Dini Hari, Polisi Amankan 9 Motor di Banjarmasin Timur Zakaria, Pejuang Covid-19 di Tanah Laut Tutup Usia Malam Minggu, Siring Laut di Kotabaru Kembali Bernadi walau Pandemi Putrinya Hanyut, Bapak Meregang Nyawa di Irigasi Karang Intan Kabar Baik, Tanbu Tambah Pasien Sembuh dari Covid-19




Home Kaltim

Selasa, 15 Januari 2019 - 12:59 WIB

Kurangi Banjir, Kaltim Coba Kolam Retensi

Redaksi - Apahabar.com

sungai mahakam. Foto-mustagfiriyahn.blogspot.com

sungai mahakam. Foto-mustagfiriyahn.blogspot.com

apahabar.com, SAMARINDA – Banjir menahun yang kerap kali menerjang ibukota Kaltim, Samarinda, coba disiasati oleh pemerintah setempat dengan membangun kolam retensi. Kolam retensi akan dibangun di area Sempaja dan digarap Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III.

“Penanganan banjir menjadi tanggung jawab semua, baik pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten dan kota, stakeholders termasuk masyarakat. Dengan kebersamaan itu tentu kita harap dapat memanimalisir genangan banjir,” ujar Gubernur Kaltim Isran Noor dikutip dalam siaran resmi, Selasa 15 Januari 2019.

Baca Juga: Kaltim Dirundung Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diimbau Waspada

Isran mengharapkan, BWS Kalimantan III dapat melanjutkan normalisasi Sungai Karang Mumus (SKM) dengan berbagai program, sehingga fungsinya dapat normal kembali dan berdampak pada pengurangan genangan air pada saat banjir.

Sementara, Kepala BWS Kalimantan III Anang Muchlis memaparkan kolam retensi nantinya akan dibangun dengan bentuk menyerupai danau dan akan memiliki beberapa fungsi.

Kolam retensi mesti didahului hibah dari Pemprov Kaltim kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait lahan yang berada tidak jauh dari Stadion Madya Sempaja seluas 7.700 m2.

“Syaratnya memang begitu karena pembangunan kolam retensi ini menggunakan anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Pemilik pekerjaan juga harus pemilik aset. Makanya kita memohon kepada Pemprov Kaltim untuk segera menghibahkan lokasi pembangunan kolam retensi tersebut,” papar Anang Muchlis.

Saat ini, rencana pembangunan kolam retensi ini sudah memasuki proses lelang. Kedalaman kolam retensi direncanakan tiga meter. Dengan konsep itu diperkirakan kolam mini akan mereduksi banjir dari genangan air semula 6 jam menjadi 4 jam.

Baca Juga: AJI Sesalkan Pengusiran Jurnalis Saat Persidangan di PN Balikpapan

Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Festival Nondoi 2019 PPU, Bupati AGM: Lestarikan Budaya Paser
apahabar.com

Kaltim

Tiga Kali Kirim Wartawan, Jepang Tertarik dengan Kaltim?
apahabar.com

Kaltim

Kubar Dikepung Tambang; Badak Sumatera Nasibmu Kini 
apahabar.com

Kaltim

AMPK-Walhi Kecam Tindakan Represif Aparat Saat Demo Tolak Pabrik Semen
apahabar.com

Kaltim

Pertagas Niaga Alirkan Gas ke 4.500 Sambungan di Samarinda
apahabar.com

Kaltim

Kunjungi Warga Tionghoa, Isran Nikmati Soto Imlek
apahabar.com

Kaltim

Titik Hotspot Kebakaran di Kaltim Meningkat
apahabar.com

Kaltim

Jokowi Pimpin Rakornas Karhutla, Isran: Kaltim Tak Masuk Daerah Rawan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com