apahabar.com
Korban putting beliung mengungsi ke masjid.-Foto-Detiknews

apahabar.com, RANCAEKEK – Akibat puting beliung, sejumlah kediaman warga Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat rusak. Makanya ratusan warga pun mengungsi ke tiga masjid.

Camat Rancaekek, Baban Banjar mengatakan, di Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek ada sekitar 200 orang warga mengungsi, akibat rumah yang ditinggali warga rusak.

“Warga yang mengungsi kurang lebih 200 orang di tiga masjid. Masjid Al-Muhajirin, Al-Ikhlas dan At-Taubah,” kata Baban dijumpai di dapur pengungsian yang ada di Desa Jelgong.

Baban mengungkapkan sekitar 150 unit rumah di Desa Jelgong tepatnya di Perumahan Rancaekek 2 mengalami kerusakan berat.

“Perkiraan 150 rumah di wilayah ini, kalau semuanya yang ada di tiga desa ada sekitar 600 unit rumah yang mengalami kerusakan,” ungkapnya seperti dilansir detiknews.com.

Baca Juga: Warga Pesisir Waspada Puting Beliung

Menurutnya, belasan warga mengalami luka-luka ringan dan dua orang warga mengalami luka berat.

“Dua orang warga yang mengalami luka berat sudah dilarikan ke Rumah Sakit Al-Islam, warga tersebut mengalami luka karena tertimpa puing-puing bangunan,” ujarnya.

Baban menuturkan, rata-rata puing-puing rumah milik warga belum dibersihkan, karena saat ini pihaknya sedang fokus dalam penanganan korban.

“Puing-puing rumah belum dibersihkan, kita fokus penanganan kepada warganya. Warga yang perlu makanan, layanan kesehatan dan alat untuk tidur,” tuturnya.

Baban menambahkan, dapur umum dari Dinas Sosial sudah didirikan, bantuan logistik, obat-obatan, air bersih, dan makanan dari berbagai pihak sudah masuk untuk disalurkan kepada warga.

“Bantuan sudah datang dari sejak malam, bantuan dari SKPD, Pak Bupati, Polres, Kodim, Brimob, Komunitas dan Relawan,” tambahnya.

Baca Juga: Kisah Pilu Anang, Korban Angin Puting Beliung Kampung Gadang

Editor: Syarif