7 Pemuda Diamankan Saat Demo di Banjarmasin, Polisi: Mereka Mabuk Gaduk Sudah Minta Maaf, Sekda Tala Tetap Dipolisikan Live Streaming SCTV PSG vs Man United Liga Champions Malam Ini, Link Siaran Langsung Vidio.com Demo Setahun Jokowi di Banjarmasin: 5 Remaja Diamankan, Mahasiswa Respons Santuy Refleksi Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Kalsel Ancam Demo Tiap Pekan

Respon Pertamina soal Sejumlah SPBU Disegel yang Rugikan Masyarakat Rp6 M

- Apahabar.com Rabu, 16 Januari 2019 - 11:45 WIB

Respon Pertamina soal Sejumlah SPBU Disegel yang Rugikan Masyarakat Rp6 M

Ilustrasi. Foto-elshinta.com

apahabar.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) memastikan akan menindak tegas sejumlah SPBU-SPBU yang terindikasi melanggar aturan perdagangan.

Sebelumnya, lima nozzle pompa ukur BBM di SPBU 14201138 Jl Ringroad Gagak Hitam Medan disegel karena terindikasi meteran tidak sesuai dengan takaran, pada Selasa (15/1/2019).

Pertamina MOR I akan memberikan sanksi tegas bila terbukti adanya kecurangan yang dilakukan pengusaha SPBU.

Pjs Unit Manager Communication & CSR MOR I Pertamina Zurni Laili Safrida mengapresiasi langkah yang dilakukan Dinas Perdagangan dan Dinas Metrologi kota Medan.

Dia menuturkan masih menunggu hasil penyelidikan yang dilakukan tim dari Kemendag dan Dinas Metrologi kota Medan. Meskipun berdasarkan data SPBU, uji tera terakhir dilakukan di SPBU pada Agustus 2018.

Zurni menegaskan, Pertamina tidak segan-segan memberi sanksi tegas kepada pemilik SPBU yang berbuat curang dan merugikan konsumen.

“Saat ini Pertamina MOR I memberi sanksi berupa penghentian pasokan BBM di lima nozzle yang tidak sesuai takarannya, namun tidak menutup kemungkinan sanksi pemutusan hubungan usaha. Hal ini tergantung dari tingkat kesalahan yang dilakukan,” ungkapnya dikutip dalam laman resmi Pertamina, Rabu 16 Januari 2019.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu khawatir dengan pelayanan di SPBU 14201138 Jalan Ringroad Gagak Hitam. Pasalnya, nozzle BBM yang lainnya masih tetap beroperasi.

Baca Juga: Pertamina Jamin SPBU di Loksado Mengikuti Program Pemerintah

“Di SPBU 14201138 Jl Ringroad Gagak Hitam, ada lima nozzle solar yang ditutup sementara, namun 1 nozle solar dan pompa produk lainnya seperti Premium, Pertalite, Dexlite dan Pertamax tetap beroperasi.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga atau PKTN Kementerian Perdagangan melakukan penyegelan sebuah Sarana Pengisian Bahan Bakar Umum 14201138 di Jalan Sunggal Simpang Jalan Ringroad, Medan, Sumatera Utara, Selasa sore, 15 Januari 2018.

Direktur Jenderal PKTN Kementerian Perdagangan, Veri Anggriono Sutiarto mengatakan, SPBU diduga melakukan pelanggaran takaran ukuran Bahan Bakar Minyak, saat dilakukan pengisian ke kendaraan motor milik masyarakat.

“Pertama, kita melakukan pengamatan terhadap sebuah SPBU ini, di sini kita temukan ada dugaan pelanggaran takaran ukuran dari batas normal yang dilakukan aturan,” ucap Veri kepada wartawan, seperti dilansir Viva.

Atas hal itu, Penyidik PPNS Balai Standarisasi Meteorologi Legal Cabang Medan Kementerian Perdagangan Veri mengatakan, temuan ini akan dikoordinasikan dengan Dinas Perdagangan Kota Medan, untuk dilakukan penyelidikan.

“Di peralatannya, kita temukan yang mestinya tersegel. Namun, ini tidak tersegel. Kami akan melakukan penyelidikan mendalam,” tutur Veri.

Veri menjelaskan, pihaknya melakukan penyegelan terhadap satu unit dispenser dengan total 6 unit nozzle pengisian BBM jenis solar. Ia mengungkapkan, hasil penyelidikan ditemukan solar dengan tingkat kesalahan rata-rata mencapai minus 0,83 persen.

“Untuk kerugian, kasat mata sudah miliaran rupiah lah masyarakat dirugikan. Kita melihat sudah berapa lama, berlokasi sangat strategis kerugian Rp5 miliar sampai Rp 6 miliar,” jelas Veri.

Baca Juga: Hiswana Migas Minta SPBU ‘Nakal’ Tak Disegel

Editor: Fariz Fadhillah

pakekan ilustrasi SPBU disegel

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Satpol PP Amankan Penjual dan Puluhan Liter Tuak
apahabar.com

Hukum

Diperiksa Polisi, Pacar Tersangka Pembuang Bayi di Satui Mengelak
apahabar.com

Hukum

Intip Kronologis Penangkapan Puluhan Laskar FPI Kalsel di Surabaya
apahabar.com

Hukum

Maling Sendal di Sungai Andai Dihukum Berendam
apahabar.com

Hukum

Setahun, BNNK Banjarbaru Rehabilitasi Ratusan Pecandu Narkoba
apahabar.com

Hukum

Gembong Narkoba Banjarmasin Diringkus, Kekayaan Senilai Rp 6 Miliar Disita
apahabar.com

Hukum

Ops Sikat Intan 2019, Polresta Banjarmasin Bongkar Puluhan Kejahatan Konvensional
apahabar.com

Hukum

Dituntut 10 Tahun Penjara, Dua Residivis Narkoba Asal Mura Minta Keringanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com