Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki Benny Wenda Deklarasi Papua Merdeka, Pemerintah RI Jangan Diam! 2 Saudaranya ‘Dipocong’ Hidup-Hidup, Saksi Kunci Pembunuhan Bocah di Benawa HST Trauma

KJRI Jeddah: Fenomena Jutaan Jangkrik di Masjidil Haram Tak Berbahaya

- Apahabar.com Jumat, 11 Januari 2019 - 21:44 WIB

KJRI Jeddah: Fenomena Jutaan Jangkrik di Masjidil Haram Tak Berbahaya

Jutaan jangkrik keluar dari lubang bawah tanah di sekitar Masjidil haram. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Jutaan serangga berjumlah masif menyerbu Masjidil Haram. Menurut informasi sementara yang didapat KJRI Jeddah, serangga jenis jangkrik tersebut tak berbahaya.

“Sampai hari ini, belum ada info resmi dari Pemerintah Saudi. Menurut beberapa kontak, jangkriknya tidak berbahaya, seperti kerumunan lalat,” kata Konsul Pensosbud KJRI Jeddah Ahmad Syofian, seperti dilansir dari detikcom, Jumat (11/1/2019).

KJRI Jeddah masih terus mengamati perkembangan situasi terkait invasi serangga-serangga ini. Namun menurut Ahmad, kawanan jangkrik itu tak sampai memenuhi Kota Mekkah.

“Meski jangkrik dan belalang biasa dijumpai di Mekkah karena topografinya yang lembah, tapi terlihat di publik dalam jumlah yang masif ini baru pertama kejadian,” ungkap Ahmad.

Sebelumnya seperti dilansir Gulf Business dan The National, serbuan jangkrik hitam di Masjidil Haram membuat publik heran. Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan kawanan jangkrik menempel di dinding, lantai hingga pada pakaian para jemaah di kompleks Masjidil Haram.

Baca Juga: Ada Apa, Jutaan Jangkrik dan Belalang “Menginvasi” Makkah

Tak hanya di kompleks Masjidil Haram, jangkrik-jangkrik itu juga masuk ke rumah-rumah hingga sekolah di Mekkah. Pemerintah setempat pun melakukan desinfeksi besar-besaran.

Serbuan serangga dalam jumlah besar di kompleks Masjidil Haramdi Mekah, Arab Saudi membuat warga setempat heran. Fenomena semacam ini disebut belum pernah terjadi sebelumnya.

Seperti dilansir Gulf Business dan The National, Jumat (11/1/2018), serbuan jangkrik hitam di Masjidil Haram membuat publik bertanya-tanya. Sejumlah foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan kawanan jangkrik menempel di dinding, lantai hingga pada pakaian para jemaah di kompleks Masjidil Haram.

Para pengguna media sosial yang memakai tagar #jangkrik dalam bahasa Arab menyatakan rasa jijik pada pemandangan tak biasa itu. Mereka meminta penjelasan soal pemicu serbuan serangga ini.

“Pada Sabtu (5/1) malam, saya sedang salat di Masjidil Haram dan serangga ada di mana-mana, masjid dimasuki serangga-serangga, tidak hanya di halaman, tapi juga di sekitar Kakbah,” tutur Abdulwhab Soro (64) kepada media Uni Emirat Arab, The National.

“Saya sudah tinggal di Mekah seumur hidup saya dan saya tidak pernah melihat sesuatu seperti ini sebelumnya,” ucapnya.

Baca Juga: Dianggap Bocorkan Rahasia Militer, Surat Kabar Nigeria Digerebek Tentara

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

Karantina Diperpanjang, Beijing Temukan Virus Corona Lebih Ganas dari Temuan Wuhan
apahabar.com

Internasional

Peneliti China Ungkap Respons Imun OTG Lebih Lemah
apahabar.com

Internasional

Update Hasil Pilpres AS, Biden Tinggal 6 Suara, Trump Ajukan Gugatan Setop Penghitungan di Michigan
apahabar.com

Internasional

Presiden Kosovo Mundur dari Kursi Kepresidenan
apahbaar.com

Internasional

Viral, Penumpang Buka Pintu Darurat Pesawat dan Duduk di Sayap
apahabar.com

Internasional

Sebelum di Wuhan, Jejak Virus Corona Ditemukan di Barcelona Maret 2019
apahabar.com

Internasional

Hasil Pilpres Amerika Serikat 2020, Trump Ingin Perhitungan Suara Dihentikan, Tuding Ada Indikasi Kecurangan!
apahabar.com

Internasional

Raja Salman Tinggalkan RS, Tidak Ada Kasus Covid-19 Jemaah Haji
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com