Cuaca Kalsel Hari Ini: Waspada! Hujan Petir Melanda Hampir Seluruh Wilayah Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir

Mengelola Modal Usaha yang Berasal dari Utang

- Apahabar.com     Minggu, 13 Januari 2019 - 11:38 WITA

Mengelola Modal Usaha yang Berasal dari Utang

Ilustrasi. Foto-Shutterstock

1. Pilih jenis utang yang tepat

apahabar.com

Ilustrasi. Foto-Harian Nasional

Jauh sebelum memutuskan untuk berutang demi modal usaha, pastikan Anda telat memilih jenis utang paling tepat. Sebab, pemilihan jenis hutang yang tidak tepat akan menimbulkan beragam risiko.

Pada dasarnya ada dua jenis hutang, yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Utang jangka panjang lebih diminati oleh para pelaku bisnis, karena pertimbangan goal yang harus dicapai dalam waktu lama.

Tenggat waktu pembayaran atau jatuh tempo utang jangka panjang bisa mencapai satu periode akuntansi, yakni satu tahun lebih. Pelunasan hutang jangka panjang umumnya dibayar dengan aktiva tidak lancar.

Baca Juga:  Bank Kalsel tak Kesampingkan UMKM

Contoh dari aktiva tidak tetap adalah segala macam aset perusahaan seperti saham. Sementara bila memilih utang jangka pendek, tentu saja akan merepotkan Anda dalam hal pelunasan yang harus dipenuhi lebih cepat.

Selain itu, Anda juga tidak perlu gegabah memilih bank. Ada beberapa hal yang perlu jadi pertimbangan saat mengajukan pinjaman, seperti bunga yang tidak terlalu besar dan tenor yang panjang.

Anda bisa membandingkan produk pinjaman antara bank satu dengan yang lainnya melalui marketplace produk keuangan pertama di Indonesia, CekAja.com.

Pinjaman dari bank telah Anda dapat, jangan lantas terlena. Tagihan akan terus menghampiri setiap bulannya.

Namun jangan pula kalut, karena kunci dari mengelola modal yang berasal dari utang adalah hanya dengan disiplin membayar cicilan.

Buat jadwal pembayaran utang, sehingga Anda sudah bisa mempersiapkannya lebih awal. Bila perlu bayar cicilan tersebut sebelum tanggal tempo.

Kontrol keuangan agar tidak sekali pun menunggak cicilan. Karena sekali saja menunggak akan dikenakan menambah bunga yang cukup besar di bulan berikutnya.

Motiviasilah diri sendiri, bahwa semakin cepat hutang-hutang terlunasi maka tentu akan semakin cepat pula Anda bebas dari beban finansial yang ada.

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

WhatsApp Paling Banyak Di-download Tahun 2018
apahabar.com

Ekbis

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III dan IV Diproyeksikan Membaik Tapi Negatif
Rupiah Tertekan

Ekbis

Rupiah Tak Berdaya di Hadapan Semua Mata Uang
apahabar.com

Ekbis

Tri Indonesia Ajak Pelanggan Bantu Tim Medis Lawan Covid-19
apahabar.com

Ekbis

Kalsel Keluhkan 10% DBH dan PI Blok Sebuku Tak Kunjung Terealisasi
apahabar.com

Ekbis

Siapkan Rp 12 Triliun Suntik BPJS Kesehatan
apahabar.com

Ekbis

Semangat Nasionalisme, Pertamina Dedikasikan Rp 839 Miliar
apahabar.com

Ekbis

BUMN Harus Jadi Teladan Perusahaan Swasta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com