Agar Koalisi Penanggulangan AIDS Banjarmasin Tak Lagi Mati Suri Kebakaran Pekapuran Raya, Bumil Dilarikan ke RS Pembunuhan di Datar Laga Hantakan, Polisi Imbau Jaga Kondusifitas  Presiden Jokowi: Keliru Jika Uang Rakyat Dibelanjakan Barang Impor Siap-Siap, Mulai 10 Juni ASDP Naikkan Tarif Penyeberangan Feri Kotabaru-Batulicin 

Selain Batola, BMKG Peringatkan Tiga Wilayah Kalsel Waspada Terhadap Cuaca Hari Ini

- Apahabar.com     Selasa, 29 Januari 2019 - 06:00 WITA

Selain Batola, BMKG Peringatkan Tiga Wilayah Kalsel Waspada Terhadap Cuaca Hari Ini

Prakiraan cuaca BMKG. apahabar.com/Infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Hujan disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Kalimantan Selatan. Melalui laman resminya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika (BMKG) menyebut, selain Barito Kuala (Batola) terdapat  tiga kabupaten lainnya yang mengalami kondisi cuaca tersebut.

Yakni Tapin, Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kotabaru. Khusus untuk Batulicin (Tanbu) dan Marabahan (Batola) BMKG memprakirakan hujan berpetir di wilayah tersebut terjadi pada malam hari.

Berdasarkan data BMKG, suhu minimum pada malam hari di Batulicin berada pada 24 derajat celcius dan maksimum ada pada 32 derajat celcius. Dengan tingkat kelembaban udara Batulicin pada 90 persen. Sementara kecepatan angin sekitar 9 km/jam dengan arah angin (dari) South-West (Selatan-Barat).

Baca Juga: Polres Banjar Kampanyekan Millennial Safety Festival di SMKN 1 Martapura

Kondisi ini lebih parah jika dibandingkan cuaca di siang hari, karena BMKG memprakirakan Batulicin hanya mengalami hujan lokal.

Perubahan kecepatan angin dari North-East (Utara-Timur) pada Rabu (30/1) dini hari membuat kondisi langit Batulicin cerah berawan. Dengan tingkat kelembaban berada pada 95 persen.

Berbeda dengan Marabahan (Batola) , BMKG memprakirakan pagi dan siang hari ini, langit di sana berawan. Potensi hujan berpetir pada malam hari, dengan suhu udara dikisaran 24-32 derajat celcius.

Kondisi itu lebih baik dibandingkan Tapin dan Kotabaru, dengan potensi hujan lokal terjadi pada siang dan malam hari. Meski demikian, keempat wilayah tersebut termasuk dalam peringatan dini yang dikeluarkan BMKG.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kab. Barito Kuala, Tapin, Tanah Bumbu dan Kotabaru,” demikian tulis BMKG melalui akun resminya, Selasa (29/1).

Sebaliknya, untuk Kota Banjarmasin cuaca diprakirakan cukup bersahabat. Setelah mengalami hujan lebat dan angin kencang dini hari tadi, BMKG memprakiraka cuaca ibu kota Pronvinsi Kalsel ini, pada pagi dan siang hari dalam kondisi berawan.

Meski demikian, potensi hujan masih akan terjadi pada malam hari nanti. BMKG memprakirakan intensitas hujan ringan, dengan kecepatan angin 9 km/jam (dari) Selatan-Barat. Sementara suhu udara pada kisaran 24-32 derajat celcius, sedangkan tingkat kelembaban berada pada 90 persen.

Secara umum BMKG memprakirakan suhu udara Kalsel berada pada rentang 24-33 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban berada dikisaran 60-95 persen.

BMKG mengeluarkan peringatan dini agar warga tetap waspada sebelum melakukan berpergian keluar rumah.

Baca Juga: 200 Guru di Kabupaten Banjar Ikut Pelatihan Kurikulum K13

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1
Banjarmasin

Tak Berkategori

Sepanjang 2021, 8 Nyawa Melayang Akibat Kecelakaan di Banjarmasin
Selebriti Berduka

Tak Berkategori

Meninggal Dunia, Mantan Suami Nita Thalia Positif Covid-19

Tak Berkategori

Praktisnya Fitur bjb Cardless, Tarik Tunai di ATM bank bjb Sekarang Bisa Tanpa Kartu
apahabar.com

Tak Berkategori

Uni Eropa Serukan Israel Batalkan Rencana Caplok Tepi Barat

Tak Berkategori

Jelang Salat Jumat, Korban Terakhir Longsor di Batu Bini HSS Dievakuasi
apahabar.com

Tak Berkategori

Apel Pasukan Gabungan Persiapan Pilkada Banjar, Ini Tugas Satpol PP, Damkar, dan Linmas
apahabar.com

Tak Berkategori

Pemerkosaan Brutal di Pangkalan Bun, Duda Gauli Gadis Belia 50 Kali
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com