Viral Korban Banjir Kalsel Lahiran di Jukung, Nama Anaknya Unik Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel

Peserta Pemilu Pertanyakan Penertiban APK

- Apahabar.com Rabu, 30 Januari 2019 - 21:03 WIB

Peserta Pemilu Pertanyakan Penertiban APK

Bawaslu Kota Banjarmasin mulai melakukan penertiban APK di Jalan Pramuka Km 6, Rabu (30/1/2019). Foto- apahabar.com/bahaudinqusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Bawaslu Kota Banjarmasin akhirnya melakukan penertiban terhadap APK (Alat Peraga Kampanye), Rabu (30/1/2019). Penertiban itu menyasar ke lima kecamatan dengan menggandeng petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat.

Namun, dalam proses penertiban APK ini sempat mendapat protes dari pengurus partai. Pasalnya, mereka sudah merasa memasang APK sudah sesuai aturan, tetapi tetap ditertibkan.

“Pihak panwas mestinya jangan bertindak secara sepihak, tanpa pemberitahuan sebelumnya ke peserta Pemilu,” kata Lutfi Saifuddin, calon legislatif DPRD Provinsi Kalsel saat dihubungi apahabar.com, Rabu (30/1/2019).

Ia juga mempertanyakan, apakah tanpa pemberitahuan bisa dianggap pelanggaran dan disampaikan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP).

Baca Juga: Imbauan Tak Digubris, Bawaslu Dibantu Satpol PP Copot APK

Pertanyaan tersebut terjadi, ketika petugas gabungan berupaya menertibkan APK berupa baliho di Jalan Pramuka Km 6, Banjarmasin.

“Kita tidak tahu itu pelanggaran, karena tidak pernah diberitahukan sebelumnya. Semestinya diberitahu secara tertulis supaya bisa kami pindah,” ujar Lutfi yang juga politisi Partai Gerindra ini.

Alasan Lufti tersebut dibantah Ketua Bawaslu Banjarmasin, Muhammad Yasar saat dijumpai media ini usai penertiban APK.

Yasar menerangkan, bahwa sebenarnya bukan pihaknya yang kurang melaksanakan sosialisasi mengenai aturan pemasangan APK sesuai UU nomor 7 tahun 2017 pasal 280 ayat 1 dan PKPU pasal 23 dan 28 tahun 2018.

Baca Juga: Baru Datang, Dua Truk Tabloid Indonesia Barokah Disortir Bawaslu Banjarbaru

“Sebenarnya mereka yang kurang membuka aturan sosialisasi pemasangan APK,” tegas Yasar.

Padahal kata Yasar, sejak 23 September lalu, Bawaslu sudah memanggil peserta pemilu untuk menyampaikan sosialisasi tahapan serta aturan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kami mengimbau terus agar peserta pemilu ini jangan sampai melanggar PKPU atau Perwali. Tapi kita tidak tahu bagaimana pembinaan mereka di dalam internal partai mengenai itu,” terangnya.

Oleh karena banyaknya sosialisasi yang dilakukan pihaknya, maka ia harapkan untuk penertiban APK tahap kedua jangan diulangi lagi.

Baca Juga: Bawaslu Kalsel Sita 44 Koli Tabloid Indonesia Barokah Siap Edar

Adapun titik-titik yang dilalui tim gabungan ini di antaranya Jalan Pramuka, Sungai Lulut, Banua Anyar, Sungai Andai, Sultan Adam, Perdagangan, Belitung, Pasir Mas, Jafri Zam Zam, Sutoyo S – Dahlia, Pekauman, Kelayan B, Fly Over dan kembali ke Kantor Bawaslu Kota Banjarmasin.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Elemen Masyarakat Banjarbaru Kompak Tolak Aksi Anarkis di Pilkada Serentak 2020
apahabar.com

Politik

Pangeran Khairul Saleh Siap Bawa Gerbong PAN Menangkan H Rusli-Guru Fadhlan di Pilbup Banjar 2020
apahabar.com

Politik

Verifikasi Dukungan Calon Independen, KPU Banjarmasin Temukan KTP Ganda
apahabar.com

Politik

Pengamat: Hakim MK Bisa Akhiri Polemik Permohonan Prabowo-Sandi
apahabar.com

Politik

Kader Inginkan Mardani H Maming Tetap Jabat Ketua DPD PDIP Kalsel dan Megawati Ketum
apahabar.com

Politik

Jokowi: Kita Mulai Bangun Jalur Kereta Api Makassar ke Parepare
apahabar.com

Politik

Resmi Deklarasi, Haris-Ilham Diusung Koalisi ‘Banjarmasin Bangkit’
apahabar.com

Politik

Jika Terpilih, Pasangan Nomor Urut 1 SHM-MAR Janjikan Tower Telkomsel Berdiri di Desa Gunung Raya dan Emil Baru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com