Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Perhatikan Peringatan Dini BMKG Ini yang Dapat Ancam Wilayah Kalsel!

- Apahabar.com Rabu, 2 Januari 2019 - 06:07 WIB

Perhatikan Peringatan Dini BMKG Ini yang Dapat Ancam Wilayah Kalsel!

Prakiraan dari BMKG Kalsel. apahabar.com/Infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika (BMKG) kembali memberikan peringatan dini tentang cuaca di wilayah Kalsel. Selain adanya potensi hujan berpetir, tapi juga besar kemungkinan terjadinya ancaman angin kencang.

Baca Juga: Puting Beliung Kampung Gadang Hantam 3 Rumah Warga

Jika berdasarkan analisis kondisi atmosfer sejak 31 Desember 2018 tadi oleh BMKG, maka terindentifikasi adanya peningkatan tekanan udara di dataran Asia.

Selain itu terpantau juga bibit siklon di sebelah utara Indonesia yakni 97W tepatnya di Laut China Selatan.

BMKG juga mengidentifikasi adanya bibit siklon tropis 95P di Teluk Carpentaria Australia (sebelah selatan Papua) dan 96S di samudera Hindia (sebelah selatan Jawa).

Dari ketiga bibit siklon yang ada di sekitar Indonesia, bibit siklon 95P di Teluk Carpentaria yang memiliki kecepatan angin maksimum 25 knots di pusatnya dan bibit siklon 97W di Laut China Selatan dengan kecepatan angin maksimum 20 knots di pusatnya, keduanya berpotensi tinggi menjadi siklon tropis dalam 24-48 jam ke depan.

Kondisi ini menyebabkan pergerakan massa udara dari Asia yang bergerak menuju Indonesia mengalami penguatan.

Sehingga berdampak pula pada potensi peningkatan kecepatan angin, ketinggian gelombang laut, dan potensi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia.

Nah dari beberapa wilayah yang diprakirakan akan terdampak angin kencang, Kalsel merupakan salah satunya.

Seperti diketahui pada Selasa (1/1/2019) sore, tiga rumah mengalami rusak pada bagian atap setelah diterpa puting beliung di Kampung Gadang, Banjarmasin. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Waspada terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang disertai petir dan angina kencang di wilayah­ Kota/Kab Kotabaru, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjarbaru, Banjarmasin, Banjar, Batola, Tapin dan sekitarnya,” tulis BMKG lewat laman resminya di www.bmkg.go.id, Rabu (2/1).

BMKG sendiri memprakirakan untuk Banjarmasin akan terjadi hujan pada siang hari. Dengan kekencangan angin 28 km/jam. Sementara suhu udara berada di 24 derajat celcius dengan tingkat kelembaban 65 persen.

Kondisi serupa juga dialami lima wilayah lainnya. Masing-masing Banjarbaru, Martapura, Batulicin (Tanah Bumbu), Kotabaru dan Marabahan (Batola). Sedangkan untuk Pelaihari hujan dengan intensitas sedang terjadi pada siang hari.

Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dinsos Bangkitkan Usaha Madu Kelulut dan Lebah Meratus di Balangan
apahabar.com

Kalsel

Pedagang Setuju Relokasi Di Mitra Plaza
apahabar.com

Kalsel

Kondisi Rawan, Anggota Polsek Martapura Blusukan ke Kampung-kampung
apahabar.com

Kalsel

Duta Mall Peduli Sebuku, Kumpulkan Rp100 Juta Lebih dari Lelang
apahabar.com

Kalsel

Ini Sanksi Jika Kampanye pada Masa Tenang
apahabar.com

Kalsel

Terkuak, Pemeran Video Viral TikTok Asusila Remaja Banjar
apahabar.com

Kalsel

Resmi Keputusan Putra Guru Sekumpul, Kubah Ditutup Sementara
apahabar.com

Kalsel

Remisi 3.093 Narapidana, Hanya 40 yang menghirup Udara Bebas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com