Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2 Paman Birin Minta Wali Kota dan Bupati Maksimalkan Serapan Anggaran 2022 Kasus Covid-19 di 21 Daerah Naik, Pemerintah Meminta Masyarakat Tetap Waspada Truk Terguling di A Yani Banjarmasin, Satu Orang Tewas Sopir Truk Terguling di A Yani Banjarmasin Bakal Tersangka!

Kaltim Pacu Produksi Budi Daya Perikanan

- Apahabar.com     Jumat, 25 Januari 2019 - 07:30 WITA

Kaltim Pacu Produksi Budi Daya Perikanan

Ilustrasi budi daya perikanan Kaltim.Foto- Istimewa

apahabar.com, SAMARINDA – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltim akan mengoptimalkan produksi perikanan, baik bidang tangkap maupun budidaya, pada 2019 ini.

Kebijakan ini selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kaltim 2018-2023.

“Selain mengoptimalkan produksi perikanan, kita mengharapkan potensi perikanan dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan, melalui beberapa bidang. Bidang perikanan tangkap, bidang budidaya, dan bidang penguatan daya saing produk perikanan,” kata Kepala DKP Kaltim Riza Indra Riadi dikutip dalam laman resmi Pemprov Kaltim, Jumat 25 Januari 2019.

Riza Indra menambahkan untuk bidang perikanan tangkap akan terus berusaha untuk meningkatkan sarana alat tangkap untuk nelayan.

Begitu juga dengan budidaya dengan luas kolam atau tambak, baik budidaya udang maupun kepiting, ikan patin dan lele. Hal yang sama untuk keramba ikan mas dan nila.

Sementara di bidang penguatan daya saing produk perikanan yang dilakukan usaha mikro kecil menengah (UMKM), DKP terus melakukan sosialisasi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui berbagai kegiatan pengolahan produk ikan maupun rumput.

Oleh karena itu, khusus bidang perikanan tangkap yang harus dipikirkan adalah bagaimana kesejahteraan nelayan terangkat.

Salah satunya dengan menambah sarana kapal dengan tonase yang lebih besar yang dilengkapi dengan alat tangkap yang lebih modern dan ramah lingkungan.

“Dengan begitu penghasilan akan bertambah yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan nelayan,” paparnya.

Selain itu, lanjut Riza Indra, DKP Kaltim juga memberikan pelatihan-pelatihan dalam peningkatan SDM sebagai upaya menangkap peluang potensi budidaya perikanan kepada masyarakat nelayan maupun masyarakat yang berada di pulau kecil terluar, khususnya bagi kelompok usaha perikanan yang mengembangkan berbagai produk hasil perikanan.

“Kita optimalkan potensi perikanan yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan para nelayan, dengan menguatkan kerja sama instansi terkait,” kata Riza.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Sumpah Pemuda, Simak Pesan Bupati AGM ke Warga Penajam

Kaltim

Over Kapasitas, IRD RSKD Balikpapan Tak Terima Lagi Pasien Covid-19
apahabar.com

Kaltim

Pertamina Selidiki Sumber Elpji yang Meledak di KM Amelia
Balikpapan

Kaltim

Wali Kota Balikpapan Mulai Bersih-Bersih Rumdin, Meja Biliar hingga Ikan Koi Diangkut

Kaltim

Tak Lagi Digunakan, Alat GeNose Seharga Ratusan Juta di Balikpapan Menganggur
apahabar.com

Kaltim

Positif Covid-19 Bertambah, IDI Kaltim Cemas Pilkada Serentak Picu Klaster Baru

Kaltim

Kabar Gembira, Pemkot Resmi Tanggung BPJS Kesehatan Kelas 3 Warga Balikpapan
Gendam

Kaltim

Jukir Balikpapan Kena Gendam, Pundak Ditepuk, Motor Melayang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com