Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh Mahasiswanya Dipolisikan, Wakil Rektor ULM Banjarmasin Penuhi Panggilan Polda Kalsel Esok

Rp5 Miliar untuk Bangun Incenarator

- Apahabar.com Rabu, 2 Januari 2019 - 16:18 WIB

Rp5 Miliar untuk Bangun Incenarator

Sampah medis. Foto - Tirto

apahabar.com, BANJARMASIN – Rencananya 2019 Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Pembangunan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan melaksanakan pembangunan incenarator untuk membakar sampah medis di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Basirih Banjarmasin Selatan.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan pembangunan incenerator sampah medis di TPA Basirih akan dilaksanakan dan ditarget selesai tahun ini juga.

“Iya awal tahun ini kita melaksanakan pembangunan, anggaran sudah dimuat untuk tahun 2019 dengan besaran Rp5 miliar untuk membuat incenarator sampah medis,” ucapnya.

Baca Juga: Kemenag Kalsel Gelar HAB Esok, Undangan Di-imbau Menyesuaikan Pakaian

Ibnu Sina menceritakan semula sempat bingung untuk pembangunan fisik incenerator dilaksanakan oleh pihak mana. Namun setelah beberapa kali dilakukan koordinasi bersama, akhirnya Dinas PUPR yang mengambil proyek tersebut.

“Semula ada wacana dari Dinas Lingkungan Hidup, juga ada PD PAL serta Dinas Kesehatan juga, namun akhirnya setelah dikoordinasikan maka diputuskan Dinas PUPR yang melaksanakan pembangunan incenerator ini,” ungkapnya.

Ibnu Sina juga menyampaikan incenerator sampah medis tersebut diutamakan untuk Rumah Sakit Sultan Suriansyah dan seluruh puskesmas yang terdapat di kota Banjarmasin.

Baca Juga: Lembaga Penyiaran Diminta Berimbang Beritakan Pemilu

Adapun Plt Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Joko Pitoyo membenarkan jika pembangunan incenerator sampah medis dilaksanakan oleh PUPR dan dikerjakan pada tahun 2019 ini.

“Benar kita yang melaksanakan pembangunan, dan secepatnya akan kita lelangkan ini untuk kontraktor yang mengerjakan proyek incenerator sampah medis di TPA Basirih ini,” katanya.

Diketahui, saat ini incenarator sampah medis hanya ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin milik Pemprov Kalsel.

Baca Juga: Angin Kencang Hantam Rumah Warga Sungai Paring, Bantuan Masih Diupayakan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bagikan 3.000 Masker, KNPI Kalsel Desak Pemerintah Usut Pelaku Karhutla!
apahabar.com

Kalsel

Geger Temuan Jasad di Pohon Alpukat, Polisi Stop Penyelidikan
apahabar.com

Kalsel

Hujan Lokal Hingga Berpetir Akan Melanda Sejumlah Daerah
apahabar.com

Kalsel

Penghitungan Terbaru di Kalsel, 30 April: Jokowi Salip Prabowo di Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Ini Alasan Penjualan Daging Beku Sulit Berkembang di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Duh, Sebaran Covid-19 di Tanbu Capai 287 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Operasi SAR KM Pieces, Lanal Terjunkan Dua KRI
apahabar.com

Kalsel

Hipmi Peduli Tanah Bumbu Salurkan Bantuan Sembako
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com