Kesiapan MTQ Kalsel di Tanbu Capai 50 Persen Ditetapkan KPK Tersangka, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Bantah Terlibat Suap INNALILLAHI! Bocah 7 Tahun di Baharu Utara Kotabaru Tewas Dipatuk Kobra Jadi Tersangka Suap, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Diduga Terima Miliar Rupiah Kebakaran Pelambuan, Puluhan Rumah Dekat Gudang Karet Ludes

Pengemis Tajir Punya Aset Rp 1 M, Apa Kata Sosiolog?

- Apahabar.com Rabu, 16 Januari 2019 - 09:51 WIB

Pengemis Tajir Punya Aset Rp 1 M, Apa Kata Sosiolog?

Legiman pengemis tajir punya aset Rp1 miliar. Foto-Detikcom

apahabar.com, JAKARTA – Luar biasa hanya dengan mengemis, Legiman mampu mengumpulkan rupiah dan kini memiliki aset senilai Rp1 miliar. Mungkin masih banyak pengemis tajir di negeri ini.

Lantas apa kata sosiolog terkait fenomena ini. “Orang kayak begini, gejala mentalitas miskin, bukan miskin sebenarnya, harus dibongkar, revolusi mental harus mengatasi seperti ini,” ucap sosiolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Arie Sujito, seperti dilansir detikcom, Selasa (15/1/2019).

Legiman, kakek yang mengemis di Pati, memanfaatkan simbol kemiskinan untuk meraup untung. Dia tidak perlu bekerja keras untuk mendapat banyak uang.

“Itu artinya, kalau memang benar dari mengemis. Eksploitasi dari simbol miskin dimanfaatkan, dan dia berhasil. Itu artinya ini gejala keanehan dalam masyarakat kita, tradisi kerja tidak dilakukan dengan kerja banting tulang,” ucap Arie.

Baca Juga: Apkasi Sambut Baik Kenaikan Gaji Perangkat Desa

Arie menyebut gejala seperti ini adalah miskin dalam mentalitas, bukan struktural. Arie menyebut kasus ini adalah bagian dari anomali masyarakat.

“Kan ada orang miskin struktural, nggak punya akses, sumber daya. Tapi dia mentalitas, eksploitasi kemiskinan untuk mendapat bantuan. Problem kayak ini saya sebut anomali, orang bermental miskin eksploitasi simbol kemiskinan,” ucap Arie.

Sebelumnya, Legiman, pengemis kaya raya di Pati, diketahui memiliki aset lebih dari Rp 1 miliar. Legiman biasa beroperasi di kawasan pasar Kecamatan Juwana, Pati, dari pagi hingga siang hari. Sedangkan pada malam hari dia beroperasi di kawasan Alun-alun Pati. Hingga kini, petugas Satpol PP Pati masih menelusuri alamat tinggal Legiman.

Baca Juga: CVR Lion Air Diangkat dari Dasar Laut Tertutup Lumpur 8 Meter

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Segera Terbit, Simak Penjelasan Menhub Terkait Aturan Ojek Online
Polisi

Nasional

Legislator Kalsel Minta Kasus Oknum Polisi Tembak Anggota TNI Diusut Tuntas
PDIP

Nasional

PDIP Segera Luncurkan Satgas Lingkungan Jaga Sungai
apahabar.com

Nasional

Erick Thohir hingga Bahlil Lahadalia Dinilai Pantas Jadi Menteri
apahabar.com

Nasional

Kemenag Tambah 1.000 Pembina Manasik Haji
apahabar.com

Nasional

Timor Leste Sampaikan Belasungkawa Atas Kepergian BJ Habibie
apahabar.com

Nasional

Jelang Pengiriman Ibadah Umrah, Kemenag dan Kemenkes Bahas Persiapan
apahabar.com

Nasional

Arahan Terbaru Pemindahan Ibu Kota ke Kaltim, Regulasi Jadi Atensi Jokowi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com