Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel

Kontes Durian Kalsel di Kiram Meriah, 10 Ribu Buah Ludes Dimakan

- Apahabar.com     Kamis, 24 Januari 2019 - 19:07 WITA

Kontes Durian Kalsel di Kiram Meriah, 10 Ribu Buah Ludes Dimakan

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mencicipi buah durian dari 13 Kabupaten Kota di Kalsel, yang mengikuti lomba. Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

apahabar.com, BANJARBARU – Kontes Durian Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Desa Kiram, Karang Intan, Kabupaten Banjar berlangsung meriah.

Panitia pelaksana dari Dinas Pertanian dan Tanaman Hortikultura Kalsel, menyediakan 10 ribu buah durian untuk dimakan secara gratis oleh masyarakat.

Buah dengan rasa legit ini juga tidak hanya dua atau tiga jenis yang dihadirkan, tapi ratusan jenis dari 13 kabupaten, yang sebelumnya sudah dilombakan di tingkat regional kabupaten/kota.

“Ini kontes kedua kalinya untuk tingkat Provinsi Kalsel. Total ada 113 peserta yang ikut, 13 peserta dari kabupaten, sisanya kategori umum dari masyarakat dan petani durian di Kalsel,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Syamsir Rahman, Kamis (24/1) siang.

Syamsir menjelaskan, pihaknya sengaja mengadakan kontes durian, di Desa  Kiram Karang Intan ini. Selain menikmati durian, masyarakat juga dapat menikmati keindahan alam di tempat wisata Kiram park ini.

“Durian ini merupakan buah rakyat, yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Nantinya ribuan biji Durian ini, nanti akan ditanam dan disemai kembali. Sekaligus mendukung gerakan revolusi hijau yang sudah dilaksanakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel,” jelasnya.

Pada tahun depan, ungkap Syamsir, pihaknya juga akan melaksanakan lomba tingkat regional Kalimantan. Mulai dari Kalsel, Kalteng, Kaltim, Kaltara sampai Kalbar yang ikut dalam festival buah durian ini nantinya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, festival Durian di Kalsel ini akan terus dilaksanakan dan dikembangkan kedepannya. Kedepannya, Kalsel juga akan siap menjadi tuan rumah Festival Durian Nasional dan Dunia.

“Semoga festival Durian ini dapat menaikkan pertumbuhan perekonomian. Dari segi penjualan buahnya dan pariwisata di Kalsel,” terangnya.

apahabar.com

Masyarakat yang hadir di Festival Durian Desa Kiram Karang Intan Kabupaten Banjar terlihat antusias. Sepuluh ribu durian ludes dimakan para pengunjung. Foto- apahabar.com/Zepi Al Ayubi

Baca Juga: Syafruddin: HUT PDIP Bukan Arena Kampanye Caleg

Baca Juga: Kiai Maruf di Sambut Sinoman Hadrah di Bandara Syamsuddin Noor

Reporter: Zepi Al Ayubi
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kapolres, Dandim 1004, dan Bupati Kotabaru Salurkan Ratusan Paket Sembako
apahabar.com

Kalsel

2019, Fokus PPPA Tekan Angka Pernikahan Dini
apahabar.com

Kalsel

Serius Perhatikan Pariwisata, Pemkab HSS akan “Bangun” Loksado
Banjir

Kalsel

Berikut Sederet Sekolah di Banjarmasin Terdampak Banjir
Pembuatan SKCK, STTP dan SIK di Banjarmasin Diliburkan

Kalsel

Pembuatan SKCK, STTP dan SIK di Banjarmasin Diliburkan  
apahabar.com

Kalsel

H+1 Operasi Ketupat, Ratusan Polisi Sisir Sejumlah Lokasi
Duta Mall

Kalsel

Kenakan Pakaian Adat di HUT RI ke-76, Duta Mall Berharap Kembali Tumbuh
Banjarmasin

Kalsel

Ramai-Ramai Kritik Biaya Meter PDAM Bandarmasih: “Jangan Berbisnis dengan Rakyat”
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com