Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung

Libur Tahun Baru, Basarnas Banjarmasin Waspadai Kawasan Pesisir

- Apahabar.com Selasa, 1 Januari 2019 - 13:36 WIB

Libur Tahun Baru, Basarnas Banjarmasin Waspadai Kawasan Pesisir

ilustrasi gelombang tinggi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Meskipun operasi SAR masih nihil atau zero accident, Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional (Basarnas) kota Banjarmasin tetap memberikan atensi lebih terhadap wisata pantai dan kawasan pesisir di Wilayah Kalsel-Teng. Mengingat cuaca dan gelombang laut yang relatif tinggi.

“Alhamdulillah, sampai dengan saat ini operasi nihil atau zero accident, tapi kita tetap waspada. Khususnya daerah pantai dan objek vital,” ucap Kepala Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional (Basarnas) Banjarmasin, Mujiono kepada apahabar.com, Selasa (1/1.

Sejauh ini, Basarnas telah memonitor di posko sekitar kawasan pantai. Mengingat, menurut Mujiono, hingga Senin (31/12) malam, ombak masih relatif tinggi diiringi dengan angin kencang.

Baca Juga: Tahun Baru Harapan Baru! Berikut Foto dan Video Kemeriahannya di Banjarmasin

Mujiono memberikan penanganan khusus untuk operasi SAR di kawasan pantai. Karena menurutnya, tahun -tahun sebelumnya, kunjungan wisatawan di kawasan pantai relatif meningkat dibanding hari biasa.

Untuk itu, Basarnas menerjunkan 52 orang tim rescue dan 32 Anak Buah Kapal (ABK). Tim tersebut diturunkan pada beberapa titik pantai, seperti pantai Batakan, Takisung, dan Pasar Terapung Siring Piere Tendean.

Dia mengungkapkan, upaya penyelamatan di daerah pantai yang dilakukan oleh Basarnas Banjarmasin sampai dengan hari kelima tahun baru. Sedangkan kawasan objek vital seperti pelabuhan dan bandara, Basarnas Banjarmasin memberikan waktu hingga hari ketujuh tahun baru.

“Untuk kawasan objek vital akan kita per-panjang, jumlah waktunya sampai dengan 14 hari dari tanggal 20 Desember 2018 kemarin,” ujarnya.

Mujiono menegaskan bahwa pihaknya telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait cuaca dan ombak di kawasan pantai. Dalam MoU tersebut, BMKG memerintahkan agar aktivitas di air seperti berenang tidak lebih dari 30 meter dari pesisir pantai.

“Apabila ombak sekitar 2 meter lebih, maka itu tidak diperbolehkan. Harus di pinggir pantai saja,” jelasnya.

Dia mengungkapkan bahwa sejauh ini kawasan pantai yang sangat berbahaya yaitu pantai Batakan, karena bersentuhan langsung dengan selat Makasar.

“Itu mungkin kawasan yang kita nilai rawan,” pangkas-nya.

Baca Juga: Pergantian Tahun, Bundaran Banjarbaru Sepi Kembang Api

Reporter : Muhammad Robby
Editor : Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Daftar Desa di Tanbu Dapat Rekom Gelar Ibadah Berjemaah di Masjid Saat Pandemi Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Ibnu Sina Ajak Masyarakat Jaga Kesucian Bulan Ramadan
apahabar.com

Kalsel

Polres HSU Jalankan BERGAUL, Identik dengan Program Kapolda Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Kasus Asusila Siswa Banjarbaru, Polisi Layangkan Panggilan ke GM
apahabar.com

Kalsel

Tunda Evakuasi, Basarnas Tunggu Laporan Resmi Kepolisian Dugaan Korban Tenggelam di Sungai Andai
apahabar.com

Kalsel

HA Chairansyah Resmi Jabat Bupati HST

Kalsel

Pilu Bocah Difabel Yatim di Kotabaru, Sekolah Lagi Berkat Bantuan Polisi Dermawan
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran di Kelurahan Kupang Tapin, Rumah Pria Tua Sebatang Kara Jadi Arang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com