Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0 Alasan Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Terancam Batal Beredar Video 62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah Saat Demo Anti UU Omnibus Law, Sosok Pelaku Terekam? Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’ Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura

Kisah ‘Driver Cantik’ asal Banjarmasin, Godaan Pria Hidung Belang hingga Preman

- Apahabar.com Jumat, 4 Januari 2019 - 15:23 WIB

Kisah ‘Driver Cantik’ asal Banjarmasin, Godaan Pria Hidung Belang hingga Preman

Lia, Driver online asal Banjarmasin. Foto-istimewa

apahabar.com,BANJARMASIN – Demi menambah pundi-pundi rupiah, Lia nekat menjadi driver online. Sebuah profesi yang umumnya hanya dilakoni pria. Karenanya, beragam ancaman kekerasan fisik dan seksual tak jarang menghampiri.

Profesi ini cukup menggiurkan, baik dari segi pendapatan, maupun waktu kerja. Bagi Lia, ini kombinasi yang pas untuk menunjang perekonomian keluarga.

Lia bahkan rela keluar dari pekerjaan sebelumnya di salah satu perusahaan swasta Banjarmasin, karena giuran pendapatan mencapai Rp.10-15 juta. Penghasilan itu, menurutnya, melebihi gaji seorang karyawan swasta.

“Ya karena saya sangat suka bisnis, jadi sambil kerja sebagai driver online dan sambil bisnis pula,” ujarnya saat bincang ringan dengan apahabar.com, Jumat (4/1/2019).

Pada prosesnya, beragam lika-liku dan tantangan perlahan dirasakan. Mulai konflik sosial dengan taksi konvensional, menurunnya pendapatan, hingga ajakan ‘macam-macam’ oleh penumpang hidung belang.

Namun ia dengan tegas menolak. Bukannya tanpa alasan, mengingat tujuan utamanya mencari rezeki, untuk mendapatkan sepiring nasi. Ia juga kerap mengingat sang buah hatinya yang sedang menunggu di rumah.

Untungnya, di antara beberapa lelaki hidung belang tersebut, tak ada satu pun yang berani memaksanya. Alih-alih menggoda, menyentuh pun juga tidak.

Kepada mereka, Lia mengancam tak segan bakal mengadu ke polisi ataupun perwakilan driver online pusat di Jakarta apabila mendapati tindakan tak senonoh. Jika dilaporkan, bakal dengan mudah penumpang yang terdaftar sebagai user itu akan langsung terlacak.

Baca Juga: EKSKLUSIF: Nyawa di Ujung Tanduk di Sungai Tabuk

“Proses pelaporan cukup mudah, lewat email pun bisa. Pihak manajemen langsung menanggapinya,” ucapnya.

Masih menurut Lia, dominan penumpang yang genit itu lelaki berusia lebih dari 30 tahun. Umumnya kata Lia mereka pendatang dari luar Kalimantan, seperti Jakarta.

“Bukan para wisatawan, melainkan pegawai perusahaan yang melakukan kunjungan kerja di Banjarmasin,” ujarnya.

Ujian tak hanya sampai di situ. Konflik secara horizontal dengan taksi konvensional juga pernah dialami. Polemik yang paling membekas, tatkala taksi konvensional bersama beberapa preman mengadangnya. Tepatnya di Jalan Sudimampir, Banjamasin Tengah.

Padahal, kala itu ia meyakini bahwa sedang tak berada di zona merah.

Pasca peristiwa itu, Lia sempat fobia jika melihat taksi konvensional. Hal itu pun memaksanya untuk berhenti sejenak. Sekira sebulan lamanya aplikasi online miliknya ia matikan. Namun, seiring berjalannya waktu, Lia mencoba kembali memberanikan diri. Semua, dengan alasan tuntutan ekonomi.

Dengan keberanian, hingga detik ini, Lia mengaku sudah dapat kembali menikmati pekerjaan sebagai driver online. Lia juga tergabung dalam sebuah paguyuban driver online wanita atau biasa disebut Angelo.

Reporter: Muhammad Robby

Editor: Fariz

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Sigap, Polsek Amuntai Kota Tangkap Pencuri Besi Plat Hanya dalam Satu jam
apahabar.com

Hukum

Tersengat Listrik, Pemasang Kabel di Banjarmasin Alami Luka Serius
apahabar.com

Hukum

Kades Lok Buntar Banjar, Penilap Dana Desa Dilimpahkan ke Jaksa
apahabar.com

Hukum

Polisi Selidiki Teror Bom Molotov di Rumdin Hakim dan Panitera PN Banjarmasin
apahabar.com

Hukum

Terduga Pembunuh Waria Salon di Banjarmasin Ditangkap!
apahabar.com

Hukum

Penyalahgunaan Narkoba 2018, Polresta Banjarmasin Sita 18 Kilogram Sabu
apahabar.com

Hukum

Melawan Saat Ditangkap, Polisi Tembak Pembunuh Santri Husnul Khotimah Asal Kalsel
apahabar.com

Hukum

Penyerangan Kadivpas Kemenkumham Kalsel Diduga Orang ‘Dalam’, Kakanwil Ogah Bela
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com