Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Kurir Sepeda, Jasa Pengiriman Barang Ramah Lingkungan

- Apahabar.com Sabtu, 5 Januari 2019 - 08:15 WIB

Kurir Sepeda, Jasa Pengiriman Barang Ramah Lingkungan

Founder & Operator Banua Bike Messenger Service, Rahmawan Naufal Dirgantara. apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Kurir Sepeda menjadi jasa pengiriman barang yang patut dikembangkan. Mengingat, alat transportasi ini ramah lingkungan.

Ide brilian ini didapatkan Naufal Dirgantara, remaja yang baru lulus SMA. Bersama dengan 5 teman di komunitas sepedanya, dia memulai bisnis pengiriman barang dengan menggunakan sepeda di Januari 2018.

“Berawal dari menonton film Premium Rush, muncul ide membuat jasa kurir sepeda,” ujar Naufal pada apahabar.com, Jumat (4/1) siang.

Baca Juga: Rawan Perampokan Driver Online, Astra: Lengkapi dengan GPS

Ide itu disambut baik 5 temannya, dan diberi nama “Banua Bike Messenger Service”.

Diakui Naufal, bisnis yang dirintisnya mulai tumbuh. Semakin hari semakin berkembang. Bahkan, banyak online shop yang kemudian menawarkan diri untuk bekerjasama dan memakai jasa mereka.

Hingga saat ini, Banua Bike kerap mendapat orderan mengantar makanan, paket, dan dokumen. Namun pada waktu tertentu, tak jarang juga mengantarkan makanan.

“Makanan dan paket yang paling banyak, tapi selama Ramadhan kebanyakan makanan yang diantar,” ucap Founder & Operator BBM Service itu.

Banua Bike sendiri menurut Naufal, mempunyai kriteria berat maksimum yang diantar yaitu 9 Kg, tapi untuk dimensinya tidak ada batasan.

Sedangkan waktu pengiriman, Naufal menyediakan dua tipe, yang pertama One day: Durasi pengiriman kurang dari satu jam. Yang kedua tipe VIP: Pengiriman kurang dari 30 menit.

Saat ditanya mengenai harga, Naufal mengatakan pihaknya mematok harga per-kilometer, jarak 0 Km sampai 5 Km itu Rp7 ribu, kalau lebih dari 5 km akan dikenakan biaya tambahan Rp2 ribu per-kilometer-nya.

“Meskipun jauh, kami usahakan mengantar secepat mungkin,” tambah Naufal.

Mengenai omzet perbulan Naufal mengatakan, untuk sekarang rata-rata yang diperolehnya Rp1 juta.

Selain mendapat keuntungan, Naufal secara tidak langsung telah menyuarakan go green di masyarakat Banjarmasin khususnya.

“Kami sebagai anak muda harus berkegiatan positif, seperti yang bisa kami lakukan sekarang, menyuarakan go green membantu pemerintah mengurangi kadar polusi kota Banjarmasin,” ujar Naufal.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Jokowi Senang, 7 Perusahaan Asing Relokasi Pabrik ke Indonesia
apahabar.com

Ekbis

Terikat Utang Online Abal-abal, Korban Disuruh Jual Ginjal
apahabar.com

Ekbis

Relaksasi Bank Imbas Covid-19, Hipmi: Jangan Lupakan UMKM
apahabar.com

Ekbis

Sempat Rp 60 Ribu, Harga Bawang di Banjarmasin Turun Drastis
apahabar.com

Ekbis

Rabu Sore, Rupiah Melemah Tipis ke Rp 14.241 per Dolar AS
Aset Berisiko, Rupiah Melemah

Ekbis

Aset Berisiko, Rupiah Melemah
apahabar.com

Ekbis

Xiaomi Siapkan Smartphone Baru, Begini Bocorannya
apahabar.com

Ekbis

Senin Pagi Rupiah Melemah Tipis 0,6%
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com