Pegawainya Mencuri, Pangeran Khairul Saleh Minta KPK Evaluasi Diri Esok, Kemenag Kalsel Gelar Rukyatul Hilal di Puncak Gedung Bank Kalsel Selamat..! Tanah Bumbu Raih Peringkat Tiga MTQ Nasional Tingkat Provinsi XXXIII Polisi Kotabaru Tangkap Otak Pembunuhan Brutal di Mekarpura Pemilu Ulang di Banjarmasin Selatan, Cucu Habib Basirih Pinta Jauhi Politik Uang

Kota Jayapura Diterjang Banjir dan Longsor Pasca-Hujan Deras

- Apahabar.com Minggu, 6 Januari 2019 - 10:06 WIB

Kota Jayapura Diterjang Banjir dan Longsor Pasca-Hujan Deras

Miusim penghujan, longsor mengancam Foto-nusakini

apahabar.com, JAYAPURA – Curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah kawasan di Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua, terendam banjir dan tanah longsor di ruas jalan tertentu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Bernard Lamia mengatakan, kawasan yang dilanda banjir merupakan wilayah langganan banjir setiap tahun seperti kawasan Entrop termasuk Papua Trade Center (PTC) dan pasar Youtefa.

Di kawasan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, sekitar 80 rumah warga termasuk SMA Negeri 4 terendam banjir. “Memang benar ada beberapa lokasi yang terendam banjir sejak Sabtu kemarin dan ada juga ruas jalan longsor,” ujar Bernard, Minggu (6/1/2019).

Baca Juga: Diduga Makar, Aktivis KNPB Diperiksa Polisi

Kawasan Entrop kata dia, merupakan wilayah langganan banjir. Sedangkan ruas jalan yang longsor terjadi di Jalan Walikota menuju Entrop dari arah Kodam Cendrawasih. Longsor menyebabkan badan jalan ambles sekitar 15 meter sehingga praktis putus atau tidak bisa dilewati.

“Masyarakat di sekitar Kota Jayapura diminta waspada karena curah hujan masih tinggi atau sedang musim hujan,” tuturnya.

Sementara itu, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura, Provinsi Papua mengimbau kepada warga Jayapura untuk mewaspada bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan angin kencang.

Baca Juga: Tanggapi Video Sandera WNI Menangis, Kemlu Upayakan Pembebasan

Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura, Petrus Demon Sili mengatakan, musim hujan akan berlangsung mulai Januari hingga Maret 2019.

Oleh karenanya, lanjut dia, masyarakat Jayapura dan sekitarnya diharapkan lebih waspada terhadap bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi selama periode musim penghujan ini.

Berdasarkan prediksi tiga hari ke depan yakni 5-7 Januari 2019, kondisi meteorologis wilayah Jayapura dan sekitarnya umumnya berawan disertai potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat pada siang, malam dan dini hari.

Baca Juga: BMKG: Anak Krakatau Masih Erupsi, Zona Waspada Tsunami Tetap Diterapkan

“Tinggi gelombang di wilayah perairan Jayapura dan Sarmi diprakirakan berkisar antara 2-3 meter. Karena itu, bagi nelayan diminta tetap waspada saat melaut,” kata Bernard menandaskan.

Sumber: Okenews
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Penajam Tunda Eksekusi 11 PNS Terpidana Korupsi
Magnitudo

Nasional

Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami
apahabar.com

Nasional

Ketika Tagihan Listrik Membengkak, 7 Hal Harus Diperhatikan
Covid-19 Indonesia

Nasional

Pecah Rekor Lagi! Kasus Covid-19 Indonesia Tambah 12.818 Hari Ini
apahabar.com

Nasional

Kemenkes: Kondisi 2 WNI Positif Corona Baik, tapi Tak Nyaman Karena Dikenal
apahabar.com

Nasional

Jokowi Minta Masukan Kadin dan HIPMI untuk Perbaikan Ekonomi
apahabar.com

Nasional

Blokir Akses Internet di Papua, Presiden Dianggap Melanggar Hukum
Covid-19

Nasional

Positif Covid-19 Indonesia Bertambah 7.259, Sembuh 6.324 Kasus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com