VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

PKBI Kalsel Dorong Organisasi Resmi Waria di Banjarmasin

- Apahabar.com Rabu, 16 Januari 2019 - 15:52 WIB

PKBI Kalsel Dorong Organisasi Resmi Waria di Banjarmasin

Direktur Eksekutif Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kalimantan Selatan, Hapmiah di kegiatan Pelatihan Marketing untuk Pemasaran Produk dan Jasa KUBE. Foto-apahabar.com/mrandyfitrawan

apahabar.com, BANJARMASIN – Melalui program peduli, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kalimantan Selatan dorong terbentuknya organisasi resmi untuk kalangan waria di Kota Banjarmasin.

Direktur Eksekutif Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kalimantan Selatan, Hapmiah mengatakan, upaya itu dilakukan agar organisasi waria bisa setara dengan organisasi lainnya. Ke depan, pihaknya akan membuat akta notaris dan Surat Keterangan Keberadaan (SKK) di Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin.

“Kita akan urus semua itu ke Kesbangpol,” ucapnya kepada apahabar.com di sela kegiatan Pelatihan Marketing untuk Pemasaran Produk dan Jasa KUBE, Rabu (16/1).

Menurutnya, ada beberapa target dalam program peduli yang akan dilaksanakan, di antaranya mempermudah akses layanan, proses penerimaan masyarakat dan mendorong kebijakan yang pro terhadap waria di Banjarmasin.

Pihaknya juga melakukan pendampingan terhadap komunitas waria dalam pemenuhan hak-hak sipil politik. Saat ini PKBI lebih fokus terhadap pembekalan kewirausahaan. Lebih-lebih telah dibentuknya Event Organizer (EO) Paris Barantai yang akan didampingi oleh PKBI hingga Juli 2019 mendatang.

“Setelah selesai didampingi PKBI, maka organisasi resmi waria tersebut bisa menjadi wadah untuk mengembangkan diri waria,” ucapnya.

Baca Juga: Kasus Perempuan dan Anak Naik, Banjarmasin Dominan Pelecehan Seksual, Fisik, dan Psikis

Dia berharap, pasca didampingi oleh PKBI Kalsel, para waria Banjarmasin mampu lebih mandiri dengan modal pembekalan yang telah diberikan.

Sementara itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Paris Barantai Banjarmasin, Lili mengungkapkan, sejauh ini proses pembuatan legalitas organisasi waria telah memasuki tahap pembuatan Surat Keterangan Keberadaan (SKK) di Kesbangpol Kota Banjarmasin.

“Organisasi kita nanti akan tercatat di pemerintahan, bukan hanya organisasi biasa. Tapi kita sudah legal,” ucapnya.

Dia menyebutkan, apabila salah satu dari anggota terlibat masalah, maka bisa ditangani oleh pengurus organisasi. Bahkan, pihaknya akan melaksanakan kegiatan “security system” atau mengetahui sistem pelaporan dalam menghadapi suatu permasalahan.

“Sebagai wujud membentengi diri dari segi ketidakadilan pelayanan dan cemooh dari masyarakat,” ujarnya.

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pengawasan Gudang Penyimpanan Logistik Pemilu Diperketat
apahabar.com

Kalsel

Cuaca Kalsel Hari Ini, Dua Wilayah Diguyur Hujan
apahabar.com

Kalsel

Diteriaki, Mahasiswi Penabrak Lari di Banjarmasin Ingin Kabur ke Mapolda
apahabar.com

Kalsel

KPH Balangan Bagi-Bagi Ribuan Bibit Tanaman
apahabar.com

Kalsel

Sertifikasi Ratusan Guru Macet, DPRD Kalsel Panggil Dinas Pendidikan
apahabar.com

Kalsel

Polsek Daha Selatan Diserang, Kapolres Tala Instruksikan Anggota Tingkatkan Kewaspadaan
apahabar.com

Kalsel

Mau SIM Gratis, Download Aplikasi Si Tala
apahabar.com

Kalsel

Ditlantas Polda Kalsel Dorong Gojek Jadi Pelopor Keselamatan Berkendara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com