Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Kiat Kaltara Kembangkan Potensi Sektor Wisata

- Apahabar.com Senin, 14 Januari 2019 - 14:03 WIB

Kiat Kaltara Kembangkan Potensi Sektor Wisata

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyambut kedatangan wisatawan internasional beberapa waktu lalu. Dok. Humas Pemprov Kaltara

apahabar.com, TANJUNGSELOR – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), melalui Dinas Pariwisata terus berupaya mengembangkan potensi sektor pariwisata yang ada di Bumi Benuanta ini. Berbagai terobosan dilakukan. Salah satunya melalui aplikasi berbasis teknologi informasi (TI).

Melalui aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Manajemen Pariwisata (SIMPAR) ini, bertujuan untuk menunjang pengenalan objek-objek wisata yang ada di masing-masing kabupaten kota di Kaltara.

Baca Juga: Sejumlah Sekolah di Kaltara Diganjar Penghargaan Lingkungan Hidup

“SIMPAR yang dikembangkan Pemerintah Kaltara ini akan menunjang pengembangan dan pembangunan potensi kepariwisataan di Kaltara,” ungkap Haerani kepala Dinas Pariwisata Kaltara dikutip dalam lama resmi Pemprov Kaltara, Senin 14 Januari 2019.

SIMPAR merupakan sistem aplikasi berbasis Android yang mudah untuk dimengerti penggunaannya. Yaitu cukup dengan mengunduhnya dengan gratis di Playstore maka siapapun dengan mudah akan mengakses informasi terkait dengan objek-objek wisata yang ada di Kaltara.

“Penggunaannya cukup mudah dan sederhana,” tandasnya.

Haerani menuturkan, aplikasi ini merupakan sebuah inovasi di bidang kepariwisataan yang sejalan dengan upaya Pemprov Kaltara untuk beradaptasi dengan perubahan dunia saat ini.

“Diharapkan dengan adanya SIMPAR ini, masyarakat, khususnya wisatawan baik domestik maupun manca negara akan memperoleh informasi dengan mudah terkait destinasi wisata di Kaltara,” kata Haerani.

Baca Juga: Jumlah Rumah Tangga dan Usaha Pertanian Kaltara Meningkat

Dalam aplikasi SIMPAR itu sendiri, imbuh Haerani, terdapat beberapa menu yang dapat diakses para penggunanya. Di antaranya, ada fitur objek wisata, wisata kuliner, wisata belanja, akomodasi, transportasi, dan calender of events.

“Insyaallah, aplikasi ini akan kami launching dalam waktu dekat ini. Kami juga sudah mengumpulkan para pelaku usaha di bidang pariwisata guna mensosialisasikan aplikasi ini, sekaligus menginput data yang dibutuhkan untuk optimalisasi penggunaannya nanti,” jelas Haerani.

Lewat SIMPAR, diharapkan pula akan tersedia informasi yang up to date mengenai perkembangan dunia pariwisata di Kaltara. Dari itu, kerja sama para pelaku usaha pariwisata sangat dibutuhkan. Baik usaha perhotelan, rumah makan, travel agent dan lainnya.

Baca Juga: 13. 940 Jiwa di Kaltara Akan Tercover JKN

“Rencananya, tahun depan SIMPAR akan dikembangkan lebih jauh lagi. Sehingga dapat digunakan oleh para pengguna smartphone yang berbasis iOS,” ujarnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

Kuota BBM ke Kaltara 2020 Sebanyak 118.913 KL
apahabar.com

Kaltara

Segera Daftarkan Bayi Anda ke BPJS
apahabar.com

Kaltara

Menghitung Hari Jelang Pemilu, Kaltara Waswas Pemadaman Listrik dan Internet
apahabar.com

Kaltara

2021, Kaltara Target Elektrifikasi Listrik Capai 100 Persen
apahabar.com

Kaltara

Waspada, ASN Kaltara Rentan Penyakit Tak Menular
apahabar.com

Kaltara

Guru di Pedalaman Kalimantan Syaratnya Cuma Ijazah SMA, Berminat?
apahabar.com

Kaltara

Gempa Bumi di Bengkulu Terasa di Nunukan, Berikut Penjelasan BMKG
apahabar.com

Kaltara

Kaltara Optimis Nilai Ekspor Perikanan 2019 Meningkat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com