BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Kembangkan Pariwisata, Begini Strategi Pemkab Tanbu

- Apahabar.com Kamis, 10 Januari 2019 - 20:30 WIB

Kembangkan Pariwisata, Begini Strategi Pemkab Tanbu

Seorang anak sedang mengemudikan motor Atv di Pantai Madani Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu. Foto-apahabar.com/pujamandela

apahabar.com, BATULICIN – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tanah Bumbu terus melakukan pengembangan objek wisata daerah.

Namun, pengembangan objek wisata tersebut dinilai tak hanya jadi tanggung jawab Disporapar saja, tetapi juga tanggung jawab banyak pihak.

Kepada apahabar.com, Kamis (10/1/2019) Kepala Disporapar Kabupaten Tanah Bumbu, Hamaluddin Taher, menjelaskan tentang strategi pemerintah daerah agar pembangunan objek wisata di Bumi Bersujud dapat dilakukan dengan cepat.

Ia mengungkapkan, pengembangan objek wisata di Bumi Bersujud akan dikerjakan keroyokan bersama SKPD lain. Ia mencontohkan, pembangunan dan pengembangan infrastruktur seperti jalan masuk atau jembatan penghubung ke lokasi wisata akan menjadi tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Kemudian, agar para wisatawan luar daerah makin mudah berkunjung ke Tanah Bumbu, Dinas Perhubungan akan mengambil peran. Misalnya, melakukan penambahan rute penerbangan baru atau meningkatkan kualitas pelayanan fasilitas yang sudah tersedia.

Sejak April 2018, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu telah membuka rute penerbangan Batulicin-Surabaya dan Batulicin-Makassar dengan dukungan NAM Air, grup Sriwijaya Air.

Baca Juga: Terima Penghargaan Antara, Sektor Pariwisata Terus Digenjot

Hamal, begitu Hamaluddin Taher disapa – melanjutkan, instansi lainnya juga akan mengambil peran yang sama dalam upaya memajukan sektor wisata daerah. Dinas Perdagangan dan Perindustrian, misalnya, akan membantu membina masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif melalui berbagai pelatihan langsung kepada masyarakat yang bisa dijual di lokasi wisata.

Sementara tugas Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, menurut Hamal, selain bertanggung jawab untuk mempromosikan objek wisata daerah, juga diberi kewenangan untuk menentukan kebijakan teknis di bidang pariwisata.

Tak sampai di situ, pihaknya juga melaksanakan pembinaan, pengendalian, pengawasan, dan pengaturan, serta menyelenggarakan setiap kegiatan yang terkait dengan pariwisata.

Menurut Hamal, untuk mengembangkan sektor wisata tersebut, pihaknya juga berupaya keras untuk mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat. Dengan cara itu, ia optimistis sektor pariwisata di Kabupaten Tanah Bumbu akan terus berkembang.

“Kami dari Dinas Pariwisata juga berupaya keras untuk mendapatkan dana APBN untuk pengembangan pariwisata,” ungkapnya.

Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor, di berbagai kesempatan juga sangat mendukung pengembangan objek wisata daerah.

Sudian menilai, Kabupaten Tanah Bumbu memiliki potensi wisata luar biasa yang belum banyak terekspos seperti air terjun Mandin Damar di Kecamatan Mantewe. Selain itu, tentu saja, sebagai orang nomor satu di Kabupaten Tanah Bumbu, ia akan berupaya maksimal untuk memajukan sektor pariwisata di Bumi Bersujud.

Reporter: Puja Mandela
Editor:  Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Gerakan Literasi Nasional di Tanbu Ditutup, Peserta Diharapkan Mampu Menulis Feature Sastrawi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

1 PDP di Tanbu Ternyata Peserta Ijtima Ulama di Gowa, Satu Desa Didisinfektan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Update Pagi: Positif Covid-19 di Tanbu Bertambah 4 Orang
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Membludak, 3 Ribu Goweser Ikuti Batulicin Fun Bike
Sudian Noor Kukuhkan Pengurus PWRI Tanbu 2020-2025

Pemkab Tanah Bumbu

Sudian Noor Kukuhkan Pengurus PWRI Tanbu 2020-2025
Penyandang Disabilitas

Pemkab Tanah Bumbu

Ratusan Penyandang Disabilitas Mental di Tanbu Terima Bantuan Sosial Covid-19
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Momen Haornas ke-36 di Tanbu, Atlet Berprestasi Dapat Bantuan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Rekrut Relawan Demokrasi, KPU Tanbu juga Sasar Warganet
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com