Pengembalian Tengkorak Demang Lehman dan Dugaan Penghapusan Sejarah oleh Belanda 2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor!

Narapidana Asal Tanbu Tak Coblos Satu Surat Suara di Pemilu

- Apahabar.com Selasa, 15 Januari 2019 - 11:45 WIB

Narapidana Asal Tanbu Tak Coblos Satu Surat Suara di Pemilu

Ilustrasi mencoblos. Foto-asumsi.co

apahabar.com, BATULICIN – Narapidana asal Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) yang sedang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotabaru memang tetap akan mengikuti Pemilu seperti masyarakat pada umumnya.

Namun, narapidana yang berjumlah lebih dari 500 orang tersebut tidak akan mencoblos surat suara untuk pemilihan calon anggota DPRD kabupaten.

“Kecuali calon anggota DPRD kabupaten, mereka semua akan ikut pencoblosan,” sebut Ketua KPU Tanbu, Makhruri, kepada apahabar.com, Selasa (15/1/2019).

Baca Juga: Sebelum ke Tanbu, Gus Muwafiq Isi Ngaji Kebangsaan di Universitas NU Kalsel

Sebelumnya, Kepala Lapas Kotabaru, Suhartomo, sempat menyambangi Kantor KPU Tanbu untuk berkoordinasi terkait masalah itu. Saat itu, Suhartomo meminta semua warga Tanbu yang ada di sel Kotabaru dimasukkan ke Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Hal itu dilakukan karena ada kecurigaan dari sebagian pihak bahwa suara para narapidana di Tanbu akan dimobilisasi oleh pihak-pihak tertentu.

Suhartomo juga sempat meminta TPS khusus warga Tanbu yang sedang menjalani hukuman. Namun, menurut Makhruri, TPS khusus narapidana asal Tanbu tidak memungkinkan untuk dibuat, karena di samping jaraknya yang jauh, juga sampai saat ini tidak ada regulasi yang mengatur tentang TPS khusus itu pada pemilu 2019 mendatang.

Solusi lain adalah mendatangkan semua tahanan untuk mencoblos di Tanbu. Tapi, kata Makhruri, hal itu juga tidak mungkin dilakukan.

apahabar.com

Ketua KPU Tanbu, Makhruri. Foto-apahabar.com/Puja Mandela

“Akhirnya kami akan berikan surat pindah pemilih, dengan catatan para napi tidak memilih anggota DPRD kabupaten,” jelasnya.

Makhruri menerangkan, narapidana asal Tanbu yang dimaksud sebenarnya tak semuanya benar-benar warga yang memiliki KTP Tanbu.

Ada sebagian narapidana yang ketika melakukan kejahatan di wilayah Tanbu, lalu ditangkap oleh aparat penegak hukum setempat. Sebagian di antaranya tidak memiliki identitas yang jelas. Akhirnya, mereka disebut sebagai narapidana dari Tanbu.

Setelah ini, tinggal KPU Kotabaru yang mengakomodir menjelang hari pencoblosan. Pemilu itu sendiri, kata Makhruri, akan dilaksanakan di sekitar Lapas Kotabaru.

“KPU Tanah Bumbu terus berkoordinasi dengan pihak Lapas Kotabaru dan KPU Kotabaru agar persiapan pelaksanaan di hari pencoblosan berjalan lancar,” tandasnya.

Baca Juga: Pemkab Tanbu Raih Adipura, Begini Harapan Masyarakat

Reporter: Puja Mandela
Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Bupati Sampaikan Kekosongan Blangko e-KTP kepada Dewan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sajikan Data Statistik Berbasis Spasial, Pemkab Tanbu Luncurkan SiSADAP
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Wakil Rakyat Tanbu Terima Kunjungan Anggota DPRD Penajam Paser Utara
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Diserang Isu Negatif, Ini Komentar Ketua KPU Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Menkum HAM Yasonna Laoly Kunjungi Lapas Batulicin
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pantau Posko Perbatasan, Rooswandi Serahkan ‘Thermo Gun’
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Benarkah PSK di Warjab Terinfeksi HIV? Ini kata KPA Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

1 PDP di Tanbu Ternyata Peserta Ijtima Ulama di Gowa, Satu Desa Didisinfektan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com