada

Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto-net

apahabar.com, SAMARINDA – Memasuki bulan Januari 2019, beberapa daerah di Indonesia dilanda cuaca ekstrem serupa hujan deras yang disertai angin kencang, angin puting beliung serta terjadinya pohon tumbang dan tanah longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim Frederik Bid mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim untuk tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir dan tanah longsor, menyusul kondisi cuaca yang saat ini sudah memasuki musim hujan.

“Cuaca ekstrem yang melanda beberapa daerah di tanah air, menimbulkan bencana yang tidak terduga, antara lain bencana angin puting beliung, banjir, pohon tumbang maupun tanah longsor. Oleh karena itu, masyarakat Kaltim harus tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan terjadinya bencana tersebut,” imbau Fredirik Bid dikutip dalam laman resmi Pemprov Kaltim, Jumat (11/1).

Baca Juga: Kaltim Masih Bergantung Migas dan Batu Bara, Sampai Kapan?

Menurut Frederik, cuaca ekstrem yang menimbulkan bencana tidak bisa diprediksi kapan terjadi, sehingga perlu upaya bersama untuk mengantisipasi terjadinya bencana, baik itu angin kencang, angin puting beliung, banjir maupun tanah longsor yang datangnya bisa terjadi secara tiba-tiba.

“Semua perlu menyadari bahwa kondisi alam dan lingkungan dewasa ini sudah banyak berubah, sehingga perlu adanya langkah dan upaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Apalagi, sekarang sudah memasuki musim hujan sehingga kami mengimbau masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan terkait kemungkinan bencana yang disebabkan curah hujan tinggi dan angin kencang,” papar Fredirik Bid.

Guna mengantisipasi cuaca ekstrem, Frederik meminta untuk terus dilakukan koordinasi dan sinergi semua pihak dalam mengatasi permasalahan penanggulangan bencana di Kaltim.

“Khusus kabupaten/kota yang sudah memiliki BPBD bisa menyiapsiagakan bersama desa tangguh bencana, serta membangun sistem penanggulangan bencana secara sinergi, terencana, terpadu serta berkesinambungan,” kata Frederik Bid.

Baca Juga: Hut Kaltim ke 62, Berjuang untuk Kaltim Berdaulat

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Pendapatan Daerah Kaltim Bertambah Ratusan Miliar
apahabar.com

Kaltim

Masjid Agung Penajam Bakal Disulap Mirip Masjid Nabawi
apahabar.com

Kaltim

Hari Air 2019, Warga Kaltim Deklarasi Sungai Bebas Sampah
apahabar.com

Kaltim

Penajam Paser Utara Ajukan Ribuan Formasi CPNS
apahabar.com

Kaltim

Selama Pandemi, Kehamilan di Kaltim Naik 35 Persen
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Aktif Rangkul Eks Penyalahguna Narkoba
apahabar.com

Kaltim

Save Teluk Balikpapan, Aktivis Lingkungan Kukuh Tolak Amdal PT WPS
apahabar.com

Kaltim

Warga Panik, Kapal Bermuatan Elpiji Meledak di Samarinda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com