Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru

Kurangi Banjir, Kaltim Coba Kolam Retensi

- Apahabar.com Selasa, 15 Januari 2019 - 12:59 WIB

Kurangi Banjir, Kaltim Coba Kolam Retensi

sungai mahakam. Foto-mustagfiriyahn.blogspot.com

apahabar.com, SAMARINDA – Banjir menahun yang kerap kali menerjang ibukota Kaltim, Samarinda, coba disiasati oleh pemerintah setempat dengan membangun kolam retensi. Kolam retensi akan dibangun di area Sempaja dan digarap Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III.

“Penanganan banjir menjadi tanggung jawab semua, baik pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten dan kota, stakeholders termasuk masyarakat. Dengan kebersamaan itu tentu kita harap dapat memanimalisir genangan banjir,” ujar Gubernur Kaltim Isran Noor dikutip dalam siaran resmi, Selasa 15 Januari 2019.

Baca Juga: Kaltim Dirundung Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diimbau Waspada

Isran mengharapkan, BWS Kalimantan III dapat melanjutkan normalisasi Sungai Karang Mumus (SKM) dengan berbagai program, sehingga fungsinya dapat normal kembali dan berdampak pada pengurangan genangan air pada saat banjir.

Sementara, Kepala BWS Kalimantan III Anang Muchlis memaparkan kolam retensi nantinya akan dibangun dengan bentuk menyerupai danau dan akan memiliki beberapa fungsi.

Kolam retensi mesti didahului hibah dari Pemprov Kaltim kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait lahan yang berada tidak jauh dari Stadion Madya Sempaja seluas 7.700 m2.

“Syaratnya memang begitu karena pembangunan kolam retensi ini menggunakan anggaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Pemilik pekerjaan juga harus pemilik aset. Makanya kita memohon kepada Pemprov Kaltim untuk segera menghibahkan lokasi pembangunan kolam retensi tersebut,” papar Anang Muchlis.

Saat ini, rencana pembangunan kolam retensi ini sudah memasuki proses lelang. Kedalaman kolam retensi direncanakan tiga meter. Dengan konsep itu diperkirakan kolam mini akan mereduksi banjir dari genangan air semula 6 jam menjadi 4 jam.

Baca Juga: AJI Sesalkan Pengusiran Jurnalis Saat Persidangan di PN Balikpapan

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Kapal Bermuatan Elpiji Meledak, Dua Masih Hilang
apahabar.com

Kaltim

Tambah 210 Kasus, Total Positif Covid-19 di Kaltim 11.047 Orang
apahabar.com

Kaltim

Peduli Penghijauan, Polres PPU Tanam 5.000 Pohon
apahabar.com

Kaltim

Badak di Kalimantan Diselamatkan
apahabar.com

Kaltim

Positif Covid-19 di Kaltim Bertambah 197 Kasus
apahabar.com

Kaltim

Pemprov Bidik Pembebasan Lahan Jalan Tol Balikpapan-PPU
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Bak Indonesia Mini, Warga Papua Tak Perlu Khawatir
apahabar.com

Kaltim

Penajam Agendakan Tes Urine Dadakan Seluruh Pegawai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com