3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

Riset: Perokok Punya IQ Lebih Rendah

- Apahabar.com Kamis, 3 Januari 2019 - 07:30 WIB

Riset: Perokok Punya IQ Lebih Rendah

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebuah penelitian di Israel menemukan bahwa para perokok memiliki IQ yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak merokok. Bahkan para ilmuwan menemukan bahwa kepintaran mereka dianggap semakin menurun jika mereka semakin banyak merokok.

Telegraph melaporkan hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Addiction pada 2010 lalu. Dilansir dari health.uzone.id, dalam riset ini ditemukan bahwa perokok memiliki rata-rata IQ 94, sementara mereka yang tidak merokok memiliki rata-rata 101. Lebih parahnya lagi, mereka yang merokok lebih dari satu bungkus rokok per harinya memiliki IQ rata-rata 90 saja.

Hasil tersebut didapat berdasarkan data lebih dari 20 ribu pria berusia 18 hingga 21 tahun di Israel. Sekitar 28 persen dari para peserta riset mengaku merokok satu atau lebih batang per harinya. Tiga persen di antara mereka mengaku telah berhenti, sementara 68 persen sisanya mengaku tidak pernah merokok.

Baca Juga: 6 Manfaat Tak Terduga Kepiting untuk Kesehatan

“Dalam dunia kesehatan, kami biasanya menduga bahwa perokok kemungkinan besar adalah orang-orang yang tumbuh besar di lingkungan yang sulit, atau mereka yang kurang mendapat pendidikan,” kata Mark Weiser, pemimpin riset ini.

“Namun karena riset kami juga memasukkan data dari subjek dengan latar belakang sosial ekonomi yang beragam, kami telah berhasil mengesampingkan faktor sosial ekonomi tersebut dalam riset,” tambah dia.

Riset juga mempelajari efek merokok pada saudara kembar. Mereka menemukan bahwa pada saudara kembar yang tidak merokok ditemukan rata-rata IQ yang lebih tinggi.

“Orang-orang dengan rata-rata IQ yang lebih rendah cenderung untuk menunjukkan kemampuan mengambil keputusan yang lebih buruk mengenai kesehatannya,” kata Wieser.

Ia juga mengatakan bahwa orang-orang dengan IQ yang lebih rendah tidak hanya lebih rentan ketagihan merokok, mereka juga lebih mungkin memiliki masalah obesitas, nutrisi, dan narkotika.

“Riset kami mungkin bisa membantu orang tua dan ahli kesehatan dalam menolong para pemuda dalam mengambil pilihan yang lebih baik,” imbuh dia.

Baca Juga: Gangguan Kesehatan, Cek 9 Kebiasaan Tidur Anda

Sumber: health.uzone.id
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Berapa Ukuran Sony PlayStation 5?
apahabar,com

Gaya

5 Destinasi Wisata Seru di Malaysia yang ‘Wajib’ Dikunjungi
apahabar.com

Gaya

Ramadhan Sebentar Lagi, Simak Trik Tetap Bugar Saat Puasa
apahabar.com

Gaya

Ini 5 Destinasi Wisata di Papua yang Menarik Untuk Dikunjungi
apahabar.com

Gaya

Benarkah Perokok Aman dari Covid-19? Simak Penjelasan WHO
apahabar.com

Gaya

Mau Makanan Sehat dan Lebih Terjangkau? Simak Tipsnya
apahabar.com

Gaya

Kesal Diremehkan Pelayan Toko, Pria Ini Beli dan Gunting Tas Seharga Rp 100 Juta
apahabar.com

Gaya

Waspada! Penyakit ISPA Paling Banyak Menyerang di Musim Hujan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com