Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Pengemis Tajir Punya Aset Rp 1 M, Apa Kata Sosiolog?

- Apahabar.com Rabu, 16 Januari 2019 - 09:51 WIB

Pengemis Tajir Punya Aset Rp 1 M, Apa Kata Sosiolog?

Legiman pengemis tajir punya aset Rp1 miliar. Foto-Detikcom

apahabar.com, JAKARTA – Luar biasa hanya dengan mengemis, Legiman mampu mengumpulkan rupiah dan kini memiliki aset senilai Rp1 miliar. Mungkin masih banyak pengemis tajir di negeri ini.

Lantas apa kata sosiolog terkait fenomena ini. “Orang kayak begini, gejala mentalitas miskin, bukan miskin sebenarnya, harus dibongkar, revolusi mental harus mengatasi seperti ini,” ucap sosiolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Arie Sujito, seperti dilansir detikcom, Selasa (15/1/2019).

Legiman, kakek yang mengemis di Pati, memanfaatkan simbol kemiskinan untuk meraup untung. Dia tidak perlu bekerja keras untuk mendapat banyak uang.

“Itu artinya, kalau memang benar dari mengemis. Eksploitasi dari simbol miskin dimanfaatkan, dan dia berhasil. Itu artinya ini gejala keanehan dalam masyarakat kita, tradisi kerja tidak dilakukan dengan kerja banting tulang,” ucap Arie.

Baca Juga: Apkasi Sambut Baik Kenaikan Gaji Perangkat Desa

Arie menyebut gejala seperti ini adalah miskin dalam mentalitas, bukan struktural. Arie menyebut kasus ini adalah bagian dari anomali masyarakat.

“Kan ada orang miskin struktural, nggak punya akses, sumber daya. Tapi dia mentalitas, eksploitasi kemiskinan untuk mendapat bantuan. Problem kayak ini saya sebut anomali, orang bermental miskin eksploitasi simbol kemiskinan,” ucap Arie.

Sebelumnya, Legiman, pengemis kaya raya di Pati, diketahui memiliki aset lebih dari Rp 1 miliar. Legiman biasa beroperasi di kawasan pasar Kecamatan Juwana, Pati, dari pagi hingga siang hari. Sedangkan pada malam hari dia beroperasi di kawasan Alun-alun Pati. Hingga kini, petugas Satpol PP Pati masih menelusuri alamat tinggal Legiman.

Baca Juga: CVR Lion Air Diangkat dari Dasar Laut Tertutup Lumpur 8 Meter

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Belasan Gempa Susulan Terekam Pascagempa 7,1 SR
apahabar.com

Nasional

Penerimaan Calon ASN di Papua Ditunda ke 2019
apahabar.com

Nasional

Seorang Perempuan Nyaris Mendapat Perlakuan Jahat Driver, Selamat Berkat Emergency Button Grab
apahabar.com

Nasional

Soroti Kasus Penyiraman Novel Baswedan, Pangeran: Hukum Jangan Tumpul ke Atas
apahabar.com

Nasional

Update Virus Corona: 1.016 Korban Meninggal, 42.638 Terinfeksi di China
apahabar.com

Nasional

Geger Temuan King Kobra Keluar dari Dalam Kulkas, Intip Videonya
apahabar.com

Nasional

Polisi Harus Lebih Waspada dalam Membaca Serangan Teroris
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Indonesia Butuh Pahlawan Pemberantas Kemiskinan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com