Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Kurangi Volume Sampah Plastik Lewat Perda

- Apahabar.com Senin, 7 Januari 2019 - 17:08 WIB

Kurangi Volume Sampah Plastik Lewat Perda

Sampah plastik bisa menjadi ‘pembunuh’. Foto-Inspirasi Cendekia

apahabar.com, BANJARMASIN – Keinginan Pemerintah Kota Banjarmasin menekan penggunaan kantong plastik hingga ke pasar tradisional harus didukung wakil rakyat.

Idealnya DPRD Banjarmasin menggodok peraturan daerah (perda) terkait larangan menggunakan kantong plastik. Tentunya keberadaan payung hukum itu menguatkan Peraturan Walikota (Perwali) Banjarmasin nomor 18 tahun 2016 terkait upaya pengendalian terhadap bahan yang tidak ramah lingkungan tersebut.

“Perda akan dibuat untuk menerapkan sanksi bagi yang melanggar peraturan itu. Karena Perwali ini hanya imbauan, tidak ada sanksi tegas,” terang Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, Senin (7/1/2018).

Baca Juga: Pemerintah Tak Punya Wewenang Urus Sumur Rusak, LSM: Krisis Kepercayaan

Mantan anggota DPRD Kalsel ini menilai apabila sudah terbentuk perda untuk meminimalisir volume sampah plastik, maka dalam mewujudkan lingkungan yang lestari dan berkesinambungan pada semua kalangan tidak hanya dialam bawah sadar saja.

Bahkan katanya, DPRD tingkat provinsi Kalsel pun pernah berencana mendalami Perwali ini agar kiranya mengurangi volume sampah plastik dalam cangkupan luas.

“Dulu DPRD Kalsel ingin membuat Perda untuk mengurangi sampah plastik di Kalsel, tapi kendalanya apa jadi tidak terlaksana kita tidak tau,” terangnya.

Diketahui dalam Perwali menerangkan bahwa tidak menyediakan kantor plastik pada setiap belanjaan di toko ritel, toko modern supermarket/minimarket yang tidak berbentuk badan usaha dalam bidang berdagang apapun.

Baca Juga: Aroyan Bayi Jantung Bocor Butuh Bantuan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Update 29 April: Horee, 4 Pengidap Covid-19 di Kalsel Boleh Pulang
apahabar.com

Kalsel

Rombongan Terakhir Jemaah Haji HST Diberangkatkan
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran di Kampung Jawa Hanguskan Rumah
apahabar.com

Kalsel

May Day 2019 di Kalsel, Angin Segar Perjuangan untuk Buruh Perempuan
apahabar.com

Kalsel

Sembako Stabil di Puncak, Pemkab Balangan Segera Sidak

Kalsel

Bank Perkreditan Rakyat Martapura Dibobol..!!

Kalsel

Puluhan Hektar Lahan di Kabupaten Banjar Terbakar, Kepala BPBD Sempat Terkecoh

Kalsel

Tabrakan Horor di Kotabaru, Pemotor Tewas Seketika
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com