Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB

Kemenhub Naiknya Harga Tiket Pesawat Masih Dalam Batas Wajar

- Apahabar.com Sabtu, 12 Januari 2019 - 19:20 WIB

Kemenhub Naiknya Harga Tiket Pesawat Masih Dalam Batas Wajar

Sejumlah penumpang turun dari pesawat di Bandara APT Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur. Foto - Antara

apahabar.com, JAKARTA – Libur akhir tahun dan libur sekolah telah usai, namun harga tiket seluruh maskapai tetap saja mahal. Sudah tentu hal itu dikeluhkan pengguna jasa penerbangan di Indonesia.

Meski demikian, seperti dilansir dari Kumparan.com, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim bahwa naiknya harga tiket pesawat yang terjadi saat ini masih dalam batas wajar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 14/2016.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun meminta masyarakat tidak terlalu berlebihan dalam merespon hal tersebut. Budi bahkan meminta masyarakat bisa berbesar hati untuk menerima kebijakan maskapai.

“Jadi saya imbau masyarakat siapapun juga untuk memberikan toleransi. Tetapi airline juga menaikkan jangan terlalu tinggi. Jadi ada suatu harga tertentu dimana airline bisa menutup ongkos, tetapi warga tidak merasakan suatu kenaikan yang berlebih,” ungkap Budi Karya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/1).

Baca Juga: Beredar Petisi Minta Harga Tiket Pesawat Diturunkan

Budi Karya menjelaskan bahwa selama ini terjadi persaingan yang tidak sehat antar maskapai, yaitu dengan perang harga. Menurut Budi, kini perang tersebut mulai reda dan harga kembali ke level normal. Imbasnya, masyarakat pun seolah-olah merasakan harga tiket pesawat jadi melambung tinggi.

Dia menyadari bahwa kenaikan harga tiket pesawat banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Namun di sisi lain, Budi menyatakan bahwa pemerintah juga perlu memperhatikan keberlangsungan industri penerbangan, yaitu memastikan bahwa industri ini bisa bertahan.

Apalagi menurutnya di beberapa negara banyak industri penerbangan yang sudah mengalami kebangkrutan.

Di sisi lain, Budi Karya menilai daya beli masih cukup baik. Sehingga kenaikan harga tiket pesawat saat ini masih masuk dalam jangkauan konsumen.

“Saya pikir daya beli masyarakat masih masuk dalam harga pokok mereka. Jadi batas atas itu masih bisa menjangkau kebutuhan mereka,” tandasnya.

Baca Juga: 10 Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia, Indonesia ada?

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Travel

Ini 5 Etika Sebelum Naik Pesawat yang Perlu Diketahui
apahabar.com

Travel

5 Tips Hindari Kehabisan Napas di Bandara
apahabar.com

Travel

Qatar Terapkan Pajak Dosa untuk Minuman Beralkohol
apahabar.com

Travel

Menggenjot Wisatawan Lewat Event Wisata Banjarmasin, Catat Tanggalnya
apahabar.com

Travel

Ini 5 Aktivitas yang Wajib Dicoba, Saat Liburan ke Kuala Lumpur
apahabar.com

Travel

Ini 3 Negara yang Diprediksi Populer di 2019, Ada Indonesia?
apahabar.com

Travel

Ini Kamar Hotel Unik untuk yang Hobi Berpetualang
apahabar.com

Travel

Beredar Petisi Minta Harga Tiket Pesawat Diturunkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com