Malam Lebaran, Kebakaran Gegerkan Warga Kuin Banjarmasin! Ngenes! Mau Tutup, Pengunjung Duta Mall Banjarmasin Malah Menurun H-1 Lebaran, Puluhan Pemudik Diputarbalik di Pos Penyekatan Tabalong! Buat Jalur Khusus Jemaah, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin Gelar Salat Ied Hore! Remisi Lebaran Warga Binaan di Kalsel Diusulkan Bertambah, Segini Jumlahnya

Riset: Perokok Punya IQ Lebih Rendah

- Apahabar.com Kamis, 3 Januari 2019 - 07:30 WIB

Riset: Perokok Punya IQ Lebih Rendah

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebuah penelitian di Israel menemukan bahwa para perokok memiliki IQ yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak merokok. Bahkan para ilmuwan menemukan bahwa kepintaran mereka dianggap semakin menurun jika mereka semakin banyak merokok.

Telegraph melaporkan hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Addiction pada 2010 lalu. Dilansir dari health.uzone.id, dalam riset ini ditemukan bahwa perokok memiliki rata-rata IQ 94, sementara mereka yang tidak merokok memiliki rata-rata 101. Lebih parahnya lagi, mereka yang merokok lebih dari satu bungkus rokok per harinya memiliki IQ rata-rata 90 saja.

Hasil tersebut didapat berdasarkan data lebih dari 20 ribu pria berusia 18 hingga 21 tahun di Israel. Sekitar 28 persen dari para peserta riset mengaku merokok satu atau lebih batang per harinya. Tiga persen di antara mereka mengaku telah berhenti, sementara 68 persen sisanya mengaku tidak pernah merokok.

Baca Juga: 6 Manfaat Tak Terduga Kepiting untuk Kesehatan

“Dalam dunia kesehatan, kami biasanya menduga bahwa perokok kemungkinan besar adalah orang-orang yang tumbuh besar di lingkungan yang sulit, atau mereka yang kurang mendapat pendidikan,” kata Mark Weiser, pemimpin riset ini.

“Namun karena riset kami juga memasukkan data dari subjek dengan latar belakang sosial ekonomi yang beragam, kami telah berhasil mengesampingkan faktor sosial ekonomi tersebut dalam riset,” tambah dia.

Riset juga mempelajari efek merokok pada saudara kembar. Mereka menemukan bahwa pada saudara kembar yang tidak merokok ditemukan rata-rata IQ yang lebih tinggi.

“Orang-orang dengan rata-rata IQ yang lebih rendah cenderung untuk menunjukkan kemampuan mengambil keputusan yang lebih buruk mengenai kesehatannya,” kata Wieser.

Ia juga mengatakan bahwa orang-orang dengan IQ yang lebih rendah tidak hanya lebih rentan ketagihan merokok, mereka juga lebih mungkin memiliki masalah obesitas, nutrisi, dan narkotika.

“Riset kami mungkin bisa membantu orang tua dan ahli kesehatan dalam menolong para pemuda dalam mengambil pilihan yang lebih baik,” imbuh dia.

Baca Juga: Gangguan Kesehatan, Cek 9 Kebiasaan Tidur Anda

Sumber: health.uzone.id
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Bermodal Tirai Shower, Inilah Marion Donovan Sang Penemu Pampers
apahabar.com

Gaya

Tekan Transmisi Covid-19 Baru, Buang Masker Sekali Pakai dengan Benar
Nathalie Holscher

Gaya

Bersama Andre Taulany di Tema Indonesia, Sule Buka Alasan Cintai Nathalie Holscher
apahabar.com

Gaya

Di Tengah Pandemi, 8 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Imun Para Lansia
apahabar.com

Gaya

Viral Penampakan Kuntilanak Nonton Turnamen Bulu Tangkis
apahabar.com

Gaya

Hari Batik Nasional, Begini Cara Mengetahui Batik Asli
apahabar.com

Gaya

Imlek 2019, Keindahan Indonesia Goda Turis Tiongkok
apahabar.com

Gaya

Kampanyekan Motor Listrik, Pemprov DKI Sebar 50 Unit
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com