Bupati HSU Nonaktif Abdul Wahid Bakal Divonis Siang Ini BMKG: Kalsel Berpotensi Hujan Berpetir Teror Perampasan Motor di Banjarmasin, Pelaku Ternyata Oknum Polisi! Sentuh Ratusan Juta, Perputaran Uang di Festival Pasar Terapung 2022 Norman Marciano Apresiasi Priska Medelyn Usai Juara Tunggal dan Ganda W15K Monastir
agustus

Kemenhub Naiknya Harga Tiket Pesawat Masih Dalam Batas Wajar

- Apahabar.com     Sabtu, 12 Januari 2019 - 19:20 WITA

Kemenhub Naiknya Harga Tiket Pesawat Masih Dalam Batas Wajar

Sejumlah penumpang turun dari pesawat di Bandara APT Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur. Foto - Antara

apahabar.com, JAKARTA – Libur akhir tahun dan libur sekolah telah usai, namun harga tiket seluruh maskapai tetap saja mahal. Sudah tentu hal itu dikeluhkan pengguna jasa penerbangan di Indonesia.

Meski demikian, seperti dilansir dari Kumparan.com, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim bahwa naiknya harga tiket pesawat yang terjadi saat ini masih dalam batas wajar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 14/2016.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun meminta masyarakat tidak terlalu berlebihan dalam merespon hal tersebut. Budi bahkan meminta masyarakat bisa berbesar hati untuk menerima kebijakan maskapai.

“Jadi saya imbau masyarakat siapapun juga untuk memberikan toleransi. Tetapi airline juga menaikkan jangan terlalu tinggi. Jadi ada suatu harga tertentu dimana airline bisa menutup ongkos, tetapi warga tidak merasakan suatu kenaikan yang berlebih,” ungkap Budi Karya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/1).

Baca Juga: Beredar Petisi Minta Harga Tiket Pesawat Diturunkan

Budi Karya menjelaskan bahwa selama ini terjadi persaingan yang tidak sehat antar maskapai, yaitu dengan perang harga. Menurut Budi, kini perang tersebut mulai reda dan harga kembali ke level normal. Imbasnya, masyarakat pun seolah-olah merasakan harga tiket pesawat jadi melambung tinggi.

Dia menyadari bahwa kenaikan harga tiket pesawat banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Namun di sisi lain, Budi menyatakan bahwa pemerintah juga perlu memperhatikan keberlangsungan industri penerbangan, yaitu memastikan bahwa industri ini bisa bertahan.

Apalagi menurutnya di beberapa negara banyak industri penerbangan yang sudah mengalami kebangkrutan.

Di sisi lain, Budi Karya menilai daya beli masih cukup baik. Sehingga kenaikan harga tiket pesawat saat ini masih masuk dalam jangkauan konsumen.

“Saya pikir daya beli masyarakat masih masuk dalam harga pokok mereka. Jadi batas atas itu masih bisa menjangkau kebutuhan mereka,” tandasnya.

Baca Juga: 10 Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia, Indonesia ada?

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Polisi Segera Proses Laporan Habib Banua
Bjb

Tak Berkategori

Bjb e-Samsat Jadi Solusi Praktis Bayar Pajak Kendaraan Bermotor
apahabar.com

Tak Berkategori

Taman Satwa Jahri Saleh, Alternatif Liburan Murah
apahabar.com

Tak Berkategori

Senangnya Fadillah Menerima Kursi Roda dari Bupati Batola
apahabar.com

Tak Berkategori

Novel ‘The Scent Of Life’ Dibedah di Hutan Kota Tanah Bumbu
apahabar.com

Tak Berkategori

4 Fakta Penting yang Harus Kamu Tahu Sebelum Nonton MORTAL ENGINES
apahabar.com

Tak Berkategori

Alasan BI Sarankan Masyarakat Kalsel Beralih ke Daging Beku
apahabar.com

Tak Berkategori

WhatsApp Rilis Aturan Baru, Pengguna yang Tak Setuju Bisa Diblokir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com