Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Kim Jong-un Peringatkan AS, Korut Bisa ‘Berubah Arah’

- Apahabar.com Selasa, 1 Januari 2019 - 15:49 WIB

Kim Jong-un Peringatkan AS, Korut Bisa ‘Berubah Arah’

Kim Jong-un dan Donald Trump bertemu di Singapura, Juni 2018 lalu. Foto - Net

apahabar.com, PYONGYANG – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, menyatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi, namun arahnya bisa berubah jika AS terus menerapkan rangkaian sanksi.

Berbicara dalam siaran yang dipancarkan stasiun televisi pemerintah Korut, Kim menekankan “jika AS mengingkari janji yang dibuat di depan seluruh duniadan berkeras menerapkan sanksi-sanksi dan tekanan-tekanan terhadap republic kami, kami mungkin tidak ada pilihan selain mempertimbangkan cara baru untuk melindungi kedaulatan dan kepentingan kami.”

Pada Juni 2018, kedua sosok bertemu untuk membahas perlucutan nuklir atau denuklirisasi. Namun, sejak pertemuan di Singapura tersebut, sedikit kemajuan yang terlihat.

Baca Juga: Surati Presiden Moon, Kim Jong-Un Dorong Denuklirisasi Semenanjung Korea

Walau Korut tak lagi menguji rudal dan nuklir, indikasinya kecil bahwa Pyongyang tengah melakukan proses denuklirisasi menyeluruh sebagaimana tuntutan AS.

Korut memang telah melucuti sejumlah fasilitas uji coba, namun ada sejumlah tuduhan bahwa negara tersebut meneruskan program senjata nuklir.

Sebelum tutup tahun 2018, Kim telah menulis surat kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang berisi permintaan agar keduanya mengadakan pertemuan puncak lagi tahun depan dan berjanji akan “sering” bertemu untuk membicarakan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Dalam surat itu, sebagaimana dijelaskan oleh juru bicara presiden Korea Selatan, Kim Jong-un mengatakan ia berharap dapat mewujudkan perdamaian antara Korea Utara dan Korea Selatan dan “menyelesaikan masalah denuklirisasi di semenanjung sepenuhnya.”

Baca Juga: Rusia dan Turki Bahas Suriah Setelah Penarikan Tentara AS

Sumber: Detiknews
Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Kala UMKM Indonesia Berburu Peluang Pasar di Kamboja
apahabar.com

Global

Power Bank Meledak di Penerbangan Royal Brunei
apahabar.com

Global

Misteri MH370 di Langit Banda Aceh dan Dugaan Pesawat Celaka di Pulau Christmas

Global

Kenali 7 Gejala Terpapar Virus Corona Baru Inggris
apahabar.com

Global

Sang Anjing Setia Berjaga Dekat Peti Mati Bush Senior
apahabar.com

Global

Lagi-lagi! India Deportasi Pengungsi Rohingya ke Myanmar
apahabar.com

Global

Kotaro Chiba, Konsumen Pertama Terima HondaJet Elite
apahabar.com

Global

Sudah Mendarat, Eh Ternyata Pesawat Ini Salah Tujuan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com