Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Kim Jong-un Peringatkan AS, Korut Bisa ‘Berubah Arah’

- Apahabar.com Selasa, 1 Januari 2019 - 15:49 WIB

Kim Jong-un Peringatkan AS, Korut Bisa ‘Berubah Arah’

Kim Jong-un dan Donald Trump bertemu di Singapura, Juni 2018 lalu. Foto - Net

apahabar.com, PYONGYANG – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, menyatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi, namun arahnya bisa berubah jika AS terus menerapkan rangkaian sanksi.

Berbicara dalam siaran yang dipancarkan stasiun televisi pemerintah Korut, Kim menekankan “jika AS mengingkari janji yang dibuat di depan seluruh duniadan berkeras menerapkan sanksi-sanksi dan tekanan-tekanan terhadap republic kami, kami mungkin tidak ada pilihan selain mempertimbangkan cara baru untuk melindungi kedaulatan dan kepentingan kami.”

Pada Juni 2018, kedua sosok bertemu untuk membahas perlucutan nuklir atau denuklirisasi. Namun, sejak pertemuan di Singapura tersebut, sedikit kemajuan yang terlihat.

Baca Juga: Surati Presiden Moon, Kim Jong-Un Dorong Denuklirisasi Semenanjung Korea

Walau Korut tak lagi menguji rudal dan nuklir, indikasinya kecil bahwa Pyongyang tengah melakukan proses denuklirisasi menyeluruh sebagaimana tuntutan AS.

Korut memang telah melucuti sejumlah fasilitas uji coba, namun ada sejumlah tuduhan bahwa negara tersebut meneruskan program senjata nuklir.

Sebelum tutup tahun 2018, Kim telah menulis surat kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang berisi permintaan agar keduanya mengadakan pertemuan puncak lagi tahun depan dan berjanji akan “sering” bertemu untuk membicarakan denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Dalam surat itu, sebagaimana dijelaskan oleh juru bicara presiden Korea Selatan, Kim Jong-un mengatakan ia berharap dapat mewujudkan perdamaian antara Korea Utara dan Korea Selatan dan “menyelesaikan masalah denuklirisasi di semenanjung sepenuhnya.”

Baca Juga: Rusia dan Turki Bahas Suriah Setelah Penarikan Tentara AS

Sumber: Detiknews
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Wajar Bawaslu Periksa Rekaman Habib Rizieq Reuni 212
apahabar.com

Global

Mantan Presiden AS George H.W Bush Wafat pada Usia 94 Tahun
apahabar.com

Global

Emas Berjangka Naik Didukung Pelemahan Dolar AS
apahabar.com

Global

Australia Seharusnya Tak Akui Yerusalem Barat
apahabar.com

Global

Trump akan Campur Tangan dalam Penangkapan Eksekutif China
apahabar.com

Global

Bos Huawei Ditangkap, AS-China Bisa Batal ‘Rujuk’?

Ekbis

Harga Batu Bara Turun Tiga Hari Beruntun
apahabar.com

Global

Jelang Unjuk Rasa, Enam Jalan Utama Kualalumpur Ditutup
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com